Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Miliki Malam Kudus Pribadi

Malam kudus, sunyi senyap, dunia terlelap -- Kidung Jemaat 92:1

Buat sebuah malam kudus untuk Anda sendiri. Kalau rumah Anda penuh dengan anggota keluarga, malam sunyi senyap Anda mungkin perlu dilakukan pada saat-saat menjelang fajar. Atau mintalah pasangan Anda membawa anak-anak pergi berbelanja untuk Natal. Bahkan Anda mungkin bisa memilih "fajar sunyi" saja.

Saat Teduh

Jam berapa pun yang Anda pilih untuk menikmati keheningan, ciptakan suasana tenang setidaknya selama 1 jam, di mana Anda bisa menikmati hiasan Natal Anda pribadi. Dan melakukan saat teduh pribadi untuk merenung, bersyukur, dan berdoa sendirian.

  1. Pasang lagu Natal kesayangan Anda.

  2. Nyalakan api di perapian atau buat "perapian" dengan sejumlah lilin.

  3. Tuangkan segelas eggnog (minuman dari telur kocok, susu, dan rempah-rempah atau minuman Natal kesukaan Anda.)

  4. Padamkan semua lampu di ruangan, kecuali lampu di pohon Natal.

  5. Duduklah dan bersantai sebentar.

Dengarkan baik-baik lirik lagu Natal dan lagu-lagu yang Anda pilih untuk diputar. Pandang dalam-dalam ke api menyala. Amati permainan cahaya dan bayangan di ruangan. Teguk minuman Anda perlahan-lahan.

Putuskan untuk tersenyum. Renungkan hal-hal yang membuat hati Anda merasakan sukacita. Hal apa yang membuat Anda bersyukur? Dalam hal apa Anda merasa diberkati?

Saat Berdoa

Dalam keheningan malam Anda, ucapkan doa Anda. Mungkin Anda menemukan diri Anda berbisik. Mungkin Anda menemukan diri Anda menyuarakan doa Anda dalam satu kata -- "kesehatan", "kedamaian", "perbaikan", "pengampunan". Mungkin doa Anda hanya berisi urutan nama-nama orang yang Anda sayangi yang diucapkan perlahan-lahan. Mungkin Anda menemukan diri Anda diselubungi dengan kesunyian yang suci, terpesona, dan bahkan terharu dalam hadirat-Nya. Biarkan doa Anda mengalir apa adanya, tidak perlu seperti apa yang biasa Anda katakan atau lakukan saat berdoa. Biarkan hati Anda membawa Anda dalam jalan baru menuju hadirat-Nya.

Kalau memungkinkan, biarkan musik mengalun sampai habis. Biarkan lilin menyala sampai meleleh seluruhnya. Biarkan perapian padam dengan sendirinya. Nikmati minuman Anda sampai tetesan terakhir. Di tengah kesibukan dan suasana ramai masa liburan, alangkah pentingnya untuk menenangkan diri kita ... dan untuk mendengar.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : 52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Judul asli buku : 52 Simple Ways to Make Christmas Special
Penulis : Jan Dargatz
Penerjemah : Esther S. Mandjani
Penerbit : Interaksara, Batam 1999
Halaman : 25 -- 27

Dipublikasikan di: http://wanita.sabda.org/miliki_malam_kudus_pribadi

Komentar