Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Kelompok Doa Ibu-Ibu Kristen: Bagaimana Memulai Sebuah Kelompok Doa di Sekolah Anak Anda

Ide memulai sebuah kelompok doa ibu-ibu Kristen di sekolah negeri anak Anda nampak seperti suatu ide yang cemerlang, tapi Anda perlu berhati-hati sebelum memulainya. Banyak sekolah tidak mendukung kegiatan yang bernuansakan agama tertentu karena takut dianggap mengesampingkan agama yang lain. Meski begitu, mungkin ada banyak ibu-ibu seperti Anda yang tertarik untuk ikut bergabung dengan kelompok seperti ini. Inilah beberapa tips untuk memulai kelompok doa di sekolah anak Anda.

  1. Bertemu kepala sekolah. Jika Anda benar-benar tertarik untuk memulai sebuah kelompok doa Kristen, hal terbaik yang sebaiknya pertama kali Anda lakukan adalah berbicara dengan kepala sekolah. Utarakan ide-ide Anda dan katakan padanya mengapa Anda merasa bahwa ini adalah sebuah ide yang bagus. Banyak kepala sekolah akan menerima ide tersebut, tapi mungkin akan menyarankan agar Anda mengadakan pertemuan di tempat lain daripada sekolah. Selain itu, Anda juga tidak akan diizinkan merekrut anggota atau melakukan promosi dengan memasang poster-poster atau selebaran-selebaran di sekolah.

  2. Carilah anggota-anggota Anda. Hal berikutnya yang akan Anda lakukan adalah menemukan ibu-ibu lain yang tertarik dengan ide ini. Jika Anda tidak diizinkan mengiklankannya di sekolah anak Anda, maka iklan melalui mulut adalah cara terbaik untuk menyebarkan ide Anda. Surat elektronik merupakan cara yang sangat sempurna dan Anda akan segera menemui bahwa ada sekelompok besar orang yang siap untuk bertemu. Pilihan lain adalah mengumumkan kelompok doa ini melalui koran lokal di komunitas Anda.

  3. Carilah sebuah tempat pertemuan. Sekarang Anda harus menemukan sebuah tempat pertemuan. Jika Anda hanya memiliki beberapa anggota, Anda bisa bergiliran memakai rumah setiap anggota. Tapi, jika Anda memiliki kelompok yang anggotanya lebih dari sepuluh orang, mungkin Anda akan membutuhkan lokasi yang lebih besar. Carilah informasi apakah ada gereja di sekitar lingkungan yang dapat memberikan akomodasi untuk kebutuhan tempat ini. Sebagian besar gereja sangat mau menjadi tuan rumah sebuah kelompok doa. Ide lain adalah bertemu pada saat makan siang di sebuah restoran setempat. Beberapa tempat makan bahkan mungkin memiliki sebuah ruang pesta besar yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan ini.

  4. Bertemu secara teratur. Setelah Anda menemukan tempat untuk pertemuan dan beberapa anggota, putuskan seberapa sering Anda akan bertemu. Banyak kelompok doa yang berjalan dengan baik dengan bertemu sebulan sekali. Jika Anda memiliki waktu pertemuan yang teratur (misalnya Senin pertama setiap bulan), maka anggota Anda akan lebih mudah mengingatnya. Jam pertemuan bisa kapan saja asalkan setiap anggota merasa nyaman. Pagi hari sering kali menjadi waktu yang tepat karena anak-anak berada di sekolah dan anak-anak prasekolah belum waktunya tidur siang.

  5. Tentukan tujuan kelompok doa Anda. Selama pertemuan pertama, Anda dapat memutuskan apa yang akan dilakukan. Banyak ibu suka berdoa untuk keluarga yang membutuhkan, untuk anak mereka sendiri, untuk semua anak di sekolah, dan untuk sekolah pada umumnya (setiap pengajar dan petugas administrasi). Anda dapat meminta setiap ibu mengajukan permohonan doa. Bila Anda mau, pertemuan ini bisa dikemas dalam suasana santai (informal).

Fokus utama kelompok doa ibu ini adalah bersatu dalam doa untuk mendorong dan menguatkan anak-anak, berdoa untuk keamanan selama jam sekolah, dan berdoa untuk mereka yang membuat keputusan harian yang berpengaruh terhadap pendidikan murid-murid. Kelompok doa seperti ini telah ada bertahun-tahun di seluruh dunia, dan Anda dapat mengambil peran penting dalam menolong komunitas Anda sendiri. (t/Yohanna)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : suite101.com
Penulis : Denise Oliveri
Alamat URL : http://christian-parenting.suite101.com/article.cfm/christian_moms_prayer_group

Dipublikasikan di: http://wanita.sabda.org/kelompok_doa_ibu_ibu_kristen_bagaimana_memulai_sebuah_kelompok_doa_di_sekolah_anak_anda

Komentar