Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

ARTIKEL DOA

Doa-Doa Di Atas Kayu Salib

Kedukaan salib Yesus sering begitu mendalam sehingga ketika kita merenungkannya, kita tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Kita menemukan bahwa kita berada dalam dunia yang sunyi saat Allah mengajar pikiran dan roh kita tentang nilai dari perkataan Kristus yang sedang sekarat. Karena di atas kayu salib itulah, kata-kata terakhir dari kehidupan manusia Yesus diucapkan. Seperti di setiap kata yang diucapkan oleh Yesus, ada banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Kata-kata terakhir ini berupa doa-doa. Dengan mempelajari doa-doa ini, kita bisa belajar mengenai nilai sebenarnya dari segala doa. Yesus adalah Anak Allah, tetapi Ia juga Manusia. Kenyataan bahwa kata-kata yang diucapkan-Nya saat sedang sekarat adalah doa, menunjukkan sebuah kehidupan yang berkomitmen pada doa. Ia tahu ini bukan komitmen yang mudah. Tidak ada yang bisa mengalami kehidupan doa sejati yang berarti, tanpa adanya komitmen yang mendalam. Hal ini terlihat jelas dalam doa Yesus "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku" (Lukas 23:46). Yesus menyerahkan diri-Nya untuk sebuah kehidupan doa yang baru. Setiap hari dalam kehidupan kita, Yesus berdoa untuk Anda dan saya. Kita merasa tenang mengetahui bahwa kita berada dalam doa-Nya, dalam persiapan untuk kehidupan doa yang baru ini, yang kita baca dalam Alkitab tentang Yesus yang berdoa (Lukas 11:1; Yohanes 17). Dalam Yohanes 17:20-24, Yesus berdoa untuk kita, bahkan sebelum disalib ketika Ia berdoa "... juga bagi mereka yang akan percaya kepada-Ku (Yesus), melalui pemberitaan mereka." (Yohanes 17:20)  ... selengkapnya »

Menghidupi Doa Yesus untuk Mengampuni

Lukas 23:34: Yesus berkata, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Adakah hal lain yang lebih mengejutkan dan juga lebih indah daripada doa ini?  ... selengkapnya »

Berdoa Bagi Musuh-Musuh Kita

Memilih untuk mengasihi dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kita membuat orang kafir terheran-heran, namun ini adalah gaya hidup yang untuknya kita dipanggil oleh Allah. Kita harus mengasihi semua orang, terlepas dari bagaimana mereka memperlakukan kita. Meskipun beberapa orang mungkin menjadi musuh kita, mereka adalah orang-orang yang membutuhkan hubungan yang menyelamatkan dengan Yesus dan pemahaman tentang ketuhanan-Nya dalam hidup mereka. Firman Tuhan memerintahkan kita untuk mengasihi mereka, berdoa agar mereka masuk ke dalam kerajaan-Nya! Sebelum membaca lebih jauh, pikirkan seseorang yang menurut Anda adalah musuh Anda. Mintalah anggota keluarga Anda untuk melakukan hal yang sama. Baca, pelajari, terapkan, dan doakan kebenaran firman Tuhan sehingga musuh Anda akan tertarik pada kerajaan Yesus.  ... selengkapnya »

Lima Keuntungan Berdoa bagi Musuh Anda

Lima Keuntungan Berdoa bagi Musuh Anda  ... selengkapnya »

Menengok Ke Belakang untuk Berjalan Ke Depan

Ditulis oleh: N. Risanti

Doa adalah media yang amat penting dalam kehidupan orang percaya. Hanya dengan dan di dalam doa, segenap orang percaya dapat memiliki komunikasi dan hubungan yang dekat dengan Allah. Seperti yang pernah dikatakan oleh tokoh reformis gereja, Martin Luther, "Menjadi seorang Kristen tanpa doa, adalah lebih mustahil dibanding hidup tanpa bernapas." Ya, doa adalah napas hidup bagi orang-orang percaya. Doa juga menjadi salah satu cara untuk menggapai kehendak dan kuasa Tuhan agar terjadi di dalam hidup kita. Tanpa doa, hidup akan menemui kehampaan, pelayanan akan berhenti, dan tidak ada kehendak Tuhan dinyatakan di dalam dan melalui kehidupan orang percaya.  ... selengkapnya »

Berdoa untuk Kesembuhan

I. Tuhan Tidak Selalu Berkehendak Menyembuhkan

Ya, kesembuhan ada di dalam penebusan, dalam pengertian itu, tetapi tidak pernah diajarkan dalam Alkitab bahwa Allah menginginkan orang Kristen selalu menuntut dan memiliki kesehatan yang sempurna dan kesembuhan yang sempurna dalam kehidupan ini.

Banyak kejadian di Alkitab yang menjelaskan itu.  ... selengkapnya »

Doa yang Lahir dari Iman Menyelamatkan Orang Sakit

Di dalam Alkitab ada janji penyembuhan yang indah, "Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit dan Tuhan akan membangunkan dia ...." (Yohanes 5:15) Cepat atau lambat, setiap orang akan memprihatinkan penyakitnya sendiri maupun penyakit orang yang dikasihinya, maka ayat tersebut di atas menarik perhatian kita. Untuk mengerti ayat itu, mari kita mengulas beberapa hal.  ... selengkapnya »

Doa Kontemplasi

"O, Guruku yang ilahi, ajarkan aku bahasa diam yang mengatakan banyak hal ini." Jean-Nicholas Grou  ... selengkapnya »

Doa dan Kehendak Allah

"Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!" (Roma 11:36)  ... selengkapnya »

Bagaimana Dapat Berdoa Ketika Saya Sedang Sangat Sibuk?

Salah satu tantangan terbesar dari doa, bahkan mungkin lebih besar daripada sebelumnya adalah menemukan waktu untuk berdoa. Bagaimana caranya berdoa ketika kita mengetahui bahwa doa itu penting dan ketika kita ingin memiliki saat teduh yang baik bersama Tuhan, tetapi kenyataannya diri kita sendiri terlalu sibuk.  ... selengkapnya »

Komentar


Syndicate content