Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Rayakan Epifania

Bahwa kami bisa menjadi seperti-Mu
Pada epifania besar Mu;
Dan dapat memuji-Mu, selamanya,
Allah dalam manusia menjelma. -- Wordsworth

Epifania jatuh pada tanggal 6 Januari, malam kedua belas dari dua belas hari masa perayaan Natal. Bahkan, Epifania kadang-kadang disebut Malam Kedua belas.

Manifestasi

Epifania secara harafiah berarti "manifestasi" atau "menjadi jelas." Ini adalah saat yang dipakai oleh gereja-gereja barat, untuk merayakan kedatangan orang-orang Majus, yang mengikuti pertanda yang mereka lihat sebagai bintang terang di sebelah timur. Peristiwa ini dianggap sebagai pernyataan Kristus pada dunia di luar Yahudi. Dalam lingkaran Ortodoks, hari ini juga digunakan untuk memperingati:

  1. Pembaptisan Yesus (termasuk manifestasi Allah Bapa dengan merpati yang turun di atas Putra-Nya yang dikasihi) seperti yang dicatat dalam Lukas 3:21-22.

  2. Yesus dipersembahkan di Bait Allah saat masih bayi (sebagai manifestasi kelahiran Mesias pada orang Yahudi yang diwakili oleh Simeon dan Hanna) seperti diceritakan di Lukas 2:22-38.

  3. Perubahan air menjadi anggur di pesta pernikahan di Kana (mukjizat pertama Yesus dan manifestasi kekuasaan supernatural-Nya) seperti diceritakan dalam Yohanes 2:1-12.

Epifania adalah hari yang tepat untuk mengalihkan pikiran perenungan Anda pada kehadiran Tuhan dalam kehidupan pribadi Anda.

Epifania juga merupakan hari untuk mengingat kembali hadiah atau persembahan yang dibawa orang-orang Majus pada Yesus, yang mereka anggap sebagai raja baru. Mereka mempersembahkan emas, simbol kerajaan bagi Yesus; kemenyan, dupa yang menjadi simbol keimaman Yesus; dan mur, rempah-rempah untuk membalsam, yang menjadi simbol kematian-Nya sebagai nabi yang dibunuh.

Pemberian Hadiah pada Epifania

Epifania adalah hari yang ideal untuk memberi hadiah istimewa pada seseorang yang sangat kita sayangi. Nyatakan kasih Anda. Di banyak negara Amerika Latin, hadiah tidak diberikan sampai Epifania. Mungkin Anda merasa tidak nyaman melakukan itu di keluarga Anda, tapi mungkin Anda ingin menunda membuka sebuah hadiah sampai hari Epifania. Bisa merupakan hadiah yang bersifat rohani seperti Alkitab baru, buku doa, buku nyanyian rohani, buku atau catatan harian rohani, atau perhiasan atau karya seni dengan simbol religius.

Mungkin Anda ingin menjadikan Epifania saat untuk mengingat pendeta di gereja Anda dengan sebuah hadiah. Ucapkan terima kasih karena telah menjadi "nabi, imam, dan raja" -- mereka yang memberitakan firman, berdoa bagi jemaat dan membimbing mereka, dan memunyai otoritas spiritual -- dalam kehidupan Anda dan gereja Anda.

Epifania juga saat yang tepat untuk bepergian mengunjungi seseorang yang sudah lama tidak Anda temui. Bawalah kabar kesukaan. Jadikan kehadiran Anda sebagai hadiah pada seorang teman, kerabat, atau anggota gereja Anda.

Epifania mengandung banyak aspek indah dan konkret dalam perayaannya. Jangan melewatkannya dengan mengakhiri masa Natal Anda terlalu cepat!

Diambil dari:

Judul asli buku : 52 Simple Ways to Make Christmas Special
Judul buku terjemahan : 52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Penulis : Jan Dargatz
Penerjemah : Esther S. Mandjani
Penerbit : Inter Aksara
Halaman : 127 -- 129

Komentar