Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Bagaimana Menghabiskan 1 Jam Bersama Allah: Merencanakan Doa Malam

Bayangkan diri Anda dalam skenario ini: doa malam Tahun Baru yang Anda rencanakan untuk jemaat Anda tahun lalu mengecewakan. Satu-satunya orang yang mendaftar -- selain Anda -- adalah tiga wanita yang setia dan pendeta muda, yang berutang budi kepada Anda karena telah membantu menjalankan acara Natal remaja. Anda perlu 3 bulan untuk tahu bahwa gagasan untuk menghabiskan 1 jam penuh dalam doa mengintimidasi jemaat Anda. Menghabiskan begitu banyak waktu dalam doa tampaknya merupakan prospek yang mustahil dan membosankan.

Untuk membantu mengubah pikiran mereka, kami mengembangkan panduan berikut untuk membantu menuntun seseorang melalui 1 jam untuk berdoa. Yang membuat kami senang, banyak dari mereka yang keluar dari ruang doa mengungkapkan keterkejutan melihat betapa cepat waktu mereka berlalu. Beberapa orang bertanya apakah mereka bisa kembali lagi nanti untuk 1 jam kedua.

"Ya Tuhan, bukalah bibirku, dan mulutku akan menyatakan pujian bagi-Mu!" (Mazmur 51:15, AYT)
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

Kami menempatkan salinan panduan tersebut di ruang doa di atas meja yang terbungkus kain putih. Kami juga memasang selusin lilin nazar, korek api, dan papan bertuliskan "Banyak orang mendapati bahwa menyalakan lilin selama berdoa adalah pengingat visual bahwa bahkan ketika kita diam, doa kita terus berlanjut di hadapan Allah." Anda juga dapat memasang vas bunga lili atau lukisan seperti Song of David (Nyanyian Daud - Red.) karya Marc Chagall, bersama dengan bahan-bahan khusus yang tercantum dalam panduan doa.

Untuk mencari tahu lebih banyak alat atau mendapat informasi lebih lanjut tentang cara mengatur doa malam untuk gereja Anda, kunjungi www.pathwaycrc.org.

Bagaimana Menghabiskan 1 Jam dalam Doa

"Janganlah khawatir tentang apa pun juga. Namun, dalam segala sesuatu nyatakan keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan serta ucapan syukur. Damai sejahtera Allah yang melampaui segala pengertian akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Yesus Kristus." (Filipi 4:6-7, AYT)

Panduan untuk menghabiskan 1 jam dalam doa ini dibuat berdasarkan format ACTS: Adoration (Penyembahan), Confession (Pengakuan Dosa), Thanksgiving (Ucapan Syukur), dan Supplication (Permohonan).

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Alkitab, kartu indeks, jurnal atau kertas, bolpoin

Penyembahan

(kurang lebih 10 menit)

  • Saat Anda memulai, tutup mata Anda sejenak dan bersikaplah rileks. Mintalah kepada Allah untuk menenangkan pikiran Anda sehingga Anda dapat berfokus kepada-Nya. Mintalah kepada Allah untuk berbicara kepada Anda hari ini.
  • Baca Mazmur 148 dengan lantang kepada Tuhan.
  • Pada selembar kertas, tulislah sepuluh hal tentang Allah yang dapat Anda puji karena Anda telah melihatnya dalam hidup Anda sendiri (mis. kesetiaan, kekuatan).
  • Berbicaralah kepada Tuhan, pujilah Dia untuk contoh-contoh khusus itu. Katakan kepada-Nya betapa Anda mengasihi-Nya.

Pengakuan Dosa

(kurang lebih 10 menit)

  • Duduklah dengan tenang dalam hadirat Allah dan mintalah Roh Kudus mengungkapkan kepada Anda wilayah-wilayah yang menjadi kekurangan Anda. Ini mungkin bisa menjadi contoh spesifik ("Saya kehilangan kesabaran pagi ini"), atau dosa yang menjadi kebiasaan (nafsu, kemarahan, dan sebagainya).
  • Akui hal-hal ini dengan lantang kepada Allah. Mintalah pengampunan dan pertolongan Allah untuk berpaling dari hal-hal tersebut. Jika perlu, tulislah pengingat untuk diri sendiri untuk meminta maaf kepada siapa pun yang telah Anda lukai.
  • Baca Mazmur 51 dengan lantang sebagai doa pengakuan dan pertobatan.

Ucapan syukur

(kurang lebih 10-15 menit)

  • Dalam jurnal Anda atau pada selembar kertas, buatlah daftar dua puluh hal yang Anda syukuri (dahulu atau sekarang).
  • Lihat lagi daftar tersebut dan bersyukurlah kepada Allah untuk setiap hal secara spesifik. Ingat-ingat lagi cara Allah yang menakjubkan saat Dia membantu Anda setiap kali. Tulis beberapa detailnya dalam jurnal Anda.
  • Luangkan waktu beberapa menit untuk bersyukur kepada Allah atas doa-doa yang dikabulkan.
  • Perlahan-lahan, bacalah Mazmur 100 bagi Tuhan.

Permohonan

(kurang lebih 15-20 menit)

Gambar: berdoa

  • Allah berfirman agar kita membawa beban kita kepada-Nya. Baca 1 Petrus 5:7; Mazmur 37:3-8; dan Mazmur 55:23.
  • Luangkanlah waktu sekarang untuk membawa kekhawatiran Anda kepada Tuhan dan meminta pertolongan-Nya. Sampaikan kepada Allah tentang berbagai ketakutan Anda. Berbicaralah seolah-olah Dia ada di samping Anda -- karena memang demikian.

Kesimpulan

(kurang lebih 10-15 menit)

  • Jika ada pikiran atau ayat Kitab Suci yang menonjol saat Anda tengah membaca atau berdoa, tulis dan simpanlah hal-hal itu. Renungkan hal-hal tersebut saat Anda duduk untuk berdoa pada lain kali.
  • Mintalah kepada Allah untuk memberi Anda kedamaian-Nya.
  • Ambil kartu indeks dan tuliskan salah satu ayat berikut pada kartu tersebut: 1 Yohanes 5:14-15; Yakobus 4:6-8; Amsal 3:5-6; Matius 6:31-34; 1 Petrus 5:6-7.
  • Saat Anda tiba di rumah, letakkan kartu tersebut di tempat yang sering Anda lihat. Hafalkan bagian pada kartu itu dan gunakan itu untuk mengingatkan diri Anda bahwa Allah sedang bekerja dalam hal-hal yang Anda doakan.
  • Akhiri dengan membaca Mazmur 23 dengan lantang.
  • Duduklah dengan tenang dalam hadirat Allah selama beberapa saat sebelum Anda pergi. (t/N. Risanti)
Diterjemahkan dari:
Nama situs : Reformed Worship
Alamat situs : https://www.reformedworship.org/article/march-2008/how-spend-hour-god
Judul asli artikel : How to Spend an Hour with God
Penulis artikel : Amy Brown

Komentar