Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Pemetaan Doa

Menjelajahi Alam Rohani

Apa Pemetaan Doa Itu?

Keluarkan peta negara Anda dan periksalah. Peta itu memberi tahu apa kepada Anda? Jalan raya, arah, tempat-tempat menarik, informasi berdasarkan tema -- pegunungan, perairan, dan tingginya --, nama-nama kota, informasi jarak, lokasi taman-taman, dan mungkin beberapa pembesaran dari kota-kota besar, atau sistem jalan mereka. Peta mempermudah penjelajahan keliling negara. Pikirkanlah akan seperti apa jadinya ketika Anda mencoba mengunjungi sebuah kota di negara Anda dengan mengendarai mobil tanpa peta, dengan harapan bahwa Anda akhirnya akan menuju sasaran.

Sebuah peta doa atau peta rohani berusaha memberikan informasi mengenai dunia rohani seperti peta biasa di alam ini. Peta doa melihat sebuah wilayah geografis dari perspektif rohani. Apa tujuannya? Hanya ada tujuan utama dalam menyiapkan peta doa bagi sebuah kota atau wilayah, yaitu agar kita dapat berdoa secara efektif untuk membawa wilayah itu di bawah ketuhanan Yesus Kristus. Peta doa menilai kondisi rohani saat ini di daerah tersebut sehingga kita dapat membuat strategi untuk memulihkan semua daerah yang sekarang ini berada dalam kepemilikan musuh, setan, dan pasukannya.

Apa yang Terdapat dalam Peta Doa?

Peta doa terdiri dari semua potongan informasi yang dapat dikumpulkan tentang sebuah daerah. Informasi tersebut akan memberikan petunjuk tentang hal yang sebenarnya terjadi di balik layar secara supernatural. Jika Anda memiliki sikap/pikiran detektif atau menyukai misteri, Anda mungkin akan diminta untuk membuat pemetaan doa. Anda mengumpulkan petunjuk, menyatukan mereka bersama-sama, menerapkan beberapa kebijaksanaan alam dan supernatural, berdoa memohon pertolongan, dan menghasilkan peta doa yang dapat menjadi dasar doa yang efektif.

Sebelumnya, Anda harus mencari berkat dan kutukan yang memengaruhi wilayah yang dituju. Anda harus menentukan seberapa jauh Injil telah merambah wilayah tersebut dan berapa banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan.

Sumber Informasi yang Baik

1. Perpustakaan lokal.
Perpustakaan lokal di daerah Anda merupakan tempat yang tepat untuk memulai langkah pertama yang sangat penting, yaitu mempelajari sejarah kota Anda. Kapan dan mengapa kota ini didirikan? Siapa yang mengembangkannya? Siapa penghuni yang pertama? Apa peristiwa besar yang pernah terjadi dalam sejarah kota itu? Bagaimana kekristenan bisa diperkenalkan ke daerah Anda? Apa yang terkenal dari kota itu? Apakah slogan dan moto yang terkait dengan kota tersebut? Semua hal ini meletakkan dasar untuk peta doa Anda.

2. Surat kabar lokal dan siaran televisi lokal.
Jika Anda hendak membuat pemetaan doa, Anda harus terus-menerus mengikuti peristiwa yang terjadi saat ini di kota Anda. Berdoalah sebelum Anda membaca koran atau mendengarkan berita. Mintalah kepada Tuhan agar Ia memberikan dorongan kepada Anda, kapan pun ada berita yang akan membuka wawasan untuk pekerjaan yang Anda lakukan. Apakah ada berita tentang beberapa kekuatan magis yang terjadi di kota Anda? Potong dan simpanlah berita tersebut karena mungkin bagian itu akan menjadi petunjuk besar mengenai kutukan yang akan Anda tangani.

3. Peta, pemandu wisata, serta bahan dari organisasi kamar dagang dan industri.
Lihatlah kota Anda dari sudut pandang geografis. Evaluasilah kota Anda dengan mengamati lima pusat kekuasaan: pusat pemerintahan, pusat perdagangan, pusat komunikasi, pusat pendidikan, dan pusat-pusat rohani. Anda akan belajar banyak dari mengamati pusat kekuasaan dalam komunitas Anda yang diwakili oleh lima pusat tersebut.

4. Lakukan wawancara.
Kadang-kadang, Anda dapat mewawancarai orang-orang yang lebih tua, yang dapat menunjukkan kepada Anda secara langsung bagian sejarah kota yang menarik. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan mengurangi banyak kesulitan. Jika memungkinkan, carilah orang-orang yang telah mempelajari sejarah lokal, hadirlah dalam presentasi mereka, bacalah materi mereka, atau hubungi mereka dan tanyakanlah apakah Anda dapat mewawancarai mereka.

5. Statistik seperti sensus atau laporan kejahatan.
Apakah jumlah penduduk kota Anda bertambah atau berkurang? Apakah kejahatan turun atau naik? Bagaimana nilai akademis yang terdapat di sekolah-sekolah di kota Anda? Data rata-rata statistik tentang banyak hal sering relevan. Karena itu, simpanlah data-data tersebut ketika Anda mendapatkannya. Anda tidak pernah tahu ketika beberapa detail kecil akan mengungkapkan misteri yang sedang Anda usut.

Melaksanakan Rencana

Menggunakan Peta Doa Anda dengan Baik

Jika Anda sudah mengumpulkan sejumlah besar materi tentang kota Anda, buatlah strategi untuk menggunakannya demi efektivitas yang maksimum. Anda perlu ketajaman untuk memahami hal yang penting dan yang tidak. Anda sekarang memerlukan doa, puasa, dan sebuah rencana.

Mudah-mudahan Anda tidak melakukannya sendirian. Harus ada orang lain yang berbagi beban doa dengan Anda dan yang dapat membantu Anda memilah berbagai potongan teka-teki. Ketika saya membuat pemetaan untuk kota Toledo, Allah mengumpulkan sekelompok kecil dari kami yang semuanya memiliki karakter dan karunia yang berbeda. Saya selalu kagum dengan cara Tuhan menggunakan kami meskipun masing-masing kami berbeda. Tidak ada satu orang yang memiliki semua wawasan atau semua jawaban. Namun, kami bersama-sama memiliki penegasan akurat yang menakjubkan dan strategi kerja yang baik untuk dimanfaatkan.

Ketika Anda mulai menggali strategi untuk mendapatkan kembali komunitas Anda bagi Yesus Kristus, penting bagi Anda untuk memahami otoritas rohani dan hak-hak hukum. Setan hanya memiliki wilayah di setiap kota, di tempat ia memiliki hak dan otoritas rohani untuk melakukannya. Di mana dosa telah masuk dalam kutukan atau telah ditempatkan di atas tanah, di situ setan mengontrolnya.

Anda tidak akan dapat membalikkan semua itu kecuali Anda memahami tingkat otoritas Anda sendiri terlebih dahulu dan Anda tunduk kepada otoritas di atas Anda dengan benar. Dosa dalam hidup Anda sendiri tidak hanya akan membatalkan upaya Anda mengusir musuh, tetapi juga membuka celah bagi Anda dan keluarga untuk mendapat serangan yang kadang-kadang cukup parah. Saya telah melihat akibat ini secara langsung; saya percaya, Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda.

Jadi, pertanyaan yang diajukan sebelum Anda memulai adalah: Apakah Anda berada di gereja lokal bersama seorang pendeta yang bertindak sebagai otoritas rohani Anda? Apakah pendeta Anda mengetahui apa yang Anda lakukan dan ia menyetujuinya? Apakah ia bersedia bergabung dengan Anda, atau setidaknya mendukung Anda dalam doa? Apakah Anda melapor kembali kepada otoritas rohani Anda secara teratur? Apakah Anda merasa Allah telah memanggil Anda untuk membuat pemetaan doa bagi wilayah Anda? Apakah Anda bertobat dari segala dosa dalam hidup Anda? Tolong, jangan lanjutkan kecuali Anda dapat menjawab "ya" untuk setiap pertanyaan tersebut.

Langkah Anda selanjutnya adalah mengadakan pertemuan doa dengan semua mitra doa yang berkepentingan. Pertemuan ini bertujuan untuk menata semua bahan agar dapat dilakukan penyelidikan dengan lebih baik. Mulailah dengan merendahkan diri dan meminta Tuhan agar menunjukkan benteng dan kutukan yang menahan komunitas Anda untuk menerima Injil. Berdoalah mengenai bahan-bahan tersebut dan mintalah Tuhan untuk menunjukkan hal yang penting untuk Anda doakan. Biasanya, hal-hal tertentu akan mulai muncul dan akan ada konfirmasi di antara kelompok.

Hal ini adalah cara kami melakukannya untuk kota Toledo. Kami berdoa setelah meninjau informasi pemetaan kami. Kemudian, masing-masing kami mengambil secarik kertas dan menuliskan lima hal yang kami percaya merupakan benteng terbesar di kota kami. Setelah itu, kami membandingkan daftar kami dan menemukan bahwa ada hal-hal tertentu yang muncul di daftar semua orang. Menemukan hal-hal seperti itu rasanya seperti menemukan sesuatu yang sangat berharga.

Rencana individu untuk setiap daerah atau kota akan berbeda sehingga tidak ada rumus mutlak untuk diikuti. Hal yang saya percaya akan menjadi bagian dari setiap strategi adalah doa, puasa, doa keliling, dan terus-menerus bertanya kepada Roh Kudus tentang langkah apa yang harus diambil selanjutnya dan bagaimana melanjutkannya.

Pada umumnya, Anda akan membongkar benteng di komunitas Anda dengan mengungkap apa saja yang ada di sana, bertobat dari dosa asal yang memungkinkan mereka menyatakan milik atas tanah Anda, menguduskan dan menyucikan kembali tanah tersebut, serta mengucapkan berkat di tempat yang pernah ada kutukan.

Doa syafaat individu secara pribadi, pertemuan doa, dan doa bersama harus ada di antara beberapa gereja. Tentukanlah hari-hari untuk berpuasa sehingga Anda dapat mendengar dan melihat lebih jelas bagaimana melanjutkannya. Lakukanlah doa keliling ke tempat tertentu yang bisa menjadi kunci untuk terobosan. Lakukanlah diskusi lanjutan tentang bagaimana menafsirkan peristiwa dan berita.

Yang terakhir, tujuan yang sesungguhnya adalah melihat hasil. Ketika suasana rohani di komunitas Anda berubah menjadi lebih baik, Injil dapat disampaikan dengan sukses. Proyek penginjilan dapat direncanakan dengan hasil yang maksimal. Orang-orang akan mulai lapar akan Tuhan dan pergi ke gereja.

Ketika kita mengambil kembali otoritas dari musuh, kita menyatakan, "... datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga" (Matius 6:10), seperti yang diajarkan Yesus dalam doa yang kita sebut "Doa Bapa Kami". Pemetaan doa adalah salah satu alat bagi kita untuk membawa Kerajaan Allah hidup di kota atau komunitas kita. Melalui doa dengan wawasan ilahi, doa-doa kita terarah dan efektif.

Tahukah Anda bahwa akan datang hari ketika, "... bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti air yang menutupi dasar laut" (Habakuk 2:14)? Jika Anda dipanggil oleh Allah untuk pemetaan doa, Anda dipanggil untuk berpartisipasi dalam mempercepat datangnya hari yang indah itu! (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Hannah's Cupboard
Alamat URL : http://hannahscupboard.com/prayer-mapping1.html dan
http://hannahscupboard.com/prayer-mapping2.html
Judul asli artikel : Prayer Mapping
Penulis artikel : Barbara Lardinais
Tanggal akses : 17 April 2013

Komentar