Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa untuk Memperoleh Makna Mimpi (Daniel 2:17-23)

Raja memberi waktu kepada Daniel untuk mencari makna mimpi dari Allah di surga (ayat 16, 18). Pastilah Daniel memanggil tiga sahabat Yahudinya ke rumahnya untuk berdoa, mencari makna mimpi itu dari Allah. Kita tidak diberi tahu berapa lama mereka berdoa, tetapi pastilah mereka berdoa dengan sungguh-sungguh. Betapa hebatnya kuasa doa orang-orang yang bersatu, kuasa doa seperti itu juga terlihat dalam doa orang-orang yang bersatu yang menyelamatkan Petrus dari penjara (Kisah Para Rasul 12:5-19).

Baik mimpi itu maupun maknanya diungkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan di malam hari (ayat 19). Hal ini menyatakan bahwa setelah mereka berdoa dengan sungguh-sungguh, mereka mempunyai rasa damai yang mendalam bahwa Allah telah menjawab doa mereka. Mereka tidak perlu merasa panik.

Perhatikan tiga hal disini: Pertama, doa -- "Mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit." Kedua, Allah menjawab doa mereka -- Allah mengungkapkan mimpin dan maknanya kepada "Daniel dalam suatu penglihatan malam." Ketiga, "Daniel memuji Allah semesta langit." Bilamana doa dijawab, maka kita harus menyembah Dia, memuji dan mengucap syukur kepada Allah. Perhatikan pujian dan ucapan syukur Daniel kepada Allah untuk doa yang dijawab (ayat 23).

Mungkin iman ketiga pemuda Yahudi ini diteguhkan ketika mereka berdoa bersama Daniel sehingga mereka berani menolak ketika disuruh tunduk menyembah patung raja dan tabah ketika menghadapi perapian yang menyala-nyala.

Komentar