Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Cara Sederhana untuk Memicu Kehidupan Saat Teduh

Ini terjadi pada kita semua dalam beberapa waktu yang berbeda. Ada kalanya kita bangun dengan bersemangat untuk merenungkan Firman Tuhan, saat kita merenungkan Alkitab dengan penuh sukacita dan gairah. Kita berharap, kita ingin, kita berdoa agar waktu-waktu ini tidak akan pernah berakhir. Namun, waktu-waktu itu berakhir. Ada saat kita bangun dengan tanpa keinginan untuk membuka Firman. Kita menjadi sedih karena sukacita dan gairah itu berubah menjadi tugas yang tidak menarik. Saya mengetahui semuanya itu dengan sangat baik. Sekarang kita ada di bulan September, musim gugur dan musim dingin ada di depan kita, mungkin ini adalah waktunya untuk memicu kehidupan saat teduh yang suam-suam kuku. Berikut adalah beberapa saran.

Singkirkan Rencana Anda

Rencana membaca Alkitab dapat menjadi bantuan yang luar biasa untuk memberitahu kita apa yang harus dibaca setiap hari dan untuk menjaga kita tetap ada di jalur agar benar-benar bacanya. Keinginan untuk menyelesaikan rencana digabungkan dengan mengabaikan rasa kegagalan pribadi yang muncul dapat cukup membuat kita tetap berjalan. Namun sering kita tertinggal dari rencana itu dan putus asa karena tertinggal sehari, seminggu, kemudian sebulan, yang melumpuhkan kita pada kelambanan. Jika itu yang terjadi pada Anda, mengapa Anda tidak menyingkirkan rencana Anda? Singkirkan tanpa malu, tanpa rasa gagal, dan lakukan sesuatu yang berbeda sebagai gantinya. Mengapa tidak mulai membaca satu kitab Mazmur dalam satu hari, atau satu pasal dari salah satu kitab Injil? Cari daftar 100 ayat kunci Alkitab dan fokuslah pada itu. Pilih kitab pendek seperti Kolose atau Titus dan membacanya setiap hari selama satu bulan. Apa dan berapa banyak Anda membaca tidak menjadi lebih penting daripada fakta sederhana bahwa Anda membaca sesuatu dan merenungkannya.

Mulailah sebuah Rencana

Kadang-kadang rencana adalah masalah dan kadang-kadang rencana adalah solusinya. Jika bacaan Anda jarang berjalan dan tidak terstruktur, mengapa Anda tidak berpikir untuk membuat sebuah rencana dan mengikutinya? Sementara kita biasanya berpikir tentang rencana tahunan yang dimulai pada bulan Januari, ada juga rencana baik yang berjalan selama beberapa minggu atau bulan. Sebuah rencana tiga atau empat bulan mungkin akan bisa membuat Anda sampai ke akhir tahun. Jika membaca Alkitab adalah pergumulan yang terutama besar bagi Anda, cobalah rencana 5 hari per minggu yang memungkinkan Anda mengikuti beberapa hari setiap minggunya. Bible.com bisa menolong Anda mulai dengan seluruh daftar pilihan. Aplikasi Reading Plan telah menjadi teman saya sepanjang tahun dan saya semakin menyukainya!

Mengubah Medium

Kadang-kadang perubahan medium adalah kondisi yang tepat untuk dilakukan. Jika Anda telah berjuang untuk mengambil Alkitab dan membacanya setiap hari, mengapa Anda tidak berpikir untuk beralih ke Alkitab audio. Bible.com akan membacakan untuk Anda bagian apa pun yang Anda inginkan dalam berbagai terjemahan. ESVbible.org dan aplikasi ESV akan membacanya untuk Anda juga. Pakailah headphone dan pergilah berjalan-jalan sambil mendengarkannya. Di sisi lain, jika Anda telah mendengarkan dan bergumul untuk melakukannya, mungkin Anda harus beralih kembali ke membaca. Jika Anda telah bergumul membaca Alkitab yang dicetak, cobalah sebuah aplikasi untuk melihat apa yang bisa lebih memicu minat: Logos membuat bacaan setiap hari dengan indah, juga aplikasi seperti Olive Tree dan Accordance. Jika aplikasi Anda kemudian membuat membaca Alkitab menjadi sulit, kembalilah pada Alkitab yang dicetak, mungkin dengan meraih edisi pembaca yang berfokus membuat Alkitab terlihat sederhana dan secara seni huruf tampak indah.

Bergabunglah dalam Komunitas

Fenomena saat teduh pribadi harian relatif baru bagi sejarah gereja dan ada sesuatu yang bisa dikatakan mengenai membaca Alkitab dalam komunitas, mungkin sebagai pasangan menikah atau sekelompok teman. Jika Anda sedang berjuang untuk membaca Alkitab, mengapa Anda tidak mencoba meniru kebiasaan dan disiplin diri dari orang lain? Bertanyalah kepada suami atau istri Anda apakah Anda dapat bergabung dalam saat teduh mereka atau bertanya kepada teman Anda apakah Anda bisa bersama-sama dengan mereka dalam membaca Alkitab dan berdoa. Mandat alkitabiah bukanlah untuk mendapat saat teduh pribadi harian, tetapi untuk menjadi mantap, konsisten dalam memahami Firman.

Mencari Bahan Renungan

Jika masuk ke komunitas tidak berhasil atau tidak menarik, mengapa Anda tidak mempertimbangkan saat teduh Anda dipandu oleh renungan harian yang sudah terpercaya? Spurgeon’s Morning & Evening adalah renungan klasik yang tidak pernah menjadi kuno. Anda dapat menemukan bahan renungan bagus lainnya yang ditulis oleh Paul Tripp, John Piper, Tim Keller, R.C. Sproul, John MacArthur, Nancy Leigh DeMoss, Randy Alcorn, dan beberapa yang lain. Pastikan bahwa renungannya berfokus pada Firman Tuhan dan bahwa Anda tidak terburu-buru selama pembacaan Kitab Suci. Lihat bagaimana penulis ini mencintai dan mempercayai Firman Tuhan dan membiarkan itu memberi makan jiwa Anda dan meningkatkan antusiasme Anda.

Membaca Sebuah Buku Bagus

Salah satu cara yang sangat baik untuk memicu minat yang lebih besar dalam saat teduh pribadi adalah dengan membaca buku yang bagus tentang disiplin rohani: Spiritual Disciplines for the Christian Life (Disiplin Rohani untuk Kehidupan Kristen - Red) yang ditulis oleh Donald Whitney adalah buku klasik yang dengan lembut akan menunjukkan kegembiraan dan perlunya disiplin saat Anda mengejar Allah dan kesalehan. Karya David Mathis Habits of Grace (Kebiasaan dari Anugerah - Red.) adalah pilihan lain yang sangat baik yang berfokus pada pentingnya mengembangkan kebiasaan baik dalam membaca Firman, berdoa, dan berpartisipasi dalam persekutuan Kristen. Karya Nancy Leigh DeMoss A Place of Quiet Rest (Sebuah Tempat Istirahat yang Tenang - Red.) adalah pilihan baik yang ditujukan khusus untuk wanita.

Membaca & Berdoa

Saya meletakkan yang satu ini di bagian terakhir meskipun ini sangat penting. Ketika kehidupan saat teduh Anda menjadi dingin, tidak ada yang lebih baik daripada mendorongnya dengan jangan membiarkan diri Anda berhenti. Membaca dan berdoa memiliki cara sendiri untuk memicu sukacita yang lebih besar dalam kegiatan membaca dan berdoa. Jangan biarkan kurangnya minat mencegah Anda untuk melakukan apa yang Anda tahu sangat baik bagi jiwa Anda. Baca, berdoa, dan percayalah bahwa kerinduan yang hangat itu akan kembali. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Challies
Url : http://www.challies.com/articles/simple-ways-to-spark-a-lukewarm-devotional-life
Judul asli artikel : Simple Ways to Spark a Lukewarm Devotional Life
Penulis artikel : Tim Challies
Tanggal akses : 12 Januari 2017

Komentar