Jadwal Doa

Pilih Jadwal Doa:
Selasa April 21, 2020
Start: 04/21/2020 4:06 am

Kita semua menghadapi kesulitan yang sama pada masa pandemi COVID-19 ini. Karena itu, marilah kita lebih lagi untuk saling peduli terhadap sahabat, keluarga, mitra kerja, dan sesama kita. Kepedulian ini bisa kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita, mulai dari menanyakan kabar sampai membantu kesulitan mereka secara langsung. Marilah kita berdoa supaya masyarakat Indonesia pun makin menjunjung tinggi rasa kepedulian kepada sesama. Berdoalah pula supaya orang percaya dapat memakai kesempatan ini untuk semakin giat membagikan kasih Kristus.

Start: 04/21/2020 6:31 am

Di peringkat ke-39, terdapat 220.000 orang percaya yang tinggal di Qatar, mayoritas dari mereka adalah orang asing. Mereka merupakan 8,2 persen dari populasi.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambah kasih karunia kepada negara ini melalui kehadiran orang asing.

Start: 04/21/2020 8:49 am

ALKITAB SUKU BATAK TOBA

Statistik

Populasi: 3.000.000
Agama penduduk: 0,01%
Islam: 1,9%
Katolik: 5%
Kristen: 93%

Rabu April 22, 2020
Start: 04/22/2020 4:06 am

Selama wabah virus corona melanda Indonesia, sistem pembelajaran pun ikut mengalami perubahan demi tetap menolong murid untuk bisa belajar secara kontinu. Kini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kelas daring sebagai salah satu metode belajar daring interaktif antara siswa dan guru. Pembelajaran ini dilakukan melalui konferensi video bersama guru-guru Duta Rumah Belajar dari seluruh provinsi di Indonesia.

Start: 04/22/2020 6:31 am

Agama yang diizinkan negara adalah "M" konservatif, dan hampir semua warga Qatar secara definisi adalah "M", dan meninggalkan "M" adalah ilegal.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menyentuh hati dan pikiran para pemerintah untuk memperhatikan hak asasi manusia.

Start: 04/22/2020 8:50 am

ALKITAB SUKU ROTE

Suku Rote merupakan suku bangsa asal yang mendiami Pulau Rote dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Ndao, Pulau Nuse, Pulau Pamana, dan lain-lain. Pulau Rote yang luasnya 1.200 km2 itu terletak di sebelah barat daya Pulau Timor dan termasuk wilayah administratif Kabupaten Rote Ndao di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, wisata alam pantai, musik sasando, dan topi adat Ti'i Langga.

Seperti Apa Kehidupan Mereka?

Kamis April 23, 2020
Start: 04/23/2020 4:06 am

Pemerintah sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi wilayah-wilayah yang diduga terinfeksi virus corona. PSBB ini dilakukan dengan membatasi kegiatan-kegiatan tertentu dari penduduk untuk mencegah kemungkinan meluasnya penyebaran virus corona. Mari kita bersatu hati berdoa supaya kebijakan ini dapat membawa hasil yang baik bagi wilayah-wilayah yang sudah menerapkan PSBB. Berdoa pula bagi masyarakat di wilayah-wilayah ini, terutama orang-orang Kristen, supaya menaati aturan-aturan yang sudah ditetapkan demi kebaikan dan kepentingan bersama.

Start: 04/23/2020 6:31 am

Qatar adalah monarki absolut, dan orang-orang percaya mengalami penganiayaan di semua tingkat masyarakat: pemerintah, masyarakat setempat, bahkan keluarga bisa berbahaya bagi orang percaya, terutama bagi mereka yang berlatar belakang "M".

Saat ini, ada banyak pekerja migran percaya di Qatar yang membantu negara itu mempersiapkan diri untuk Piala Dunia FIFA 2022. Mereka hidup dan bekerja dalam kondisi yang buruk, tetapi meskipun demikian, komunitas-komunitas orang percaya ini bertumbuh.

Start: 04/23/2020 8:52 am

ALKITAB BAHASA TORAJA

Orang Toraja dan Falsafah

Jumat April 24, 2020
Start: 04/24/2020 4:06 am

Di tengah-tengah masa pandemi COVID-19 ini, pemimpin Kristen memikul beban yang tidak ringan. Baik pemimpin gereja, pemimpin perusahaan, kepala keluarga, maupun pemimpin komunitas, harus bisa membimbing orang-orang yang dipimpinnya untuk taat pada pemerintah dan menjaga diri sebaik-baiknya. Bagi pemimpin perusahaan, tentu ada kesedihan jika harus memberhentikan pekerjanya. Bagi pemimpin komunitas dan gereja, harus bisa tetap membimbing kerohanian anggotanya dengan cara baru (daring).

Start: 04/24/2020 6:31 am

Di peringkat ke-40, terdapat 41,7 juta orang percaya di Kenya, dan mereka membentuk 81,7 persen dari total populasi sebanyak 51 juta jiwa.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan memberkati para orang percaya untuk tetap bersatu dan bertambah besar dalam kualitas dan kuantitas.

Start: 04/24/2020 8:01 am

GERAKAN DALAM ISLAM - SEBUAH PENGANTAR

Dalam kekristenan, gerakan, denominasi, dan kepercayaan yang sangat berbeda telah berkembang selama berabad-abad, di mana orang menghayati iman mereka dalam beragam cara yang berbeda, merayakan kebaktian, dan mendefinisikan tanggung jawab mereka dalam masyarakat. Karakteristik teologis, sosial, dan politik di dalamnya hampir tidak mungkin bisa lebih beragam lagi.

Sabtu April 25, 2020
Start: 04/25/2020 4:06 am

Ada tiga tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku pendidikan saat ini, yaitu kurikulum, pembelajaran, dan asesmen (Totok Suprayitno, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Ketiga hal ini jika dapat dilakukan dengan baik, guru dan murid akan bisa belajar dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Mari kita berdoa supaya pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan, termasuk guru-guru Kristen, dapat bekerja sama dan berupaya untuk memajukan pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman.

Start: 04/25/2020 6:31 am

Orang-orang percaya di Kenya menghadapi dua jenis penganiayaan, yaitu dari kelompok militan "M" Al-Shabaab, yang telah melakukan banyak serangan terhadap orang-orang percaya, dan dari korupsi yang merajalela di seluruh negeri.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan memberikan anugerah, kasih karunia, kekuatan, dan kebijaksanaan kepada orang percaya untuk menghadapi penganiayaan di negara yang lebih dari 80 persen penduduknya adalah orang percaya ini.

Start: 04/25/2020 8:04 am

TASAWUF DI TURKI

Tasawuf tersebar luas di banyak bagian dunia Islam. Itu muncul tidak lama setelah munculnya Islam, dan menekankan dimensi spiritual (mistis) batiniah dari iman muslim. Golongan Sufi mencari kesatuan dengan Allah melalui pengorbanan diri dan bentuk-bentuk meditasi yang luar biasa, seperti berbicara atau menari dalam kondisi kepenuhan (kondisi tidak sadar - Red.). Contohnya para penari Darwis Mevlevi dari Turki, yang berputar-putar pada porosnya sendiri selama menari.

Minggu April 26, 2020
Start: 04/26/2020 4:12 am

Indonesia kaya akan bahasa daerah/suku. Dari sekitar 600-700an bahasa yang terdaftar di pemerintah, masih banyak pula bahasa daerah di Indonesia yang belum memiliki terjemahan Alkitab dalam versi mereka. Padahal, pemaknaan akan firman Tuhan akan terasa lebih mengena jika bisa dibaca dan dimengerti dalam bahasa daerah/suku, yang merupakan bahasa lisan/tulisan pertama masyarakat setempat. Doakan agar semakin banyak pegiat terjemahan Alkitab yang mau ikut andil dalam penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa daerah/suku agar firman Tuhan bisa diwartakan ke semua orang.

Start: 04/26/2020 6:56 am

Meskipun Kenya adalah negara mayoritas Kristen, banyak komunitas orang percaya dipengaruhi oleh penganiayaan. Orang-orang percaya dari latar belakang "M" di wilayah timur laut dan pesisir hidup di bawah ancaman serangan konstan, bahkan dari kerabat terdekat mereka. Korupsi dan kejahatan terorganisasi juga merupakan masalah serius. Pejabat terkooptasi menutup mata terhadap kegiatan penganiayaan sehingga mendorong tindakan penganiayaan lebih lanjut.

Start: 04/26/2020 8:04 am

TAREKAT TIJANIYAH

Abdul bergegas sepanjang malam itu untuk menghadiri perayaan ulang tahun Nabi Muhammad di desanya di Senegal. Bagi golongan Tijani, pengikut tarekat Sufi Tijaniyah, ini adalah acara terpenting dalam setahun. Abdul dan teman-temannya menghabiskan malam itu dengan memohon kepada Tuhan, mendeklamasikan puisi, dan berbicara tentang Muhammad.

Start: 04/26/2020 7:03 pm

Kondisi perekonomian yang sulit dan makin banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan membuat pemerintah Indonesia harus memikirkan strategi yang tepat untuk mengatasi hal ini. Karena itu, pemerintah Indonesia membuka program bernama kartu prakerja. Pemegang kartu ini harus mendaftar dan diseleksi. Kemudian, mereka akan mendapat pelatihan kerja, peningkatan keterampilan, dan vokasi di lembaga-lembaga yang disediakan oleh pemerintah. Mari kita berdoa supaya program ini diberkati Tuhan dan membawa hasil yang baik bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang membutuhkan pekerjaan.

Senin April 27, 2020
Start: 04/27/2020 6:56 am

Di peringkat ke-41, sebanyak 118,1 juta orang percaya tinggal di Federasi Rusia. Mereka membentuk lebih dari 82 persen dari total populasi sebanyak 144 juta jiwa.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambah jumlah orang percaya sehingga Federasi Rusia menjadi negara yang memancarkan terang ilahi di Eropa Utara dan Asia Utara.

Start: 04/27/2020 8:04 am

ORANG NUBIA DI MESIR

Abu Ali* tumbuh sebagai seorang muslim tradisional di sebuah desa Nubia di sebelah selatan Aswan, Mesir. Seiring bertambahnya usia, dia menjadi tertarik pada Tasawuf. Dia menghabiskan berjam-jam untuk bermeditasi setiap hari dan merindukan penglihatan akan Allah, tetapi tidak ada yang terjadi. Karena kecewa, dia kembali mencari dan akhirnya berbalik kepada Yesus.

Start: 04/27/2020 7:03 pm

Meskipun kita sedang mengalami kesulitan yang sama dalam menghadapi wabah virus corona, marilah kita lebih lagi meningkatkan rasa peduli dan toleransi kepada sesama. Adanya kesulitan dan tekanan hidup yang tidak kunjung sirna, sering kali membuat seseorang menjadi mudah tersinggung atau marah. Marilah kita berdoa bagi masyarakat Indonesia, termasuk orang-orang percaya, kiranya selama masa krisis ini, kita semua bisa berlatih untuk lebih bersabar, berpengertian, dan saling peduli.

Selasa April 28, 2020
Start: 04/28/2020 6:56 am

Di wilayah Kaukasus, tempat sebagian besar penduduk aslinya adalah "M", orang percaya dikaitkan dengan penjajah Rusia. Di daerah-daerah seperti Chechnya dan Dagestan, meninggalkan "M" untuk mengikut Yesus dipandang sebagai pengkhianatan terhadap identitas nasional. Di tempat lain, gereja-gereja yang bukan Ortodoks Rusia dianggap sebagai mata-mata Barat.

Start: 04/28/2020 8:04 am

WAHHABISME

Wahhabisme adalah gerakan yang sangat konservatif dan fundamentalis dalam aliran Islam Sunni yang didirikan di Arab Saudi pada abad ke-18 oleh seorang teolog bernama Mohamed Ibn Abdul Wahhab. Gerakan ini menuntut bentuk Islam yang "murni". Ia melarang alkohol, musik, tembakau, dan praktik-praktik mistis (Tasawuf). Dalam Wahhabisme, doa ritual dan pemisahan gender yang ketat penting bagi khalayak umum. Para pengikut Wahhabisme menganggap diri mereka sebagai satu-satunya orang muslim yang sejati.

Start: 04/28/2020 7:03 pm

Dampak buruk dari pandemi COVID-19 sangat dirasakan oleh para pelaku usaha. Kesulitan ekonomi yang berpengaruh pada terbatasnya jumlah produksi dan distribusi membuat pelaku usaha harus memikirkan solusi terbaik agar usaha mereka dapat terus bertahan. Mari kita berdoa untuk para pelaku usaha supaya hikmat dari Tuhan menuntun mereka, baik dalam menjalankan usahanya maupun ketika mengambil keputusan bagi para karyawannya.

Rabu April 29, 2020
Start: 04/29/2020 6:56 am

Banyak orang percaya dari latar belakang "M" meninggalkan wilayah Kaukasus demi keselamatan mereka. Mereka harus sering merahasiakan iman mereka. Mereka yang ditemukan dapat dimasukkan ke dalam tahanan rumah dalam upaya untuk membuat mereka kembali ke "M".

Start: 04/29/2020 8:04 am

WAHHABISME DI DAGESTAN

Start: 04/29/2020 7:03 pm

Tidak dimungkiri bahwa kondisi sulit selama pandemi COVID-19 ini makin membuat pedagang kecil tidak bisa bertahan dalam menjalankan usahanya. Ini adalah sebagian kecil dari gambaran kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Marilah kita membawa pergumulan ini ke hadapan Tuhan Yesus, kiranya belas kasihan dan kemurahan-Nya dinyatakan kepada para pedagang kecil. Berdoa supaya kehendak Tuhan yang membawa damai sejahtera dan sukacita terjadi atas kehidupan mereka. Berdoa pula bagi orang-orang

Kamis April 30, 2020
Start: 04/30/2020 6:56 am

Di peringkat ke-42, terdapat 2,9 juta orang percaya yang tinggal di Malaysia, yang hanya merupakan 9 persen dari total populasi sebanyak 32 juta jiwa. Mayoritas orang percaya berasal dari latar belakang Bumiputra, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "putra tanah" -- mereka adalah bagian dari populasi suku asli. Orang percaya non-Bumiputra terutama berasal dari etnis minoritas Cina dan India.

Start: 04/30/2020 8:04 am

JAMAAH TABLIGH

Start: 04/30/2020 3:37 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 29 April 2020 | pkl. 16.00
Start: 04/30/2020 6:02 pm

2020 -- Malaysia

Walaupun Malaysia secara resmi adalah negara sekuler, tetapi konstitusi mendefinisikan penduduk asli (etnis Melayu) sebagai "M", dan meninggalkan "M" adalah ilegal bagi mereka di setiap negara bagian. Orang-orang percaya dari latar belakang "M" menghadapi penganiayaan terburuk dari negara dan lingkungan mereka.

Start: 04/30/2020 7:03 pm

Adanya wabah virus Corona berdampak pula pada bidang perekonomian. Banyak perusahaan yang akhirnya merumahkan pekerjanya, dan bahkan ada yang sudah memutus hubungan kerja karena kondisi keuangan perusahaan mengalami penurunan. Mari kita bawa kepada Tuhan Yesus untuk pokok doa ini, kiranya pekerja yang dirumahkan maupun yang di-PHK dapat menerima keputusan ini dengan bijaksana. Berdoa supaya Tuhan memberi jalan keluar bagi usaha mereka dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jumat May 01, 2020
Start: 05/01/2020 8:04 am

MUSLIM DI SWISS ANTARA LIBERALISME DAN SALAFISME

Sekitar 150.000 dari 400.000 orang muslim di Swiss memiliki kewarganegaraan Swiss. Namun, cara setiap individu memahami dan menjalankan iman mereka berbeda.

Sekuler dan Liberal

Start: 05/01/2020 6:02 pm

Orang-orang percaya dari latar belakang "M" sering kali menyembunyikan iman mereka dan bertemu bersama secara rahasia. Jika ketahuan, mereka bisa menghadapi penolakan dari keluarga mereka atau dipaksa untuk menceraikan pasangan mereka. Kadang-kadang, mereka dapat dikirim ke kamp pendidikan ulang atau "dihilangkan". Gereja dipantau oleh pemerintah, dan membagikan Injil kepada penduduk lokal dan kaum "M" adalah tindakan melawan hukum.

Start: 05/01/2020 7:03 pm

Gaya hidup masyarakat Indonesia banyak mengalami perubahan semenjak adanya pandemi COVID-19, mulai dari belajar, bekerja, hingga beribadah, yang semuanya dilakukan di rumah. Karena itu, pelayanan Kristen pun juga harus bisa relevan dengan kondisi saat ini. Kita harus bisa melayani jemaat dan orang-orang untuk bisa belajar firman Tuhan dengan baik. Marilah kita bersatu hati berdoa untuk pelayanan-pelayanan Kristen di Indonesia, kiranya Tuhan nyatakan cara-cara baru untuk bisa melayani orang-orang dengan cara yang tepat dan efektif.

Sabtu May 02, 2020
Start: 05/02/2020 8:04 am

JAMAAH MUSLIM AHMADIYAH

Jemaah Muslim Ahmadiyah didirikan di negara bagian Punjab di India oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad (1839 -- 1908). Dia menyatakan dirinya sebagai mesias dan mahdi yang dijanjikan (reformis Islam). Dia menolak ajaran Kristen, Hindu, dan Islam tradisional tentang Yesus yang akan kembali sebagai seorang Mahdi.

Start: 05/02/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-43 World Watch List (WWL) 2019, terdapat 436.000 orang percaya yang tinggal di Kuwait, yang membentuk lebih dari 10 persen dari total populasi sebanyak 4,2 juta jiwa. Sebagian besar dari mereka adalah pekerja migran -- migran merupakan setengah dari populasi Kuwait.

Start: 05/02/2020 7:03 pm

Adanya perubahan dalam cara beribadah, yang saat ini kebanyakan gereja sudah melakukannya secara daring, tentunya membawa pergumulan tersendiri bagi gereja-gereja di daerah pedalaman yang masih belum siap untuk melakukan aktivitasnya secara daring. Hal ini bisa dikarenakan belum siapnya infrastruktur gereja untuk mengarah ke dunia daring. Mari kita berdoa bagi gereja-gereja ini, kiranya Tuhan Yesus memberi jalan keluar bagi mereka supaya bisa tetap melayani jemaat dengan baik dan tepat.

Minggu May 03, 2020
Start: 05/03/2020 8:04 am

DAWOODI BOHRA

Start: 05/03/2020 6:02 pm

Masyarakat Kuwait terikat oleh norma-norma "M" yang konservatif, yang ditegakkan oleh warga negara biasa, kelompok-kelompok ekstremis "M", dan pemerintah yang akan tunduk pada tuntutan kelompok-kelompok ini selama basis kekuatan mereka tidak terancam. Kelompok-kelompok ekstremis "M" yang ingin menyingkirkan lembaga dan orang percaya merupakan pengaruh yang sedang berkembang.

Start: 05/03/2020 7:03 pm

Mewabahnya virus corona membuat menteri perhubungan Indonesia memberlakukan larangan mudik pada 2020 ini bagi daerah yang termasuk dalam penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mohon dukungan doa supaya masyarakat dapat menaati peraturan ini demi kebaikan bersama dan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Doakan pula supaya pemerintah dapat memantau masyarakat dengan baik sehingga tidak kecolongan dalam proses ini.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/13/080408865/9-daerah-di-indone...

Senin May 04, 2020
Start: 05/04/2020 8:04 am

MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI ARAB SAUDI

Start: 05/04/2020 6:02 pm

Pekerja migran orang percaya bebas untuk beribadah secara informal, tetapi gereja-gereja mereka menghadapi banyak batasan. Pekerja perempuan rentan terhadap pelecehan dan serangan secara seksual. Penginjilan dilarang keras, seperti halnya pendidikan Kristen dan literatur keagamaan yang dianggap menghina "M".

Start: 05/04/2020 7:03 pm

Tim medis menjadi bagian terpenting dalam penanganan wabah virus corona ini. Mereka berjuang dengan keras untuk merawat para pasien positif corona sebaik mungkin. Dalam melakukan pekerjaan ini, kesehatan dan nyawa mereka juga terancam. Mari kita berdoa bagi tim medis Indonesia, kiranya Tuhan Yesus memberikan kekuatan, kesehatan, dan rasa tenang dalam hati mereka. Berdoa pula bagi tenaga medis yang sudah percaya kepada Kristus, kiranya mereka dapat menjadi saksi Kristus bagi setiap pasien yang mereka rawat.

Selasa May 05, 2020
Start: 05/05/2020 8:04 am

ORNAMEN SURGAWI

Saya bertanya kepada Zahra apakah dia tahu buku "Ornamen Surgawi". Ini adalah buku yang dikenal oleh umat muslim dan ditulis khusus untuk wanita dan anak perempuan. Tentu saja, dia tahu itu! Dia menceritakan bagaimana bibinya secara teratur mengumpulkan para perempuan untuk membaca dan mendiskusikan buku itu. Sebagai seorang gadis kecil, Zahra mengikuti diskusi sambil bermain. Hari ini, dia memimpin salah satu dari ribuan kelompok muslim yang ada di seluruh dunia.

Start: 05/05/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-44, terdapat 198.000 orang percaya yang tinggal di Oman, yang membentuk lebih dari 4 persen dari total populasi sebanyak 4,8 juta jiwa. Kebanyakan dari mereka adalah pekerja migran.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan memberkati para orang percaya sehingga menjadi kesaksian bagi mereka yang percaya dan yang akan percaya.

Start: 05/05/2020 7:03 pm

Untuk menolong dan memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia supaya dapat merespons masa krisis pandemi COVID-19 ini dengan benar, Yayasan Lembaga SABDA menghadirkan situs yang memuat bahan-bahan seputar pandemi virus corona dari sudut pandang iman Kristen. Mohon dukungan doa supaya bahan-bahan yang tersaji dalam situs ini dapat menolong pembaca untuk tetap beriman dan berpengharapan dalam Tuhan meski dalam masa krisis.

Rabu May 06, 2020
Start: 05/06/2020 8:04 am

GERAKAN NATION OF ISLAM

Start: 05/06/2020 6:02 pm

Oman adalah monarki absolut, dan pemerintah mengharapkan kepatuhan dari warga negaranya -- mereka dijaga ketat. "M" adalah agama negara, dan undang-undang didasarkan terutama pada hukum "M". Meninggalkan "M" dipandang sebagai pengkhianatan bagi suku dan keluarga.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menyentuh hati dan pikiran para pemimpin dengan hikmat surgawi sehingga terjadi transformasi dan reformasi dalam hal hukum yang memperbolehkan orang mengikuti kebenaran yang sejati.

Start: 05/06/2020 7:03 pm

Gereja menjadi salah satu bagian yang terdampak pandemi COVID-19 ini. Karena itu, banyak gereja melakukan ibadah secara daring. Selain memerlukan infrastruktur yang baik demi menunjang ibadah secara daring, gereja juga memerlukan strategi untuk memuridkan jemaatnya secara daring. Marilah kita berdoa supaya Tuhan nyatakan cara-cara baru dan kreatif bagi gereja-gereja untuk bisa melayani dengan cara yang baru. Berdoa pula bagi hamba Tuhan atau pelayan Tuhan supaya bisa beradaptasi dengan baik dalam melayani secara daring.

Kamis May 07, 2020
Start: 05/07/2020 8:04 am

MUSLIM DI UTTAR PRADESH / INDIA

Meskipun ada lebih dari 180 juta muslim di India, mereka hanya minoritas 15% di antara populasi 1,3 miliar. Hampir 40 juta dari mereka tinggal di Uttar Pradesh (UP), negara bagian terpadat di India. Terlepas dari pekerjaan misionaris di India selama berabad-abad, umat muslim di utara dan terutama di UP hampir sepenuhnya tidak tertandingi oleh pesan Injil.

Start: 05/07/2020 6:02 pm

Orang-orang percaya dari latar belakang "M" mengalami tekanan yang sangat berat agar kembali ke "M", atau sepenuhnya ditinggalkan oleh komunitas mereka. Cara-caranya tanpa kekerasan, tetapi sangat efektif: orang percaya dapat kehilangan keluarga, rumah, dan pekerjaan. Dalam masyarakat yang sangat konservatif ini, sangat sulit bagi wanita "M" untuk memilih mengikuti jejak orang percaya.

Start: 05/07/2020 7:03 pm

Di tengah-tengah masa pandemi COVID-19 ini, pelayan sekolah minggu juga harus bisa menemukan cara-cara baru untuk melayani anak-anak sekolah minggu. Banyaknya bahan penunjang sekolah minggu dan infrastruktur yang mendukung pembelajaran saat ini, kiranya dapat mereka manfaatkan dengan maksimal untuk pelayanan sekolah minggu. Berdoalah supaya pelayan sekolah minggu di Indonesia dapat semakin kreatif dan efektif dalam menyampaikan firman Tuhan kepada anak-anak dengan cara-cara baru yang relevan dengan kondisi saat ini.

Jumat May 08, 2020
Start: 05/08/2020 8:04 am

Ikhwanul Muslimin, didirikan di Mesir pada tahun 1928 oleh seorang guru, yang dianggap sebagai salah satu gerakan Islam tertua dan paling berpengaruh di era modern dengan moto: "Islam adalah solusinya". Saudara-saudara muslim ini melihat Islam sebagai jalan menuju perubahan pribadi dan sosial, berkomitmen untuk membangun tatanan Islam, dan terlibat dalam kegiatan amal.

Start: 05/08/2020 3:04 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 7 Mei 2020 | pkl. 16.00
Start: 05/08/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-45 World Watch List (WWL) 2019, terdapat 1,2 juta orang percaya yang tinggal di Uni Emirat Arab (yang terdiri dari tujuh negara) dan membentuk 12,8 persen dari total populasi.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambah jumlah orang percaya secara ajaib sehingga pertumbuhan jumlah orang percaya menjadi kesaksian bahwa Tuhan berada di tengah-tengah mereka.

Start: 05/08/2020 7:03 pm

Seminar Kristen yang dilakukan secara daring sangat menolong banyak orang untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan menambah pemahaman akan firman Tuhan. Gereja ataupun instansi Kristen sudah mulai merambah ke jalur ini untuk bisa tetap memperlengkapi masyarakat Kristen dengan prinsip-prinsip hidup yang selaras dengan firman Tuhan. Marilah kita mendukung dalam doa supaya seminar Kristen yang diadakan secara daring diberkati Tuhan dan membawa banyak jiwa mencari dan mendekat kepada-Nya.

Sabtu May 09, 2020
Start: 05/09/2020 8:04 am

GERAKAN MADRASAH-DEOBANDI

Muslim belajar di pusat pelatihan Islam (madrasah) untuk menjadi imam atau mengenal Islam lebih baik. Gerakan Madrasah-Deobandi melatih para pemimpin baru di seluruh dunia. Anggota-anggotanya melihat diri mereka sebagai wakil dari Islam Sunni yang paling murni.

Start: 05/09/2020 6:02 pm

"M" mendominasi kehidupan pribadi dan publik di sini serta wacana politik di kerajaan. Negara ini diperintah oleh dinasti yang memberikan tekanan pada masyarakat dan tidak mengizinkan perbedaan pendapat. Kebebasan berekspresi, kebebasan pers, dan kebebasan berserikat pun dibatasi.

Start: 05/09/2020 7:03 pm

Meskipun saat ini pemerintah mengimbau kita semua untuk tinggal di rumah, itu bukan berarti kita tidak melakukan aktivitas harian, terutama aktivitas yang biasanya kita kerjakan di luar rumah. Kedisiplinan menjadi faktor penting untuk menunjang aktivitas (mengerjakan pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah, dll.) ini supaya hasil kerja kita sesuai dengan target yang ditetapkan dan menjadi berkat bagi orang lain. Mari kita bersatu dalam doa supaya masyarakat Indonesia bisa disiplin dalam mengerjakan pekerjaan mereka sekalipun kondisi sedang tidak baik.

Minggu May 10, 2020
Start: 05/10/2020 8:17 am

MUSLIM PROGRESIF DI JERMAN

Hassan tumbuh dalam keluarga muslim yang taat beragama. Bersama ayahnya, ia secara teratur mengunjungi masjid di negara asalnya. Bahkan, sebelum dia datang ke Jerman melalui perusahaan internasional, dia sudah mulai mempertanyakan beberapa hal. Dia tidak ingin melepaskan keyakinannya, tetapi ingin menemukan cara yang baik untuk mempraktikkannya sebagai seorang muslim pada abad ke-21.

Start: 05/10/2020 6:02 pm

Pekerja asing orang percaya bebas untuk beribadah secara pribadi, tetapi dilarang untuk berkhotbah, berdoa, dan menginjili di depan umum.

Start: 05/10/2020 7:03 pm

Setiap orang percaya dipanggil untuk mengerjakan Amanat Agung. Yesus sendiri yang memerintahkannya dan memberi kemampuan kepada kita untuk melakukannya. Marilah kita berdoa bagi setiap orang percaya supaya senantiasa rindu untuk memberitakan Injil kepada sesama. Berdoalah pula supaya dalam kesulitan yang dihadapi saat memberitakan Injil, setiap orang percaya tidak putus asa, tetapi justru percaya dan berpengharapan penuh kepada Tuhan.

Senin May 11, 2020
Start: 05/11/2020 8:04 am

REVOLUSI ISLAM DI IRAN

1979 adalah tahun yang penting bagi Iran dan seluruh dunia muslim. Berbagai faktor, seperti ketidakadilan sosial yang hebat di negara itu, politik yang berorientasi barat, para pemimpin oposisi di pengasingan, dan pengaruh agama menyebabkan terjadinya pemberontakan. Ayatollah Khomeini yang berpengaruh kembali ke Iran dari pengasingannya di Prancis. Di sana, ia mengambil alih kepemimpinan revolusi dan mendirikan negara Islam Syiah. Monarki Persia digantikan oleh republik Islam.

Start: 05/11/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-46 World Watch List (WWL) 2019, terdapat hampir 2 juta orang percaya yang tinggal di Sri Lanka, yang merupakan 9,4 persen dari populasi.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambahkan jumlah orang percaya dengan cara yang ajaib.

Start: 05/11/2020 7:03 pm

Hari ini, Yayasan Lembaga SABDA memulai program SABDA Live via Zoom dengan seri "Alkitab dan Pelayanan Online". Dalam seri ini, akan ada 6 sesi presentasi yang bisa menolong kita semua untuk menangkap pentingnya teknologi digunakan bagi kemuliaan nama Tuhan. Mohon dukungan doa supaya pelaksanaan program SABDA Live dalam bulan ini bisa berjalan dengan lancar. Kiranya setiap peserta mendapatkan berkat, pelajaran, dan bisa menerapkannya dalam kehidupan, baik secara pribadi maupun dalam pelayanan.

Selasa May 12, 2020
Start: 05/12/2020 8:04 am

GERAKAN GEREJA RUMAH IRAN

Mahnaz membunyikan bel pintu dengan gugup. Ketika dia cepat-cepat masuk, dia melihat beberapa Alkitab dan enam wajah tersenyum. Itu di tempat yang tepat. Komunitas Kristen kecil yang terdiri dari orang-orang yang baru percaya baru ini bertemu secara diam-diam di rumah yang berbeda setiap minggu agar tidak ditemukan. Mereka mulai menyanyikan lagu-lagu Kristen, tetapi begitu pelan sehingga tetangga tidak menjadi curiga. Fokusnya adalah berbagi pengalaman iman dan mendengarkan khotbah daring.

Start: 05/12/2020 6:02 pm

Sri Lanka adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama "B", dan sementara orang-orang percaya dari gereja-gereja yang lebih bersejarah menikmati sedikit lebih banyak kebebasan dalam mengekspresikan iman mereka, orang-orang percaya dari latar belakang "B" diperlakukan sebagai warga negara kelas dua dan dapat menghadapi fitnah dan serangan.

Start: 05/12/2020 7:03 pm

Penelitian terkait pandemi COVID-19 di Indonesia memang masih terus dilakukan. Baru-baru ini, dinyatakan bahwa tipe virus corona di Indonesia berbeda dari 3 tipe yang ada di dunia. Virus corona di Indonesia disebut sudah bermutasi. Kemenristek akan bekerja sama dengan pihak lain untuk pengembangan vaksin. Tentunya proses ini akan memakan waktu satu tahun. Mohon dukungan doa supaya usaha-usaha untuk mengatasi pandemi COVID-19 ini membawa hasil yang baik. Berdoalah pula supaya ada kerja sama yang baik dari pemerintah, tim medis, dan masyarakat untuk pencegahan penyebaran virus corona ini.

Rabu May 13, 2020
Start: 05/13/2020 8:40 am

KERAGAMAN MUSLIM DI AUSTRIA

Start: 05/13/2020 6:02 pm

Orang percaya dari latar belakang "B" atau "H" menghadapi pelecehan dan diskriminasi dari keluarga dan komunitas mereka. Mereka ditekan untuk menyangkal iman baru mereka karena pertobatan dianggap sebagai pengkhianatan terhadap etnis mereka. Mayoritas sekolah negeri tidak mengajarkan agama "K" sebagai mata pelajaran sehingga anak orang percaya dipaksa belajar agama "B" atau "H".

Start: 05/13/2020 7:03 pm

Bulan ini, yang adalah bulan Ramadan, dianggap sebagai bulan yang penuh berkah bagi saudara-saudari muslim kita. Namun, di tengah-tengah puasa dan lebaran ini nanti, kita semua masih menghadapi kesulitan yang sama, yaitu masa krisis akibat pandemi COVID-19. Marilah kita berdoa supaya saudara-saudari muslim kita ini dapat menjalani masa puasa dengan baik. Berdoalah pula supaya di tengah pandemi COVID-19 dan dalam usaha mereka mencari Allah, mereka dapat menemukan kebenaran sejati yang selama ini mereka harapkan.

Kamis May 14, 2020
Start: 05/14/2020 8:04 am

MUSLIM DI KASHMIR

Orang-orang di wilayah Kashmir hidup di daerah yang secara geografis menarik: Pakistan Islam di barat, Hindu India di selatan, dan Buddha Tibet di timur. Ketiga agama ini telah memengaruhi Kashmir dan hingga hari ini merupakan salah satu tempat paling suci bagi para peziarah Hindu.

Start: 05/14/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-47, terdapat 47 juta orang percaya yang tinggal di Kolombia -- mereka membentuk hampir 95 persen dari populasi sebanyak 49,5 juta jiwa. Anda mungkin berasumsi bahwa, sebagai negara mayoritas "K", orang "K" tidak menghadapi penganiayaan di Kolombia -- tetapi sayangnya, bukan itu masalahnya.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menunjukkan kasih karunia-Nya kepada umat-Nya untuk menambah jumlah orang percaya sehingga Kolombia 100 persen adalah untuk kemuliaan Tuhan.

Start: 05/14/2020 7:03 pm

Selama wabah virus corona, kegiatan belajar mengajar memang harus dilakukan secara daring. Hal ini sangat efektif dan bisa menolong agar proses belajar dapat tetap dilangsungkan dengan baik. Namun, karena pembelajaran ini memerlukan koneksi internet, maka murid-murid yang tinggal di daerah pelosok mengalami kesulitan untuk mengikutinya. Bahkan, ada murid yang harus naik-turun gunung supaya bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Marilah kita berdoa supaya pemerintah bisa mengusahan dengan baik untuk kemajuan infrastruktur di daerah-daerah pelosok.

Jumat May 15, 2020
Start: 05/15/2020 8:04 am

SISWA INTERNASIONAL

Start: 05/15/2020 3:04 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 14 Mei 2020 | pkl. 16.00
Start: 05/15/2020 6:02 pm

Kelompok kriminal masih mengendalikan seluruh wilayah Kolombia. Orang-orang percaya dan para pemimpin gereja yang menentang kegiatan mereka berusaha mencegah kaum muda untuk tidak bergabung dalam barisan mereka. Membagikan Injil kepada anggota geng dipandang sebagai ancaman bagi kelompok-kelompok ini.

Start: 05/15/2020 7:03 pm

Pelayanan sekolah minggu menjadi salah satu bidang pelayanan yang terdampak pandemi COVID-19. Karena itu, sekarang banyak ibadah sekolah minggu dilakukan secara daring. Selain penyediaan bahan-bahan sekolah minggu yang bisa diakses secara daring, konsep pelayanan pun harus disiapkan dengan baik supaya tetap menarik dan menyenangkan. Marilah kita dukung dalam doa supaya pelayanan sekolah minggu di Indonesia dapat dilakukan dengan lancar. Kiranya pelayanan-pelayanan Kristen dapat terus melayani generasi anak di Indonesia dengan bahan-bahan digital yang alkitabiah.

Sabtu May 16, 2020
Start: 05/16/2020 8:04 am

PEREMPUAN TURUN KE JALAN - ORANG MAPPILA DI INDIA

Start: 05/16/2020 6:02 pm

Orang-orang percaya yang menentang gerombolan penjahat dan kelompok gerilyawan menderita pelecehan, penculikan, dan pemerasan -- beberapa bahkan terbunuh.

Orang-orang percaya dari kelompok adat mungkin menghadapi hukuman penjara, penganiayaan fisik, penyitaan harta benda, atau tidak diberi akses ke layanan-layanan seperti pendidikan dan perawatan kesehatan.

Start: 05/16/2020 7:03 pm

Salah satu pintu untuk menjangkau orang-orang yang belum percaya supaya mengenal Kristus adalah dengan membangun relasi dengan mereka. Sebagai orang percaya, kita seharusnya bisa berelasi baik dengan mereka supaya kesempatan untuk memberitakan Kabar Baik terbuka. Marilah kita berdoa supaya setiap orang percaya menjadi pribadi yang terbuka dan mau berteman dengan orang-orang yang belum percaya. Berdoalah pula supaya Kristus menolong dan memampukan orang percaya dalam proses menjangkau orang-orang bagi Dia.

Minggu May 17, 2020
Start: 05/17/2020 8:04 am

MUSLIM KULTURAL

Istilah "Kristen kultural" (atau "Kristen nominal") mengacu kepada orang-orang yang tumbuh di lingkungan Kristen, menerima nilai-nilai umum Kristen dan mungkin juga berpartisipasi dalam adat istiadat Kristen, yang iman Kristennya tidak memainkan peran nyata dalam kehidupan sehari-hari. Seorang Kristen kultural dapat menjadi seorang ateis atau agnostik, bisa juga menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang "spiritual, tetapi tidak religius" dan dengan keras menolak beberapa bentuk ekspresi iman Kristen.

Start: 05/17/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-48 World Watch List (WWL) 2019, terdapat sekitar 869.000 orang percaya di Bangladesh. Mereka membentuk 0,5 persen dari populasi.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan mempertahankan populasi orang percaya di negara tersebut dan menambah jumlah orang percaya secara ajaib.

Start: 05/17/2020 7:03 pm

Ketika Indonesia masih dalam masa pandemi COVID-19, pemerintah justru mengeluarkan beberapa kebijakan yang dinilai kontroversial oleh masyarakat. Beberapa kebijakan itu terkait dengan ojek "online" yang dibatasi penggunaannya dan hanya boleh untuk pengangkutan barang, semua moda transportasi dapat kembali beroperasi pada 7 Mei 2020 (dengan pembatasan kriteria), dan warga yang berusia di bawah 45 tahun boleh beraktivitas kembali. Tentunya, kebijakan-kebijakan ini diputuskan dengan mempertimbangkan banyak hal demi kepentingan bersama.

Senin May 18, 2020
Start: 05/18/2020 8:18 am

HIDUP MENULAR DI KIRGIZSTAN

Ketika kami mengunjungi teman-teman di sebuah desa di Kirgizstan dan saling berbagi mangkuk teh seperti biasa, teman kami, Azim, menolak. "Tidak, terima kasih. Saya sedang berpuasa." Tentu saja, setiap muslim yang baik berpuasa selama bulan Ramadan. Ini adalah salah satu ritual terpenting dari kepercayaan mereka. Namun, Azim? Dia adalah satu-satunya pengikut Yesus di desanya. Mengapa dia berpuasa?

Start: 05/18/2020 6:02 pm

Pemerintah Bangladesh semakin menyerah pada tuntutan kelompok-kelompok "M" lokal, yang memantau kaum minoritas, terutama yang berpindah iman menjadi orang percaya dari agama lain. Di Bangladesh, agama dianggap sebagai bagian dari identitas sehingga meninggalkan agama atau suku untuk mengikut Yesus dianggap sebagai pengkhianatan terhadap identitas itu.

Start: 05/18/2020 7:03 pm

Selama masa pandemi COVID-19, cara belajar juga harus beradaptasi dengan cara yang baru. Berbagai aplikasi, situs, dan media sosial yang menunjang untuk belajar dikerahkan agar bisa digunakan dengan maksimal untuk berbagi materi, informasi, presentasi, dll.. Karena itu, marilah kita mendukung setiap usaha yang dilakukan sekolah, gereja, dan instansi dalam mengembangkan cara-cara mereka dalam mengajar supaya bisa tetap relevan dengan kondisi saat ini. Berdoalah pula supaya kesempatan belajar secara daring dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kita semua.

Selasa May 19, 2020
Start: 05/19/2020 8:18 am

LAILATUL QADAR -- MALAM KEKUATAN

Hampir 1.400 tahun yang lalu, seorang Arab sangat kecewa dengan ketidakadilan di masyarakat dan penyembahan berhala di mana-mana. Dia mencari jawaban untuk pertanyaannya dan pergi ke sebuah gua di bukit dekat kota kelahirannya Mekkah untuk bermeditasi di sana. Namanya adalah Muhammad. Malam itu, dia mengalami pertemuan yang tidak terduga. Muhammad kemudian menceritakan bahwa seorang malaikat menampakkan diri kepadanya dan memberinya wahyu pertama yang kemudian membentuk Al-Qur'an.

Start: 05/19/2020 6:02 pm

Orang-orang percaya dari latar belakang "M", "H", "B", atau suku menderita penganiayaan yang paling parah. Mereka sering berkumpul di gereja rumah kecil atau kelompok rahasia karena takut diserang. Bahkan, gereja-gereja bersejarah seperti Gereja Katolik Roma semakin menghadapi serangan dan ancaman kematian. Orang percaya di antara "M" Rohingya, yang melarikan diri ke Bangladesh, juga menghadapi pelecehan dari komunitas mereka.

Start: 05/19/2020 7:03 pm

Belajar dari Yesus ketika Ia mengalami masa sulit sebelum ditangkap dan disalibkan, kita sebagai orang percaya dapat meneladani sikap-Nya ini. Ketika dalam ketakutan atau kesakitan, kita bisa belajar dari Yesus untuk mendekat kepada teman-teman dan berdoa. Sebelum Yesus dikhianati, ditangkap, dan disiksa, Ia menghabiskan waktunya bersama murid-murid-Nya, dan berdoa. Kini, setiap orang didorong untuk mencari Tuhan dalam doa. Sebab, tidak seorang pun yang bisa melewati masa sulit hanya dengan bersandar pada kekuatan sendiri.

Rabu May 20, 2020
Start: 05/20/2020 8:18 am

SUKU MBOJO DARI SUMBAWA, INDONESIA

"Aku membaptis ibuku sendiri minggu lalu!" ungkap Shared, seorang wanita muda yang mengenakan tutup kepala khas Jilbab. Di desa mereka di sebelah timur Pulau Sumbawa, Indonesia, sebuah kebangkitan kecil terhadap iman kepada Yesus Kristus terjadi.

Start: 05/20/2020 3:32 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 19 Mei 2020 | pkl. 16.00
Start: 05/20/2020 6:02 pm

Di peringkat ke-49 World Watch List (WWL) 2019, terdapat sekitar 46.600 orang percaya yang tinggal di Wilayah Palestina. Mereka merupakan 0,9 persen dari populasi.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan segera menolong jumlah orang percaya untuk bertahan dan bertambah sehingga menjadi kesaksian bagi para orang percaya.

Start: 05/20/2020 7:03 pm

Hari ini, kita memperingati Hari Kenaikan Tuhan Yesus. Kematian dan kebangkitan-Nya sudah membuktikan bahwa Ia berkuasa atas alam maut. Kini, kenaikan Tuhan Yesus ke surga menggenapi firman Tuhan-Nya. Bersyukur atas karya-karya Tuhan yang Ia nyatakan dalam kehidupan iman kita. Marilah kita bersyukur, dengan kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke surga, Roh penolong yang dijanjikan-Nya diberikan kepada kita. Berdoalah supaya kita pun makin giat memberitakan tentang Kristus, sebab Ia yang berkuasa atas surga dan bumi, dan layak kita beritakan.

Kamis May 21, 2020
Start: 05/21/2020 8:18 am

PERKEMBANGAN DI KALANGAN MUSLIM DI LONDON

Sekitar 1,5 juta umat muslim tinggal di antara 8,9 juta penduduk di London. Jadi, setiap penduduk keenam adalah muslim. Perkembangan apa yang bisa diamati di antara mereka?

Muslim menjadi lebih religius.
Ini sering terjadi pada muslim generasi kedua yang tidak merasa terhubung dengan tanah air asing orang tua mereka atau dengan Inggris yang "terlalu toleran". Karena itu, mereka menemukan identitas mereka dalam Islam. Mereka menjadi lebih religius daripada orang tua mereka dan beberapa rentan terhadap radikalisasi.

Muslim meninggalkan Islam.

Start: 05/21/2020 6:02 pm

Masyarakat Palestina bersifat konservatif, dan karena hubungan dekat antara keluarga dan agama, meninggalkan "M" adalah hal yang sulit. Militan ekstremis "M" juga hadir di Tepi Barat, menyebabkan orang percaya takut diserang.

Berdoalah bersama kami agar ada mukjizat bagi orang percaya berlatar belakang "M" agar mereka diteguhkan iman dan harapannya dan menjadi kesaksian bagi sekitar.

Start: 05/21/2020 7:03 pm

Kristus sudah menderita, mati, bangkit, dan naik ke surga. Amanat Agung yang sudah disampaikan-Nya kepada para murid-Nya juga menjadi panggilan bagi kita semua. Pada masa krisis karena pandemi COVID-19 ini, marilah kita dengan giat membagikan kasih Kristus kepada orang-orang yang sedang dalam masa sulit, baik yang kehilangan pekerjaan, sakit, maupun tertekan dengan kondisi seperti saat ini. Berdoalah pula bagi orang-orang percaya yang melayani secara langsung orang-orang yang terdampak virus corona, kiranya Tuhan memakai mereka dalam pemberitaan Injil Kristus.

Komentar


Syndicate content