Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SENIN, 10 MEI 2021

05/10/2021 9:44 pm
Asia/Jakarta

BANJARMASIN, INDONESIA

Populasi muslim: 720.000

Pada 24 September 1526, prosesi Islam berlangsung di Kalimantan Selatan, sebuah provinsi di pulau Kalimantan, yang melambangkan masuknya Islam secara resmi dan mengarah pada berdirinya kota Banjarmasin pada hari yang sama. Sejak itu, orang muslim selalu menjadi mayoritas di kota ini. Setiap tahun, pada 24 September, mereka mengunjungi makam sultan pertama mereka, berkumpul di masjid agung, dan mengurbankan seekor kambing atau sapi untuk penjaga kuburan.

Masyarakat Banjar selalu merayakan akhir Ramadan dengan truk terbuka dalam parade dengan pesta kembang api, sorakan keras, dan kemeriahan. Mereka kemudian melanjutkan perayaan selama satu atau dua minggu dengan mengunjungi kerabat dan teman. Pengikut Yesus juga sering diundang makan malam dan mereka dapat menyampaikan Kabar Baik. Bahasa Banjar adalah bahasa sehari-hari di Kalimantan Selatan yang digunakan secara luas dan dianggap sebagai bahasa kunci untuk bahasa terkait lainnya. Penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Banjar sedang berlangsung; itu akan membantu terjemahan Alkitab ke dalam bahasa lokal lainnya.

Ada 28 komunitas Kristen di Banjarmasin. Sebagian besar anggotanya berasal dari suku lain. Sayangnya, masih belum ada gereja tempat Tuhan disembah dalam bahasa Banjar -- meskipun lebih dari empat juta orang di negara ini menggunakan bahasa ini.

Melalui tautan di: https://web.archive.org/web/20200923113620/https://pray4thebanjar.com/, terdapat informasi lebih lanjut tentang suku ini.

POKOK DOA

  1. Doakan agar sebuah gerakan dimulai di kota yang berpengaruh ini sehingga orang-orang Banjar mengikut Yesus dan berbagai komunitas akan muncul, tempat Tuhan disembah dalam bahasa mereka (Amos 8:11).
  2. Doakan untuk pekerjaan penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa kunci ini, juga untuk para staf, dukungan teknis, dan kendala yang harus diatasi dalam pengerjaannya (Mazmur 119:105).
  3. Doakan agar orang-orang percaya di kota ini dengan berani membagikan iman mereka kepada orang Banjar.

Komentar