Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Mengalahkan Pencobaan

"Tidak ada pencobaan yang pernah menimpamu kecuali pencobaan yang biasa bagi manusia. Dan, Allah adalah setia, Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melebihi kemampuanmu. Akan tetapi, bersama dengan pencobaan itu, Ia juga akan menyediakan jalan keluar supaya kamu dapat menanggungnya." (1 Korintus 10:13)

  1. Semua orang Kristen, bahkan orang Kristen yang sudah dewasa pun, dicobai. Yesus dicobai (Markus 1:13). Jika Ia dicobai, Anda seharusnya tidak heran apabila Anda pun dicobai. Tidak ada dosa dalam pencobaan itu sendiri (Ibrani 4:15) tidak peduli apa yang Anda rasakan atau apa yang setan katakan!

    "Memang sangat aneh, tetapi sangat betul bahwa orang Kristen yang bahagia adalah orang Kristen yang dicobai! Setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, sekalipun ia begitu saleh atau berpengalaman dalam kehidupan Kristen, akan dicobai setiap hari selama hidupnya." (dikutip dari buku "Unknown Christian Happy Christian" hlm. 28)

  2. Pencobaan dimaksudkan untuk membawa Anda kepada sukacita, bukan kepada kesedihan, karena pencobaan tersebut akan menolong Anda menjadi lebih kuat, menolong Anda untuk lebih memercayai Tuhan, dan menolong Anda menemukan kekuatan baru dari Tuhan (Wahyu 3:18). Ingatlah bahwa ujian dan kesulitan selalu mencakup pencobaan untuk tidak memercayai Tuhan, dan karenanya Tuhan memakai ujian dan kesulitan untuk mengajarkan kepada Anda untuk memercayai-Nya dengan cara yang lebih dahsyat daripada jika tidak ada ujian atau kesulitan! Tuhan tidak menyebabkan pencobaan, tetapi Ia mengizinkan pencobaan terjadi, dan terkadang atau sering kali, Anda tidak akan mengerti alasannya pada waktu itu. Namun, pencobaan itu akan datang dan akan sering datang ketika Anda terlihat dalam keadaan paling lemah. Namun, Tuhan ingin mengambil apa yang membuat Anda lemah dan menjadikannya bidang kekuatan! Serupa dengan hal itu, Yakobus sendiri berkata, "... anggaplah sebagai suatu sukacita jika kamu jatuh ke dalam berbagai pencobaan ...." (Yakobus 1:2-4)

    Perhatikanlah bahwa Paulus juga mengatakan bahwa Tuhan sanggup mendatangkan kebaikan dari segala sesuatu (Roma 8:28). Sebelum Anda jatuh ke dalam pencobaan setan, segeralah menyadari kegagalan, lakukan pengakuan dengan benar, dan kembalilah ke perjalanan Anda sebelumnya dengan Yesus.

  3. Dalam mengalahkan pencobaan, serahkanlah hidup Anda ke dalam tangan Tuhan pada permulaan hari dan tetaplah tinggal di dalam Dia sepanjang hari (Roma 6:13-16; Yudas 21). Sadarilah bahwa Anda adalah ciptaan baru dalam penyingkapan Yesus dalam pengertian (2 Korintus 5:17). Bersukacitalah bahwa keselamatan Anda berdasarkan pada apa yang Ia telah lakukan dan bukan pada yang pernah Anda lakukan -- semua yang dapat Anda lakukan adalah menerima anugerah-Nya yang gratis (Roma 5:1,19). Mintalah Dia untuk menjaga Anda dari pencobaan (Matius 6:13). Serahkanlah hidup Anda seluruhnya ke dalam tangan-Nya, mintalah Dia untuk mengarahkan Anda sesuai dengan firman-Nya dan pengarahan providensia-Nya, tetapi pastikan "pengarahan" tersebut sejalan dengan firman-Nya supaya setan tidak mendapatkan kesempatan untuk mendatangkan kecelakaan dalam hal ini (Amsal 3:5-6; Matius 26:14). Isilah pikiran Anda dengan hal-hal yang baik supaya Anda memiliki pilihan yang siap diambil ketika si pencoba datang menyerang (Mazmur 119:11). Dan, hindarilah pencobaan dalam segala tingkat yang Anda mampu (Paulus berkata, "Jangan menuruti keingian daging" -- Kolose 3:15; Yakub menetapkan syarat perjanjian dengan matanya -- Ayub 31:1). Seandainya Hawa tidak pernah mendekati pohon yang terlarang, ia mungkin tidak akan makan buah terlarang itu. Jauhkanlah diri Anda dari apa pun yang menggoda, atau jauhkanlah hal itu dari keberadaaan Anda (halaman penjualan obral, bak cuci dapur, dan sampah dapat menjadi obat yang sangat baik untuk pencobaan tergantung pada situasinya).

  4. Perhatikanlah hal berikut:

    "Alasan mengapa banyak orang gagal dalam pertandingan karena mereka menunggu hingga waktu pertandingan mulai. Alasan mengapa orang lain berhasil adalah karena mereka telah mendapatkan kemenangan dengan usaha keras mereka sebelum pertandingan mulai .... Antisipasilah pertandingan Anda; lawanlah dengan usaha keras Anda sebelum pencobaan datang, dan Anda akan selalu mendapatkan kemenangan." (R.A. Torrey)

  5. Ingatlah, kemenangan itu lebih pada pribadi, dibandingkan perilaku. Kemenangan muncul dengan seorang pemenang (Yohanes 10:10; 14:6)! Alih-alih berfokus pada perilaku, berfokuslah untuk meningkatkan relasi Anda dengan Yesus; berfokuslah untuk memastikan bahwa Sang Pemenang sudah ada di dalam hati dan hidup Anda. Keberadaan-Nya akan mengubahkan Anda; hal itu akan mengubah selera dan keinginan Anda (Yohanes 15:4). Tidak perlu dikatakan, keberadaan ini datang ketika Anda mengundang Dia masuk (Wahyu 3:20) dan ketika Anda terus menggunakan waktu bersama Dia (Filipi 1:21).

  6. Buatlah sebuah persekutuan dengan teman-teman yang dapat dipercaya yang akan berdoa bersama dan untuk Anda (2 Tesalonika 3:1), dan orang yang dapat Anda hubungi pada waktu genting saat sedang mematahkan siklus pencobaan. Bergabung dengan kelompok kecil juga sangat membantu.

  7. Sadarilah sering kali ada hal-hal mendasar yang dapat membuat seseorang lebih mudah mengikuti apa yang setan lakukan. Kenalilah hal-hal tersebut supaya Anda dapat mulai menanganinya dan dengan demikian juga dapat menangani pencobaan. Hal ini mungkin mencakup area-area dalam hidup Anda yang masih belum diserahkan, dosa yang masih belum diakui, kurangnya relasi yang belum terpecahkan atau luka dari masa lalu, atau kepahitan yang masih disimpan dalam hati.

  8. Kenalilah gagasan-gagasan setan yang tiba-tiba menggoda pikiran Anda, kemudian menyalahkan Anda karena Anda memiliki pikiran yang jahat tersebut. Jangan menerima gagasan setan ketika hal itu muncul dari pikiran Anda. Berlarilah dari pikiran tersebut sama jauhnya dengan Anda menjauhi setan (Yakobus 4:7-8).

  9. Sadarilah bahwa setan menggunakan pencobaan untuk menciutkan hati Anda. Ingatlah bahwa ia penipu! Ia senang mengatakan jika Anda benar-benar orang Kristen yang baik, Anda tidak akan dicobai!

  10. Akhirnya, bersukacitalah bahwa jalan untuk melarikan diri sudah dibuat untuk setiap pencobaan (1 Korintus 10:13) dan Ia akan menjadikan Anda lebih dari pemenang (Roma 8:37). Bukan hanya bahwa Ia akan memampukan Anda menjadi ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, dan segala sesuatu sudah menjadi baru (2 Korintus 5:17)!

    "Dengan demikian, melalui jemaat, berbagai hikmat Allah sekarang diberitahukan kepada para pemerintah dan penguasa di tempat surgawi." (Efesus 3:10, AYT). (t/S. Setyawati)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Path 2 Prayer
Alamat URL : http://www.path2prayer.com/article/190/victory-overcoming-temptation/dan...
Judul asli artikel : Overcoming Temptation
Penulis artikel : Dan Augsburger
Tanggal akses : 25 Agustus 2015

Komentar