Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Apakah Doa Itu?

Ada banyak pertanyaan anak-anak mengenai "Doa". Pertanyaan anak-anak yang nampaknya sepele ini sebenarnya merupakan pertanyaan yang serius, sehingga kita tidak boleh menganggap remeh pertanyaan anak-anak ini. Kadang pertanyaan yang muncul tiba-tiba merupakan cerminan pemikiran pribadi seorang anak. Oleh karena itu jawaban terbaik adalah berasal dari Alkitab. Walau Alkitab tidak menjawab setiap pertanyaan aneh yang dikemukakan, namun Alkitab memiliki prinsip dan pedoman bagaimana seharusnya kita berdoa. Demikian pula jawaban harus menggunakan kata-kata yang wajar dan menghindari bahasa theologi khusus. Walau memang ada beberapa pertanyaan yang tidak memiliki jawaban sehingga kita perlu berhati-hati untuk menjawabnya.

BinaAnak mulai edisi ini akan menyajikan pertanyaan-pertanyaan anak mengenai doa dan bagaimana cara menjawabnya, berikut salah satu pertanyaan anak-anak:

P: Apakah DOA itu?

J: Doa adalah cara kita berbicara dengan Allah sama seperti kita saling berbicara dengan sahabat-sahabat dan orang tua kita. Doa juga merupakan cara yang diberikan oleh Allah agar kita dapat menyampaikan rasa terima kasih kita kepadaNya dan mengajukan permohonan atas keterlibatanNya dalam kehidupan kita. Doa merupakan bagian penting dari persekutuan kita dengan Allah. Para sahabat saling berbicara satu terhadap yang lain. Sama seperti Allah yang berbicara dengan para sahabat-Nya. Mereka berkomunikasi. Mereka berdoa.

Ayat kunci: Mazmur 54:4

Ayat terkait: Efesus 2:18; Kolose 4:2; 1 Timotius 2:1; Wahyu 8:3-4.

Pertanyaan Terkait: Mengapa doa itu disebut doa? Siapakah yang berdoa?

Catatan untuk Guru Sekolah Minggu:

Doa bukanlah merupakan tujuan akhir. Tujuan akhir dari doa adalah terjadinya hubungan dengan Allah dengan segala sesuatu yang muncul sebagai akibatnya. Bantulah anak-anak untuk mengerti tentang hal ini dan proses selanjutnya akan menjadi lebih mudah bagi mereka untuk menangkapnya.

Bahan ini diambil dan diedit dari:

Judul buku : 107 Pertanyaan Anak-anak tentang Doa (Terjemahan dari buku "107 Question Children Ask about Prayer")
Penerbit : Betlehem Publishers Jakarta
Halaman : 1

Dipublikasikan: http://pepak.sabda.org/apakah_doa_itu

Komentar