Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Publikasi e-Doa, e-Doa Juni, Volume 2012, No. 57

Doa Syafaat Sebagai Balok Pendobrak 2
EDITORIAL

Doa Syafaat Sebagai Balok Pendobrak 2 (Editorial)

Shalom,

Pada edisi yang lalu, kita sudah belajar bahwa doa memiliki fungsi yang sentral dalam pelayanan, sehingga kita tidak dapat mengabaikannya sambil berharap bahwa pelayanan yang tengah kita kerjakan itu akan berhasil. Tak berhenti sampai di situ, kita juga dituntut untuk berdoa bagi orang lain; doa syafaat. Apakah doa syafaat itu? Apa yang membuatnya berbeda? Di artikel ini, kita akan menemukan jawabannya dan apa saja yang diperlukan untuk menjadi pendoa syafaat yang efektif. Kiranya artikel yang kami sajikan menjadi berkat bagi Anda. Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati!

Redaksi Tamu e-Doa,
Yosua Setyo Yudo

Bukan Kelas Anak Ayam

Suatu waktu, ada seekor rajawali dewasa yang sedang terbang, dan dari bawah sana ada rajawali kecil yang sedang berkumpul bersama sejumlah anak ayam dan induknya. Rajawali kecil itu melihat ke langit, lalu dengan sedih ia berkata dalam hatinya, "Andaikan aku bisa seperti dia. Terbang tinggi menjulang ke langit. Wah, burung yang gagah, sayapnya sangat lebar". Kemudian ada seekor anak ayam berkata, "Hai, tubuh kamu kok mirip burung yang di atas sana, ya?" Tubuh kamu lain lho dari kami".  ... selengkapnya »

Doa Syafaat Sebagai Balok Pendobrak (2)

Makna

Seperti Musa dan Yosua bekerja sama dalam pertempuran melawan Amalek, demikianlah Tuhan bermaksud agar doa syafaat dan penginjilan bertugas secara gabungan. Keduanya seperti tangan dalam sarung tangan, atau air di sungai, atau cabang dalam pokok anggur. Doa syafaat yang tidak dikaitkan dengan penyelamatan jiwa-jiwa, bagaikan anak panah yang dilepaskan tanpa sasaran, atau seorang atlet yang berlari dalam perlombaan yang tidak memunyai garis akhir, atau pertandingan sepak bola tanpa jala gawang. Jika kita berdoa untuk kebangunan rohani, kita harus berbuat sesuatu untuk hal itu. Doa syafaat adalah pekerjaan persiapan, sebuah bajak yang menghancurkan tanah untuk ditabur dan dipanen. Itu tidak berarti bahwa kita tidak perlu bersyafaat sampai ada kebaktian penginjilan atau pekerjaan serupa itu diselenggarakan, tetapi itu berarti bahwa kita harus memunyai suatu penglihatan dan rencana untuk menjangkau jiwa-jiwa. Penginjilan tanpa doa syafaat bagaikan mesin yang dijalankan tanpa tenaga listrik, atau menangkap ikan tanpa jala dan berusaha menangkap ikan seekor demi seekor pada ekornya.  ... selengkapnya »

Dibantai Layaknya Domba

Seperti Awuna, Monica Musa tahu konsekuensi menjadi pengikut Kristus di bagian utara Nigeria -- penderitaan. Ia memperoleh kekuatan dari membaca Alkitab, khususnya Matius 5:11-12. "Yesus berkata bahwa Dia dianiaya, oleh karena itu siapa pun yang mengikuti Dia pasti mengalami penganiayaan.... maka siapa pun yang memikul salib itu, suatu hari akan menghadapi penganiayaan. Saya telah membawa ini -- Alkitab sebagai senjataku untuk bergantung dan berharap, karena firman Tuhanlah aku bisa tegar sampai hari ini," kata Monica.  ... selengkapnya »

Komentar