Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa Untuk Memperoleh Kuasa Rohani (Efesus 3:14-21)

Ini adalah doa Paulus yang terbesar - sebuah doa untuk orang-orang Kristen di Efesus. Doa ini menunjukkan perhatian Paulus yang mendalam terhadap orang-orang yang telah dibawanya kepada Kristus. Oleh karena itu, doa ini adalah suatu doa yang baik bila dipanjatkan oleh para pendeta, utusan Injil, jemaat, dan semua orang Kristen. Tidak ada doa Paulus lain yang lebih berbobot seperti doa ini.

Doa ini juga merupakan sebuah doa yang indah untuk doa pribadi. Hanya tinggal mengubah kata gantinya menjadi doa Anda sendiri. "Aku sujud kepada Bapa, supaya Engkau, menurut kekayaan dan kemuliaan-Mu, menguatkan dan meneguhkan aku oleh Roh-Mu di dalam batinku, sehingga oleh imanku Kristus diam di dalam hatiku dan supaya aku berakar serta berdasar di dalam kasih. Aku berdoa, supaya aku bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa supaya aku dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Bagi Engkaulah yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang aku doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam aku, bagi-Mulah, Bapa, kemuliaan di dalam jemaat sampai selama-lamanya. Amin."

Baik Yesus maupun Paulus mengajar kita untuk berdoa dengan menyebut Allah sebagai "Bapa." Ia adalah Allah Bapa kita karena setiap orang percaya yang benar di dalam Yesus Kristus telah diangkat menjadi Anak Allah.

Ada lima permintaan dalam doa ini bagi orang-orang Kristen di Efesus dan bagi kita.

  1. Supaya Anda dikuatkan dan diteguhkan oleh Roh-Nya di dalam batin Anda. Roh Kudus adalah sumber kekuatan rohani kita. Yesus berkata, "Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu" (Kisah Para Rasul 1:8). Kita perlu dipenuhi dengan Roh Kudus dan kita perlu berdoa agar kuasa-Nya dan kekuatan-Nya menjadi milik kita setiap hari.

  • Supaya Kristus boleh diam di dalam hati Anda oleh iman. Itu berarti bahwa Kristus akan berada di dalam hati Anda. Apakah Yesus ada di dalam hati Anda? Supaya Kristus terus ada di dalam hati kita, maka kita perlu dibersihkan dengan darah-Nya yang kudus. Pekerjaan Roh Kudus ialah membuat Kristus nyata hidup dalam hati kita. Apakah Kristus sungguh-sungguh memiliki hati kita? Apakah Ia menguasai kehendak kita?
  • Kasih yang berakar serta kuat. Supaya orang-orang percaya dapat mengenal kasih Kristus bagi mereka dengan sungguh-sungguh. Orang-orang Kristen harus sepenuhnya memiliki dasar dalam kasih. Mereka memerlukan kasih karunia Kristen.
  • Supaya Anda dapat (menjadi kuat) memahami bersama dengan semua orang kudus (suatu persekutuan yang terbuka bagi semua orang percaya) betapa lebarnya, panjangnya, tingginya, dan mengetahui dalamnya kasih Kristus yang melampaui segala pengetahuan. Inilah kasih yang sulit dilukiskan. Paulus berdoa agar pengenalan akan kasih Kristus boleh semakin bertumbuh, meskipun kepenuhan kasih Kristus itu di luar kemampuan pikiran manusia.
  • Sasaran terakhir dari doa Paulus ialah supaya para pengikut Kristus boleh dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Paulus ingin mereka menjadi serupa dengan gambar Anak-Nya (Allah) -- gambar Kristus (Roma 8:29). Paulus memberikan petunjuk mengenai hal ini dalam 2 Korintus 3:18, "Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung! Kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya dalam kemuliaan yang semakin besar."
  • Kita perlu dikuatkan oleh Roh Kudus supaya Kristus akan tetap tinggal di dalam hati kita. Maka kita akan semakin mengenal kasih Kristus dan kita akan dipenuhi dengan kepenuhan moral yang mulia dari Kristus.

    Komentar