Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 11 MEI 2021

05/11/2021 9:44 pm
Asia/Jakarta

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 11 MEI 2021

DAMASKUS, SURIAH

Penduduk muslim: 2.153.000

Damaskus memiliki peran sejarah yang penting bagi umat kristiani. Di tempat inilah Saulus bertemu Yesus dan menjadi misionaris (Kisah Para Rasul 9:1-22). Damaskus adalah salah satu kota berpenghuni permanen yang tertua di dunia. Akarnya kembali ke sekitar 2000 SM. UNESCO telah mengakuinya sebagai Situs Warisan Dunia karena nilai sejarah dan budayanya yang unik. Damaskus adalah ibu kota kerajaan muslim pertama.

Sebelum perang saudara dimulai pada 2011, umat Kristen dan muslim sebagian besar hidup dalam damai satu sama lain. Orang-orang muda dari desa-desa dan kota-kota kecil pindah ke Damaskus. Nasib perang dan radikalisasi sebagian muslim telah mengubah situasi.

Sekitar 2,5 juta orang saat ini tinggal di sana. Sebagian besar adalah orang Timur Arab; ada juga orang Kurdi, Armenia, dan Aram. Namun, perang yang sedang berlangsung menyebabkan banyak orang mengungsi ke luar negeri (Yordania, Lebanon, Turki, Eropa). Proporsi penduduk Kristen asli (Ortodoks, Katolik, Protestan) telah menyusut hingga maksimum 5 persen. Namun, sekarang ada beberapa petobat baru dari orang Suriah. Gereja-gereja penuh lagi, dan beberapa dari mereka dengan berani menyatakan iman mereka di antara orang-orang muslim, meskipun mereka dirugikan dan didiskriminasi karena keyakinan baru mereka.

POKOK DOA

  1. Doakan agar orang-orang muslim penting di Damaskus dapat menjadi pengikut Yesus.
  2. Berdoalah untuk persatuan dan kohesi komunitas Kristen yang sangat dibutuhkan pada saat ini (Yohanes 17:21).
  3. Berdoa agar Tuhan memberi kedamaian bagi orang-orang Suriah serta memberikan perkembangan positif dalam negara dan masyarakat mereka.

Komentar