Jadwal Doa

Pilih Jadwal Doa:
Rabu July 01, 2015
Start: 07/01/2015 5:01 am

Perusahaan milik negara yang bergerak di bagian energi dan minyak ini sudah lama berdiri dan melayani masyarakat di bidang usahanya. Sebagai konsumennya, marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya perusahaan milik negara ini dikelola dengan baik dan jujur sehingga dana yang mereka kelola bisa dimanfaatkan dengan baik. Doakan juga supaya Pertamina terus berjuang untuk menghasilkan produk-produk energi yang terbarukan lainnya, yang dapat diproduksi massal, sebagai bahan alternatif produk-produk energi tidak terbarukan.

Start: 07/01/2015 6:00 am

Berdoalah untuk Pdt. Abdurahim, seorang gembala sebuah gereja di Uzbekistan yang ditahan selama 10 hari saat beberapa waktu lalu. Ia ditahan atas tuduhan melakukan aktivitas keagamaan secara ilegal (membacakan ayat firman Tuhan kepada pasien-pasien Rumah Sakit Ketergantungan Narkoba). Abdurahim dibebaskan bersyarat dengan denda sebesar 350,000 Uzbek sum (atau sekitar $100). Berdoalah untuk Pdt. Abdurahim beserta anak-istrinya agar senantiasa kuat dalam pelayanan.

Kamis July 02, 2015
Start: 07/02/2015 5:01 am

Ada satu anekdot bahwa pengemudi angkutan umum adalah orang yang paling disayang Tuhan karena mereka membuat orang-orang semakin dekat dengan-Nya. Tentu saja hal ini hanyalah sebuah sindiran bagi pengemudi angkutan umum yang sering kali mengemudi dengan begitu kencang sehingga membuat para penumpangnya berdoa bagi keselamatan mereka. Akan tetapi, terkadang para pengemudi angkutan umum melakukan hal semacam itu bukan karena mereka menginginkannya, melainkan karena mereka harus melakukannya.

Start: 07/02/2015 6:00 am

Berdoalah untuk terbukanya jalan keluar atas situasi yang terjadi di sebuah desa di Kyrgyzstan. Saat ibu dari Sdr. Ashim meninggal dunia, pemuka agama M setempat tidak mengizinkannya menguburkan jenazah ibunya karena Ashim adalah seorang pengikut Kristus. Mereka ingin menghukum orang-orang yang murtad atau meninggalkan agama M dengan membatasi segala akses serta hak hidup dan bermasyarakat bagi saudara-saudari kita yang teraniaya tersebut.

Jumat July 03, 2015
Start: 07/03/2015 5:01 am

Saat ini, ada begitu banyak jenis traktat yang dibuat oleh lembaga maupun penerbit-penerbit Kristen. Tidak sedikit juga dari traktat itu telah dibagikan dan dibaca penerimanya. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar para penerima traktat Kristen sungguh-sungguh membaca dan memerhatikan Injil yang diberitakan dalam traktat tersebut. Berdoalah pula supaya Roh Kudus membukakan mata rohani mereka untuk melihat kebenaran dan menginsafi dosa-dosa mereka.

Start: 07/03/2015 6:00 am

Berdoalah agar perlindungan Tuhan turun atas saudara-saudari teraniaya dari serangan terorisme kelompok Ihwanul M di Mesir. Tim lapangan Open Doors terus menyaksikan berbagai peristiwa mengerikan seperti pembakaran bus, pengeboman menara listrik tegangan tinggi, serta serangan terhadap para petugas perbatasan. Berdoalah untuk stabilitas nasional Mesir.

Sabtu July 04, 2015
Start: 07/04/2015 5:01 am

Berdoa/menjalin relasi dengan Allah harus menjadi bagian hidup kita. Dengan berdoa, kita akan semakin akrab dengan Allah, dan kita bisa mengerti kehendak-Nya. Selain itu, kita juga perlu memperluas wawasan seputar doa. Salah satu situs penyedia bahan doa adalah situs e-Doa. Situs ini akan menolong dan melibatkan Anda untuk berdoa bagi orang lain, suku lain, kota lain, maupun negara lain. Melalui berbagai topik doa dan permohonan doa, Anda bisa ikut ambil bagian dalam berdoa bagi banyak orang.

Start: 07/04/2015 6:00 am

Beberapa waktu lalu di China, seorang bayi laki-laki mengalami gangguan pernapasan sebanyak 6 kali dalam 8 jam setelah dilahirkan. Pada saat itu, Eysa, sang Ayah, sebenarnya sangat ingin melihat putranya tersebut. Akan tetapi, ia hanya berlutut dan berdoa agar Tuhan berbelas kasihan pada putranya. Puji Tuhan, kini kondisi putranya telah stabil, tetapi teruslah berdoa untuk Eysa dan seluruh keluarganya agar lewat peristiwa ini mereka semakin mengasihi Tuhan.

Minggu July 05, 2015
Start: 07/05/2015 5:01 am

Terkadang, kita cenderung lebih mudah bercerita kepada orang lain daripada kepada anggota keluarga kita sendiri. Demikian halnya dengan penginjilan. Terkadang, kita lebih memerhatikan penginjilan untuk orang lain daripada untuk anggota keluarga kita sendiri. Padahal, penginjilan untuk anggota keluarga itu penting karena keluarga adalah sarana utama untuk mengenal Yesus Kristus sebagai Juru Selamat. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar pelayanan penginjilan untuk anggota keluarga di setiap rumah tangga Kristen dapat terus digiatkan.

Start: 07/05/2015 6:00 am

Berdoalah untuk saudara-saudari M yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Kiranya Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya dan berbicara kepada setiap pribadi yang mencari Kebenaran yang sejati. Berdoalah juga untuk para misionaris yang terus giat mengabarkan tentang penebusan dan kasih di dalam Kristus ke pelosok nusantara.

Senin July 06, 2015
Start: 07/06/2015 5:01 am

Selasa, 30 Juni 2015 yang lalu, Indonesia kembali mengalami peristiwa menyedihkan dalam penerbangan. Kali ini, pesawat Hercules C-130 TNI AU yang membawa 50 awak untuk rotasi piket jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, kawasan Perumnas Simalingkar, Medan, Sumatera Utara. Pesawat dengan kode A1310 berangkat dari Landasan Udara Soewondo (eks Bandara Polonia) menuju Provinsi Riau. Akibat dari peristiwa ini, beberapa bangunan hancur dan terbakar karena tertimpa badan pesawat, dan ada 122 korban meninggal, baik TNI maupun warga sipil.

Start: 07/06/2015 6:00 am

Malaysia menempati peringkat ke-8 sebagai negara yang membatasi aktivitas keagamaan warganya. Berdoalah agar para pemimpin Kristen terus bersatu dalam memperjuangkan hak beragama dan beribadah, sesuai konstitusi yang berlaku di sana. Berdoalah juga agar mereka tetap setia mengabarkan Injil meski senantiasa ditekan oleh pemerintah.

Selasa July 07, 2015
Start: 07/07/2015 5:01 am

Jika kita cermati, profesi sebagai penjual koran memberikan kesempatan berharga bagi mereka untuk mengembangkan wawasan tentang berbagai bidang melalui berita-berita yang disajikan dalam koran. Mereka mempunyai kesempatan lebih untuk bisa membaca, minimal berita utama dan beberapa hal lain setiap harinya. Bagi para penjual koran yang beragama Kristen, marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar mereka bisa menggunakan profesi mereka untuk menjadi berkat bagi sesama.

Start: 07/07/2015 6:00 am

Seorang gembala gereja di Brunei berkata, "Penganiayaan itu baik bagi pertumbuhan iman orang Kristen." Gereja di Brunei telah terlena karena selama ini selalu diperlakukan dengan baik oleh pemerintah. Pemberlakuan hukum Syariat baru-baru ini merupakan alat yang tepat untuk menyadarkan kami. Berdoalah untuk gereja-gereja di Brunei agar senantiasa bertumbuh meski di tengah penganiayaan akibat pemberlakuan hukum Syariat di negara tersebut.

Rabu July 08, 2015
Start: 07/08/2015 5:01 am

Pemanasan global adalah fenomena alam yang mengancam dunia. Sebab, pemanasan global membuat iklim dunia dan ekologi tidak stabil. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar setiap orang bisa beradaptasi dengan kondisi alam yang cenderung tidak stabil ini. Kiranya semua pihak turut memberi kontribusi dalam mencegah proses pemanasan global dengan meminimalisasi penggunaan freon, yang bisa mengakibatkan pencemaran gas kimia di udara, sehingga lapisan ozon tidak semakin rusak dan efek rumah kaca tidak semakin besar.

Start: 07/08/2015 6:00 am

Bukankah suatu hal yang menyedihkan jika satu-satunya gereja yang ada di Maladewa hanya berisi segelintir orang percaya dari kalangan ekspatriat dan bukan penduduk asli negara kepulauan tersebut. Berdoalah agar Tuhan terus membangkitkan hamba hamba-Nya yang rindu mengabarkan Injil di Maladewa.

Kamis July 09, 2015
Start: 07/09/2015 5:01 am

Profesi yang dikerjakan anak-anak Allah cukup beragam. Salah satunya adalah tukang bangunan. Marilah kita berdoa bagi saudara-saudara seiman kita yang bekerja sebagai tukang bangunan, kiranya mereka menyadari bahwa profesi mereka juga profesi yang penting dan tidak semua orang bisa mengerjakannya dengan baik. Berdoalah pula supaya mereka mengerjakan profesinya dengan segenap hati bagi Kristus sehingga pekerjaan mereka menghasilkan bangunan-bangunan yang indah, kuat, dan nyaman bagi pemiliknya.

Start: 07/09/2015 6:00 am

Berdoalah untuk Seminar Pasutri dan Retret Anak dan Remaja yang akan diselenggarakan bulan ini di Bangladesh. Kiranya seluruh peserta seminar dapat mempelajari firman Tuhan sebaik mungkin sehingga dapat mengaplikasikannya di dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari. Berdoalah juga untuk anak-anak dan remaja peserta retret agar dapat membangun hidup yang berpusat pada Allah dan firman-Nya melalui teladan Yesus Kristus.

Jumat July 10, 2015
Start: 07/10/2015 5:01 am

Pada masa postmodern ini, gaya hedonisme bertumbuh subur. Kekayaan dan reputasi menjadi hal yang seolah paling penting untuk dikejar sehingga keputusan melayani Tuhan seolah menjadi hal yang kurang diminati. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar Ia mengusik hati orang-orang yang Ia pilih untuk melayani Dia dan bersedia dilatih serta dididik di STT. Kiranya Tuhan Yesus menambah kerinduan tersebut bagi orang-orang yang dipilih-Nya sehingga mereka tidak takut menyerahkan diri mereka untuk melayani Tuhan dengan risiko apa pun.

Start: 07/10/2015 6:00 am

Puji Tuhan atas turunnya izin pemakaman anggota keluarga yang berlatar belakang kaum SALAM di Filipina Selatan dari pemerintah setempat di area pekuburan Zamboanga. Kini, anak-anak Tuhan yang berlatar belakang kaum SALAM dapat memakamkan anggota keluarga mereka yang telah tiada, tanpa adanya tekanan dari umat M di sekitar mereka.

Sabtu July 11, 2015
Start: 07/11/2015 5:01 am

Sekalipun pemerintah Indonesia terus menggalakkan adanya vaksinasi BCG bagi balita untuk mencegah terjangkitnya TBC, tetapi masih saja ada penderita TBC di Indonesia. Kita perlu prihatin dan turut berdoa untuk kasus ini. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar Ia memberi kekuatan bagi para penderita TBC. Berdoalah pula agar para penderita TBC mampu menjalani proses penyembuhan, sekalipun cukup lama, tetapi mereka tetap teratur dan disiplin mengonsumsi obat.

Start: 07/11/2015 6:00 am

Sebagian besar umat Kristen di Bhutan berasal dari latar belakang agama H, seperti orang-orang suku Lotshampa yang berasal dari area pegunungan di Nepal. Mereka tergolong kaum ekonomi lemah dan sering menerima perlakuan diskriminatif oleh suku-suku lainnya di Bhutan. Status sosial membatasi orang percaya suku Lotshampa dalam bersaksi tentang Kristus kepada umat B. Berdoalah agar Tuhan membukakan jalan bagi mereka dalam bersaksi.

Minggu July 12, 2015
Start: 07/12/2015 5:01 am

Lereng gunung adalah tempat yang kurang kondusif untuk dijadikan tempat tinggal. Selain tanahnya yang cenderung rawan longsor, warga juga cukup kesulitan untuk memperoleh fasilitas-fasilitas hidup sebagaimana mestinya, seperti kemudahan transportasi, kelayakan jalan, pemenuhan kebutuhan, dll.. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya Ia menolong warga yang tinggal di lereng gunung. Kiranya mereka tidak menyerah dengan keterbatasan yang mereka alami.

Start: 07/12/2015 6:00 am

Budaya Patriakh (patriarkat - Red) yang mengakar kuat di Myanmar menyebabkan banyak pria (bahkan pria Kristen sekalipun) berpikir bahwa KDRT adalah hal yang wajar dilakukan terhadap istri mereka. Mengubah cara pandang terhadap budaya ini membutuhkan upaya ekstra dari para pengerja Kristen yang mengonseling keluarga-keluarga Kristen di sana. Berdoalah untuk mereka.

Senin July 13, 2015
Start: 07/13/2015 5:01 am

Menjelang hari raya Idul Fitri pada tanggal 17 -- 18 Juli 2015 mendatang, banyak ruas jalan yang sudah diperbaiki dan diatur sedemikian rupa supaya lalu lintas jalan bisa lancar ketika adanya arus mudik Lebaran. Banyak pihak, seperti polisi lalu lintas, masyarakat, para pemudik, pengendara sepeda motor, dll., turut terlibat dalam upaya mewujudkan kelancaran arus mudik Lebaran ini. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar arus mudik Lebaran tahun ini bisa berjalan lancar dan tidak banyak terjadi kecelakaan.

Start: 07/13/2015 6:00 am

April lalu, Presiden Sri Lanka, Sirisena, mengajukan usulan undang-undang yang melarang penyebaran propaganda berisi kebencian berbasis agama dan suku. Puji Tuhan, pengajuannya ini telah disetujui oleh para anggota kabinet. Berdoalah agar undang-undang ini akan segera disahkan.

Selasa July 14, 2015
Start: 07/14/2015 5:01 am

Pedagang kaki lima bisa kita jumpai, baik di desa, kota kecil, maupun kota besar. Keberadaannya yang mudah dijumpai ini menjadikan pedagang kaki lima akrab dengan banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Dengan demikian, pedagang kaki lima, khususnya mereka yang beragama Kristen, mempunyai banyak kesempatan untuk memberitakan Kabar Baik melalui aktivitas mereka setiap hari.

Start: 07/14/2015 6:00 am

Laos adalah salah satu dari 5 negara komunis yang masih berdiri di dunia. Keberadaan dan keberlangsungan agama diatur dalam Pasal 92 dalam Undang-Undang yang sangat membatasi umat beragama. Orang percaya di Laos tercatat sebanyak 3% dari total populasi, atau sekitar 192,000 jiwa. Berdoalah agar Tuhan Yesus senantiasa menguatkan umat-Nya di Laos.

Rabu July 15, 2015
Start: 07/15/2015 5:01 am

Buku-buku pendalaman Alkitab memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan rohani orang percaya karena buku-buku tersebut dapat mendukung pembelajaran firman Tuhan. Untuk itu, sebagai orang percaya, kita memiliki kesempatan yang besar untuk semakin mendalami firman Tuhan dan memperluas wawasan melalui buku-buku seperti ini. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar Ia senantiasa menuntun para penulis buku-buku pendalaman Alkitab sehingga tulisan mereka bisa menjadi berkat bagi setiap orang percaya.

Start: 07/15/2015 6:00 am

Sebagian besar pejabat pemerintah daerah di Vietnam berpikir bahwa klaim "tidak ada satu pun umat Kristen di wilayah ini" adalah hal yang mutlak diwujudkan. Para pejabat pemerintah mengisolir umat Kristen dan menyewa para preman jalanan untuk menganiaya mereka. Berdoalah untuk perlindungan yang sempurna dari Allah Bapa atas saudara-saudari kita di Vietnam.

Kamis July 16, 2015
Start: 07/16/2015 5:01 am

Pemuridan adalah metode yang digunakan Tuhan Yesus untuk memenangkan dunia bagi kerajaan-Nya. Namun, tidak banyak gereja yang menyadari dan mengerjakan hal tersebut. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya setiap gereja di muka bumi ini bersedia meneladani Kristus dalam melakukan Amanat Agung Kristus. Kiranya Allah melatih hamba-hamba Tuhan untuk memiliki keterampilan memuridkan sehingga proses pemuridan yang mereka kerjakan di gereja efektif. Kiranya seluruh jemaat juga menyadari pentingnya proses pemuridan sehingga jemaat bersedia untuk dimuridkan.

Start: 07/16/2015 6:00 am

Para pemuka agama H mendesak pemerintah setempat untuk bertindak lebih tegas dan proaktif dalam memerangi umat Kristen dari suku asli Nepal. Sunil Singh, pemimpin kelompok pemuda agama H berkata, "Kami akan mendirikan sekolah-sekolah khusus anak-anak suku asli, di mana relawan kami akan mengajar dan memotivasi anak-anak untuk tetap mendukung agama H sebagai agama mayoritas. Kami tidak akan mengizinkan para misionaris Kristen mencuci otak mereka lagi." Berdoalah untuk situasi ini.

Jumat July 17, 2015
Start: 07/17/2015 5:01 am

Hari ini, saudara-saudari kita umat Muslim merayakan Hari Idul Fitri. Bagi mereka, Hari Idul Fitri adalah hari yang penuh berkah dan pengampunan. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar kaum Muslim bisa merayakan hari besar keagamaan mereka dengan penuh ucapan syukur. Berdoalah pula agar pada hari yang istimewa ini, mereka memperoleh hikmat, anugerah, dan kerinduan untuk mengenal kebenaran yang sejati.

Start: 07/17/2015 6:00 am

Berdoalah untuk pertemuan alumnus Pusat Pelayanan Anak di Kolombia yang akan diselenggarakan mulai hari ini hingga 20 Juli nanti. Siapa pun yang pernah tinggal dan belajar di tempat ini telah diundang untuk datang. Berdoalah agar Tuhan memakai pertemuan ini untuk menjamah hati para alumnus yang mulai undur dari-Nya.

Sabtu July 18, 2015
Start: 07/18/2015 5:01 am

Masih dalam suasana Idul Fitri, marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus untuk saudara-saudari kita, kaum Muslim, agar mereka bisa memanfaatkan hari raya ini untuk berkumpul bersama keluarga. Kebersamaan di dalam keluarga sangat penting karena keluarga menjadi salah satu bagian yang penting dalam hidup setiap orang. Oleh karena itu, marilah kita berdoa supaya kebersamaan bersama keluarga yang dialami kaum Muslim pada saat Idul Fitri ini tidak hanya untuk saling bertemu saja, tetapi ada kesegaran baru dalam berelasi.

Start: 07/18/2015 6:00 am

Berdoalah untuk saudara-saudari dari komunitas Bawitz di Meksiko. Mereka yang diusir sejak 5 tahun yang lalu karena menjadi pengikut Kristus, kini dapat kembali ke tanah sendiri pada April 2015. Berdoalah untuk komunitas berjumlah 12 keluarga ini agar dapat beradaptasi dengan baik, serta untuk tercipta kedamaian di lingkungan sekeliling mereka.

Minggu July 19, 2015
Start: 07/19/2015 5:01 am

Kesejahteraan guru sudah diusahakan oleh pemerintah Indonesia dengan adanya sistem sertifikasi. Namun, belum tentu semua guru telah menerima kesejahteraan yang diusahakan pemerintah tersebut, khususnya untuk guru-guru di daerah pedesaan. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus untuk guru-guru yang ada di pedesaan supaya mereka terus setia melakukan tugasnya, sekalipun tantangan di pedesaan jauh lebih susah daripada di perkotaan.

Start: 07/19/2015 6:00 am

Sistem pendidikan di Aljazair dapat mengancam keberadaan anak-anak Kristen. Berdoalah agar anak-anak Kristen yang terpaksa mengikuti pelajaran agama M di sekolahnya tetap bertahan dalam iman. Begitu pula para orang tua mereka, agar senantiasa diurapi dalam mendidik anak-anak berdasarkan firman Tuhan.

Senin July 20, 2015
Start: 07/20/2015 5:01 am

Kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja bisa dialami mahasiswa ketika ada kesempatan magang (bekerja dalam waktu kurun waktu tertentu tanpa menerima upah/gaji). Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa Kristen. Dalam menjalani masa magang kerja, mahasiswa pasti akan mengalami berbagai tantangan, kesulitan, tetapi juga keuntungan dari proses mereka bekerja. Untuk itu, marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar mahasiswa Kristen magang bisa bekerja dengan bertanggung jawab, jujur, dan berintegritas sehingga melalui pekerjaan mereka, nama Tuhan Yesus semakin ditinggikan.

Start: 07/20/2015 6:00 am

Musim panas telah berlangsung, situasi pun terasa memanas di Mauritania. Berdoalah untuk komunitas imigran Kristen di padang pasir Sahara, sebab pada musim inilah biasanya polisi melakukan razia dan penangkapan terhadap mereka. Berdoalah agar mereka diberikan kebebasan mutlak untuk beribadah meski jauh dari tanah kelahirannya.

Selasa July 21, 2015
Start: 07/21/2015 5:01 am

Profesi sebagai petugas kebersihan di sekolah merupakan profesi yang penting di suatu sekolah. Jika tidak ada mereka, proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan nyaman. Oleh karena itu, mari kita datang kepada Tuhan Yesus dan mendoakan para petugas kebersihan supaya mereka diberkati Allah dengan berlimpah, baik berkat materi maupun rohani. Kiranya mereka mengerjakan tugas mereka dengan sukacita dan dengan penuh keyakinan bahwa mereka sangat penting dan diperlukan.

Start: 07/21/2015 6:00 am

Berdoalah untuk Evan yang hidup di wilayah rawan peperangan di kotanya. Meski bahaya senantiasa mengintai, ia tetap bertahan dalam iman. Berdoalah untuk tercurahnya kekuatan dan keberanian atas saudara kita yang teraniaya ini.

Rabu July 22, 2015
Start: 07/22/2015 5:01 am

Setiap profesi yang memuliakan Allah adalah profesi yang layak diperjuangkan bagi setiap orang percaya, termasuk profesi sebagai hakim. Mari kita berdoa bagi hakim Kristen kepada Tuhan Yesus. Kiranya prinsip keadilan dan kejujuran yang Allah tetapkan juga mereka kerjakan dalam mereka melakukan profesi mereka sebagai hakim. Kiranya hati mereka senantiasa melekat kepada Allah dan bukan kepada harta sehingga mereka tidak akan menurunkan standar hidup Kristen mereka hanya karena iming-iming harta dunia.

Start: 07/22/2015 6:00 am

Berdoalah untuk anak-anak Kristen di Tunisia yang berusia antara 0 -- 12 tahun. Mereka adalah generasi kedua dari umat Kristen berlatar belakang M di Tunisia. Sering kali mereka mengalami kesulitan di sekolah, merasa kesepian, dan membutuhkan bimbingan agar dapat bertahan hidup di tengah komunitas mayoritas M.

Kamis July 23, 2015
Start: 07/23/2015 5:01 am

Hari ini, kita memperingati Hari Anak Nasional. Bersyukur kepada Tuhan Yesus jika sampai hari ini, kita masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup ini bersama/berada di antara anak-anak. Bertepatan dengan Hari Anak Nasional ini, marilah kita bersatu hati berdoa untuk anak-anak di seluruh Indonesia. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar Ia senantiasa menolong anak-anak dalam proses pertumbuhan mereka. Kiranya seiring dengan pertumbuhan yang mereka alami, baik rohani maupun jasmani, hidup mereka boleh menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar mereka.

Start: 07/23/2015 6:00 am

Bagi komunitas Kristen, inilah masa-masa tersulit sepanjang tahun ini. Tepat setahun yang lalu, ekstremis ISIS menginvasi wilayah-wilayah dengan populasi Kristen terbesar di Irak. Kenangan pahit akan hari di mana umat Kristen terpaksa meninggalkan rumah dan harta benda dapat muncul kapan saja dalam ingatan mereka. Berdoalah untuk pemulihan jiwa mereka.

Jumat July 24, 2015
Start: 07/24/2015 5:01 am

Skripsi adalah tugas terakhir yang harus diselesaikan setiap mahasiswa. Skripsi sering kali bisa menjadi sarana untuk menempa mahasiswa agar semakin tangguh. Sebab, pengerjaan skripsi dilakukan dalam waktu yang tidak singkat dan biasanya ada banyak kendala dalam pengerjaannya. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus Kristus untuk mahasiswa-mahasiswa ini. Kiranya mereka menikmati setiap proses penyusunan skripsi dan terus bergantung kepada Tuhan dalam setiap tahap yang mereka kerjakan.

Start: 07/24/2015 6:00 am

Peperangan yang masih berlangsung di Suriah berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup warganya. Dulu, Aleppo adalah kota dengan populasi umat Kristen terbesar di Suriah, tetapi kini umat Kristen yang masih bertahan di kota ini menderita akibat langkanya air bersih, pemutusan aliran listrik, dan sulitnya mendapatkan bahan makanan. Berdoalah agar Allah terus memberkati umat-Nya di Aleppo, Suriah.

Sabtu July 25, 2015
Start: 07/25/2015 5:01 am

Pada zaman ini, sangat terlihat adanya penurunan integritas kepemimpinan di Indonesia dan luar negeri. Demikian juga dalam kekristenan. Para pemimpin Kristen diharapkan mampu meneladani kepemimpinan Kristus dan menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mari kita sungguh-sungguh membawa kebutuhan ini ke hadapan Tuhan Yesus, kita berdoa supaya Allah sendiri membangkitkan pemimpin-pemimpin dari generasi-generasi muda, pemimpin yang takut akan Tuhan. Kiranya ada pelatihan-pelatihan yang nyata dari gereja, organisasi, maupun yayasan Kristen untuk tujuan tersebut.

Start: 07/25/2015 6:00 am

Satu dari empat orang di Lebanon adalah pengungsi asal Suriah. Berdasarkan perbandingan ini, dapat kita simpulkan bahwa Lebanon kini dipenuhi pengungsi asal Suriah, sementara hubungan bilateral kedua negara sejak tahun 1980 tidak begitu baik. Berdoalah agar masyarakat Lebanon dapat mengubah "kepahitan dan kebencian" menjadi "kasih" bagi para pengungsi asal Suriah.

Minggu July 26, 2015
Start: 07/26/2015 5:01 am

Tidak mudah menjalani hidup sebagai misionaris. Mereka harus beradaptasi dengan banyak hal, salah satunya adalah beradaptasi dengan budaya masyarakat setempat. Banyak hal yang harus dipelajari dalam budaya tersebut, dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memahami atau menyelaminya. Tidak sedikit pula budaya masyarakat yang ada adalah budaya yang bertolak belakang dengan prinsip kebenaran firman Tuhan.

Start: 07/26/2015 6:00 am

"Saya bermimpi melihat seorang pria berbaju putih. Yesus menyatakan diri-Nya dan memerintahkan pada saya untuk mengikuti-Nya," ujar seorang percaya dari latar belakang M di Jazirah Arab. Tuhan telah memakai mimpi dan penglihatan sebagai alat untuk menyatakan diri-Nya kepada kaum SALAM di Jazirah Arab. Berdoalah agar ada lebih banyak lagi umat M yang dipilih menjadi anak-Nya.

Senin July 27, 2015
Start: 07/27/2015 5:01 am

Transportasi umum merupakan sarana transportasi yang penting bagi kita yang belum memiliki alat transportasi sendiri. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus untuk pengguna angkutan umum supaya mereka bisa memanfaatkan transportasi umum dengan baik. Kiranya Tuhan Yesus memberi hikmat kepada mereka saat menggunakan angkutan umum supaya mereka bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan ketika melakukan perjalanan.

Start: 07/27/2015 6:00 am

Teruslah berdoa untuk keluarga dari 150 korban tewas dalam serangan di kampus Universitas Moi di Garissa, Kenya, pada April lalu. Berdoalah juga untuk korban selamat yang masih mengalami trauma hingga kini, akibat menyaksikan dengan mata kepala sendiri pembantaian massal oleh ekstremis Al Shabaab tersebut. Hanya Tuhan Yesus yang dapat memulihkan setiap hati yang terluka.

Selasa July 28, 2015
Start: 07/28/2015 5:01 am

Buku merupakan sarana yang bisa kita manfaatkan untuk memperluas wawasan. Namun, tidak banyak orang mampu untuk membeli semua buku yang mereka butuhkan. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus untuk fasilitas perpustakaan umum bagi mereka yang ingin memperluas wawasan dan menuntut ilmu. Kiranya Tuhan Yesus memelihara perpustakaan-perpustakaan umum yang telah ada. Berdoalah pula agar ada sistem yang mudah, baik, canggih, dan efisien dalam penggunaan dan pengelolaannya sehingga semakin banyak buku bisa dimanfaatkan masyarakat.

Start: 07/28/2015 6:00 am

Bulan Januari lalu, seorang guru Sekolah Menengah Hwazi di wilayah Kasulu, Tanzania, menghukum muridnya karena kedapatan mengenakan kalung Rosario. Di Tanzania, murid-murid dilarang mengenakan atribut/perhiasan bercorak agama meski belajar di sekolah umum yang memberikan kebebasan beragama. Berdoalah untuk situasi dan tantangan yang dihadapi oleh murid-murid Kristen di Tanzania.

Rabu July 29, 2015
Start: 07/29/2015 5:01 am

Kata "satpam" sering kita definikasi sebagai orang-orang yang kuat karena mereka harus menjaga keamanan tempat mereka bekerja. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus bagi satpam-satpam gereja, kiranya mereka diberi kekuatan dalam mengerjakan tanggung jawab mereka. Kiranya Tuhan Yesus memberikan pertumbuhan rohani juga kepada mereka. Berdoalah pula agar lingkungan gereja memberikan dorongan kepada mereka untuk lebih bersemangat mengenal Tuhan.

Start: 07/29/2015 6:00 am

Akhir Maret lalu, Muhammadu Buhari dilantik menjadi Presiden Nigeria yang baru. Umat Kristen di Nigeria Utara merasa cemas bahwa Buhari akan menerapkan hukum Syariat secara menyeluruh di negara itu. Berdoalah agar Tuhan menjamah hati presiden Nigeria yang baru ini agar tidak menekan umat Kristen di negaranya.

Kamis July 30, 2015
Start: 07/30/2015 5:01 am

Hutan berfungsi cukup banyak bagi keseimbangan alam. Mari kita berdoa supaya Tuhan Yesus menjagai hutan di Indonesia dari kerusakan. Kiranya kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di Indonesia dapat diterapkan dengan maksimal sehingga hasilnya boleh dinikmati bersama. Berdoalah pula agar Yesus mengusik hati nurani para pejabat di pemerintahan, penebang-penebang hutan, maupun pengusaha dalam industri kayu supaya mereka tidak melakukan tindakan yang menyebabkan kerusakan hutan demi keuntungan pribadi mereka.

Start: 07/30/2015 6:00 am

Tetaplah berdoa untuk umat Kristen pascapemberontakan Tuareg pada tahun 2012, yang memaksa mereka untuk mengungsi ke wilayah Bamako, Mali. Meski situasi negara berangsur pulih, kehidupan umat Kristen di Mali masih rentan terhadap penganiayaan. Berdoalah agar mereka terus bersemangat dalam menyampaikan kesaksian tentang kasih karunia Allah melalui Yesus Kristus kepada saudara sebangsanya.

Jumat July 31, 2015
Start: 07/31/2015 5:01 am

Negara kita sebagian besar berupa perairan yang menyimpan banyak kekayaan alam, salah satunya ikan. Mari bersyukur kepada Tuhan Yesus atas lautan dan perairan darat yang dimiliki bangsa Indonesia. Kita juga berdoa untuk pengembangan potensi laut dan perairan darat, kiranya Allah terus turut campur melalui para praktisi teknologi perikanan dan kelautan. Kiranya teknologi yang tersedia boleh melengkapi setiap proses pembudidayaan perikanan Indonesia, baik perikanan laut maupun perikanan air tawar.

Start: 07/31/2015 6:00 am

Berdoalah untuk Sister Janna (38), seorang misionaris di Kyrgyzstan. Sejak setahun yang lalu, Janna dan kedua anaknya hidup nomad dari desa ke desa untuk mengabarkan Injil, dan kini seorang memuridkan 9 orang dalam sebuah kelompok sel. Baru-baru ini, Janna dan anak-anaknya menerima ancaman dari penduduk lokal untuk menghentikan aktivitas penginjilan.

Start: 07/31/2015 6:00 pm

Berdoalah untuk pemilihan umum yang telah dilangsungkan di Mesir beberapa waktu sebelum dimulainya bulan suci Ramadan. Kiranya setiap wakil rakyat yang terpilih sungguh-sungguh dijamah oleh Tuhan sehingga dapat bersikap adil kepada umat agama minoritas di Mesir, termasuk umat Kristen.

Komentar


Syndicate content