Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa dalam Surat Paulus yang Pertama Kepada Jemaat di Tesalonika

Jemaat di Tesalonika didirikan oleh Paulus Kisah Para Rasul 17:1-9; 1 Tesalonika 3:6). Walaupun ia hanya tinggal selama tiga atau empat minggu saja di sana Kisah Para Rasul 17:2), namun melalui kerja keras dan ketekunan Paulus dalam memberitakan Injil, jemaat itu berhasil didirikan.

Surat Tesalonika yang pertama ini terutama berkenaan dengan kedatangan kembali Tuhan bagi umat-Nya dan ajaran yang berkenaan dengan kedatangan Tuhan.

Paulus menerima berita dari Timotius 1 Tesalonika 3:6) mengenai keadaan jemaat di Tesalonika, yang menyebabkan dia menuliskan surat ini; dengan tujuan untuk memberi dorongan kepada mereka yang sedang mengalami aniaya 1 Tesalonika 2:14); untuk menyangkal fitnahan terhadap dirinya 1 Tesalonika 2:1-10); untuk meyakinkan mereka akan kasihnya terhadap mereka dan bersukacita atas apa yang telah disampaikan Timotius kepadanya 1 Tesalonika 2:17-20; 3:6-8); untuk menghibur mereka yang bingung karena kepergian orang-orang yang mereka kasihi, dan untuk menasihati mereka agar berjaga-jaga terhadap kedatangan Tuhan yang kedua kali 1 Tesalonika 4:13-18; 5:1-11).

Paulus mengucap syukur kepada Allah atas iman orang-orang Kristen di Tesalonika, usaha kasih, dan ketekunan pengharapan mereka kepada Tuhan Yesus Kristus 1 Tesalonika 1:1-3). Paulus menyebut mereka sebagai kemuliaan dan sukacitanya.

Komentar