Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa Seorang Wanita Tidak Bersalah yang Terluka Batinnya (Kejadian 16:5-14)

Abraham melakukan sesuatu yang masuk akal, tetapi tindakan ini merupakan suatu godaan yang mengandung sengatan beracun, sebagaimana jelas terlihat dalam bagian pertama pasal itu. Sengat itu menusuk hati Abraham serta sarai dan terutama sekali hati Hagar.

Malaikat Tuhan menjumpai Hagar di padang gurun. Hagar berkata: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku." Perkataan ini bukan hanya menyatakan fakta, tetapi merupakan suatu permohonan untuk meminta tolong. Ia tidak dapat menanggung penderitaannya lebih lama lagi. Perintah pertama yang diberikan malaikat kepada Hagar ialah: Kembalilah kepada nyonyamu, biarlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya." Penyerahan diri merupakan langkah pertama yang harus dilakukan Hagar supaya ia mendapat berkat dalam kehidupannya. Jika kita telah membuat kesalahan-kesalahan yang membawa kita ke dalam dosa, maka syarat utama untuk memperoleh kembali pemulihan hubungan kita dengan Allah ialah dengan penyerahan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah, apa pun yang harus kita korbankan.

Hagar menaati perkataan malaikat itu. Kemudian malaikat itu memberinya dua janji. "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya." Dan, "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab Tuhan telah mendengar tentang penindasan atasmu itu." Nama "Ismael" berarti, "Allah akan mendengar." Allah melihat penindasan atas Hagar dan mendengar jeritan jiwanya. Panggilan Allah agar ia menyerahkan diri disertai suatu janji bahwa ia akan menerima berkat.

Hagar kembali kepada Sarai. Hari-hari berlalu dengan kecepatan baru. Sarai terus mengejeknya, tetapi Hagar telah mendengar suara malaikat itu dan ada suatu nyanyian baru dalam jiwanya. Ejekan-ejekan dan penindasan-penindasan terhadap Hagar tak mempengaruhinya karena ia telah mendengar suara malaikat. Begitu juga halnya dengan kita, sekali kita telah mendengar suara Allah, maka kita dapat bertahan menghadapi penindasan apapun. Dalam menghadapi segala kesulitan, kita dapat berkata, "Dia (Allah) yang melihat saya." Di mata air, tempat ia dijumpai oleh malaikat Tuhan di padang gurun, dinamakannya, "Mata air dari Dia yang hidup dan melihat saya" karena Allah adalah Allah Yang Mahatahu.

Malaikat Tuhan berkata kepada kita semua bahwa "Jika Anda hidup di jalan Tuhan, maka Anda akan menerima berkat setelah menderita kesedihan." "Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar daripada penderitaan kami" (2 Korintus 4:17). Satu jam berada di surga akan menghapuskan segala pikiran sedih dari dunia ini (Wahyu 21:4). Manusia terlihat membuat kesalahan besar, berdosa dan menderita dan kemudian Allah ikut campur dengan pemeliharaan, kebijaksanaan dan karunia-Nya Yang Mahakuasa. O, karunia dan belas kasihan Allah.

Clarke, Adam. CLARKE’S COMMENTARY, Abington, Nasville, NC.
J.F. & Brown. COMMENTARY, Richard R. Smith, Inc. New York, NY.
Lee, Robert. OUTLINED BIBLE, Pickering & Inglis, London.
Hull, Marion Mch. 2000 HOURS IN THE PSALMS, JOHN, A. Dickson
Pub. Co. Chicago, IL.
Maclaren, Alexander. COMMENTARY ON ISAIAH AND JEREMIAH,
W.B. Eerdman Pub. Co. Grand Rapids, Mich.
Meyer, F.B. OUR DAILY HOMILY, Marshall, Morgan & Scoot, London.
Meyer, F.B. MOSES, Zondervan Pub. House, Grand Rapids, MI.
Meyer, F.B. THE FIVE BOOKS OF MOSES, Marshall, Morgan & Scott,
London.
Morgan, G. Campbell. THE ANALYZED BIBLE, Fleming H. Revell Co.,
Westwood, N.J.
Paker, Joseph. THE PEOPLE’S BIBLE, Fleming H. Revell Co.
Westwood, N.J.
Paker, Joseph. THE PEOPLE’S BIBLE, Moody Press, Chicago.
Reich, Max Isaac. STUDIES IN THE PSALMS OF ISRAEL, Christian
Publications Inc., Harriburg, PA.
Scroggie. O.T. KNOW YOUR BIBLE, Pickering dan Inglis Ltd. London.
Simson, Albert B. CHRIST IN THE BIBLE (OLD TESTAMENT), Christian
Publications Inc., Harriburg, PA.
Stedman, Ray C. FOLK PSALMS OF FAITH, Gospell Light Publications,
Glendale, CA.
Thomas, Griffith. GENESIS, W.B. Eerdman Pub. Co., Grand Rapids,
Mich.
Williams, George. STUDENTS COMMENTARY ON HOLY SCRIPTURES,
Thyme & Co. Ltd., London.
Wight, Walter C. PSALMS I and II, Moody Press, Chicago.

Komentar