Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa-Doa dari Orang Banyak (Wahyu 7:9-15)

"Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba! (ayat 10). "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya.

Doa ini sebuah doa pujian. Pentingnya doa ini dihubungkan dengan siapa yang mendoakannya, dan dimanakah mereka berada ketika mereka mendoakannya? Apakah doa itu dilakukan di surga atau di bumi? Dari ayat 10 dan 11, rupanya doa pujian itu dilakukan di surga.

Mereka yang berdoa adalah orang-orang yang berasal dari segala bangsa, suku, kaum, dan bahasa (ayat 9). Mereka adalah orang-orang yang banyak sekali yang keluar dari kesusahan yang besar, dan telah mencuci jubah mereka dalam darah Anak Domba (ayat 14). Mereka adalah orang-orang yang telah ditebus oleh Darah Anak Domba, Tuhan Yesus Kristus. Mereka adalah orang banyak yang telah diselamatkan.

Daun-daun palem di tangan mereka adalah tanda kemenangan dan sukacita setelah keluar dari kesusahan yang besar (ayat 9 dan 14). Malaikat-malaikat bersukacita atas keselamatan manusia, dan oleh sebab itu mereka tersungkur serta menyembah Allah.

Dalam bagian ini terdapat dua doa. Kedua-duanya doa pujian yang pendek kepada Allah yang duduk di atas takhta-Nya. Orang-orang yang telah tertebus berdoa, "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!" Malaikat-malaikat, tua-tua, dan keempat makhluk itu berdoa, "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!"

Salah seorang tua-tua itu mengatakan siapakah orang-orang dari segala bangsa itu, "Mereka ini adalah orang-orang dari segala bangsa itu, "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba," yang menunjukkan bahwa tidak ada keselamatan, selain melalui darah Tuhan kita, Yesus Kristus.

Tentu saja akan ada banyak sekali doa dari orang banyak itu sehingga menghasilkan apa yang disebutkan dalam doa ini dan dalam ayat 14.

Komentar