Jadwal Doa

Pilih Jadwal Doa:
Minggu March 15, 2020
Start: 03/15/2020 6:17 am

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengerjakan pelayanan digital untuk memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia, termasuk gereja, dengan bahan-bahan biblika dan alat-alat studi Alkitab. YLSA memiliki peran yang besar dalam pengembangan studi Alkitab di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi. Marilah kita berdoa supaya pelayanan YLSA makin menjangkau banyak orang, di berbagai daerah, untuk bisa melayani dan melakukan studi Alkitab dengan lebih baik.

Start: 03/15/2020 7:13 am

Jika seseorang terlihat mengekspresikan pandangan yang kritis terhadap "M", mereka dapat dijatuhi hukuman mati, meskipun hukum ini sebagian besar simbolis sampai sekarang. Orang-orang percaya migran harus sangat berhati-hati dengan apa yang mereka katakan di depan umum. Meninggalkan "M" adalah hal yang ilegal bagi orang lokal sehingga orang-orang beriman dari latar belakang "M" harus sering merahasiakan keyakinan mereka.

Senin March 16, 2020
Start: 03/16/2020 7:13 am

Menduduki peringkat ke-26 World Watch List (WWL) 2019, sekitar 194.000 orang percaya di Turki merupakan minoritas kecil (0,2 persen) dari total populasi sebanyak 81,9 juta jiwa yang mayoritasnya adalah "M". Sebagian besar orang percaya di Turki adalah ekspatriat, termasuk ribuan pengungsi dari Irak dan Suriah yang pergi untuk melarikan diri dari ISIS yang sudah memproklamasikan diri. Ada sekitar 5.000 dan 7.000 orang percaya dari latar belakang "M" di Turki.

Start: 03/16/2020 7:55 am

Studi Alkitab/Pendalaman Alkitab (PA) penting bagi setiap orang percaya. Namun, dalam pelaksanaannya, studi Alkitab bagi generasi muda memerlukan materi yang relevan dengan mereka. Materi belajar yang dikemas dalam beberapa media (visual, audio, atau audiovisual sekaligus) akan sangat mendukung mereka dalam belajar. Karena itu, konten-konten Kristen yang alkitabiah dalam berbagai format media perlu diperbanyak dan didistribusikan secara tepat ke gereja-gereja ataupun komunitas pelayanan remaja/pemuda.

Selasa March 17, 2020
Start: 03/17/2020 7:13 am

Merupakan keyakinan secara umum bahwa seorang Turki sejati haruslah seorang "M". Nasionalisme religius ini telah berkembang ke tingkatan yang lebih baru setelah kudeta yang gagal pada 2016. Presiden Erdogan telah menggunakan situasi ini untuk memperbesar kekuasaan dan posisinya, mulai mengubah Turki dari negara sekuler menjadi negara "M", menyisakan sedikit ruang bagi minoritas. Berdoalah bersama kami agar Tuhan menyentuh para pemimpin di Turki dan mengubah pandangan mereka tentang banyak hal, terutama tentang minoritas.

Start: 03/17/2020 8:06 am

Keberadaan asuransi kesehatan dapat menolong masyarakat ketika ada kebutuhan mendadak atau kondisi yang tidak terduga terjadi terkait masalah kesehatan mereka. Karena itu, kebutuhan akan asuransi kesehatan perlu ada dalam perencanaan anggaran keluarga. Sebagai orang percaya, kita tidak salah jika memiliki asuransi kesehatan, tetapi kita juga harus terlebih lagi memercayakan kehidupan kita kepada Kristus. Kristus adalah tempat perlindungan yang aman sepanjang hidup kita. Mari kita bersyukur atas perlindungan dan penyertaan Tuhan selama hidup kita.

Rabu March 18, 2020
Start: 03/18/2020 7:13 am

Orang-orang percaya dari latar belakang "M" sering kali menyembunyikan iman mereka. Jika mereka ditemukan, mereka akan menghadapi tekanan dari keluarga mereka karena meninggalkan "M" dipandang sebagai pengkhianatan terhadap identitas Turki mereka dan sumber rasa malu bagi keluarga. Mereka mungkin diancam akan diceraikan dan kehilangan hak waris. Meski orang percaya baru dapat secara legal mengubah afiliasi keagamaan mereka pada KTP mereka, itu bisa menjadi proses yang sulit dan menegangkan.

Start: 03/18/2020 8:10 am

Para pelayan Tuhan perlu diperlengkapi dengan bahan-bahan untuk bisa melayani dengan lebih baik. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menyediakan kumpulan bahan berkualitas dan alkitabiah dalam berbagai bidang pelayanan untuk menunjang hal ini. Bahan-bahan tersebut tersedia dalam bidang misi, pemuridan, pelayanan remaja, pelayanan wanita, pelayanan anak, konseling, penulis, dan bidang-bidang lainnya. Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kebaikan-Nya sehingga YLSA dapat bermitra dengan yayasan-yayasan Kristen yang lainnya sehingga dapat menyediakan bahan-bahan ini.

Kamis March 19, 2020
Start: 03/19/2020 7:13 am

Di peringkat ke-27 World Watch List (WWL) 2019, terdapat sekitar 97,2 juta orang percaya di Tiongkok, tetapi itu hanya membentuk kurang dari 7 persen dari total populasi sebanyak 1,4 miliar jiwa. Berdoalah bersama kami agar Tuhan membuka jalan bagi penambahan dan pertumbuhan kuantitas dan kualitas orang percaya di negara yang masih menganut sistem komunis ini.

Start: 03/19/2020 8:12 am

Menanggapi panggilan Tuhan melalui pelayanan bermisi, tentu merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Apalagi jika wilayah misi yang akan dilayani adalah wilayah dengan mayoritas penduduk yang belum mengenal Kristus atau dengan terang-terangan menentang Injil. Karena itu, sebagai anggota tubuh Kristus, kita harus mendukung pelayanan para misionaris, baik melalui doa maupun cara-cara lain yang bisa kita berikan. Berdoalah supaya para misionaris, baik dari Indonesia maupun luar negeri, bisa tetap setia menjalankan panggilannya.

Jumat March 20, 2020
Start: 03/20/2020 7:45 am

Tujuan Partai Komunis Tiongkok (PKT) adalah untuk mempertahankan kekuatannya melalui persatuan nasional -- termasuk kontrol atas semua agama. Sejak Partai Komunis mengambil alih implementasi peraturan tentang agama, perlakuan terhadap kelompok-kelompok agama menjadi lebih keras. Orang-orang percaya adalah fokus khusus karena mereka adalah kekuatan sosial terbesar di Cina yang tidak dikendalikan oleh negara.

Start: 03/20/2020 8:13 am

Indonesia belum bisa sepenuhnya mengentaskan anak jalanan. Hal ini bisa dilihat dari data hingga 2018, masih ada 12.000 anak Indonesia masuk kategori anak jalanan. Keprihatinan akan kebutuhan primer anak-anak ini, seperti pendidikan, tempat tinggal, sandang, dan kesehatan, menjadi perhatian khusus bagi pihak-pihak yang peduli dengan mereka. Karena itu, dengan adanya gerakan orang tua asuh menjadi salah satu solusi yang sangat berguna untuk mengatasi kondisi ini.

Sabtu March 21, 2020
Start: 03/21/2020 7:45 am

Gereja selalu dipantau, dan beberapa telah diserang oleh pasukan keamanan atau ditutup. Para pemimpin gereja ditahan. Anak-anak di bawah 18 tahun dilarang menghadiri gereja. Agama dilarang dari ruang publik, dan para guru dan staf medis telah ditekan untuk menandatangani dokumen yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki keyakinan agama.

Start: 03/21/2020 8:16 am

Tunawisma adalah orang yang tidak mempunyai tempat tinggal. Kebanyakan dari mereka tinggal di bawah kolong jembatan, pinggir jalan, dan berbagai fasilitas umum lainnya. Dalam menjalani hidup, mereka mengalami banyak kesulitan karena memang tidak memiliki penghasilan tetap, sedangkan kebutuhan hidup sehari-hari harus selalu dipenuhi. Sebagai orang percaya, mari kita minta kepada Tuhan Yesus hati yang berbelas kasih sehingga kita dapat menolong mereka.

Minggu March 22, 2020
Start: 03/22/2020 7:45 am

Di posisi ke-28 World Watch List (WWL) 2019, terdapat sekitar 64 juta orang percaya yang membentuk hampir 60 persen dari total populasi Etiopia sebanyak 107,5 juta jiwa dan sisanya adalah "M". Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambahkan jumlah orang percaya sehingga negara ini bisa menjadi kesaksian di Benua Afrika.

Start: 03/22/2020 8:17 am

Hari air sedunia diperingati untuk menyadarkan dan meningkatkan perhatian atas pentingnya air bagi sumber kehidupan seluruh makhluk hidup. Berdasarkan data dari UNWater, penggunaan air meningkat satu persen setiap tahunnya sejak 1980-an. Hal ini didasari oleh meningkatnya populasi dan perubahan pola sosial ekonomi masyarakat yang berdampak pada perubahan pola konsumsi. Marilah berdoa kepada Tuhan Yesus supaya persediaan air bersih dapat dinikmati secara merata oleh semua orang.

Senin March 23, 2020
Start: 03/23/2020 7:45 am

Orang-orang percaya di Etiopia menghadapi penganiayaan dari "M" radikal, pemerintah, dan ironisnya, bahkan dari satu sama lain. Denominasi terbesar menganggap dirinya satu-satunya denominasi benar, dan mereka yang pindah ke denominasi lain akan dikucilkan atau dipukuli secara sosial. Ekstremisme "M" telah menyebar ke bagian-bagian Etiopia dari Somalia, dan di daerah pedesaan tempat orang-orang percaya adalah minoritas, mereka mungkin tidak diberi akses ke sumber daya komunal, bahkan diserang dengan kekerasan.

Start: 03/23/2020 8:18 am

Menurut hasil survei Radio Republik Indonesia (RRI) bersama lembaga survei Indo
Barometer seperti yang dikutip dari Kompas.com, tingkat kekhawatiran masyarakat
terhadap wabah virus corona atau COVID-19 mencapai 68 persen. Kekhawatiran
publik ini terbagi menjadi dua, yaitu 21,3 % sangat takut dan 46,7 % cukup
khawatir. Sebagai orang percaya, marilah kita merespons kondisi ini dengan
bijaksana. Marilah kita berdoa supaya setiap orang percaya dapat menggunakan
kesempatan ini untuk melayani sesama dengan lebih baik, dengan saling

Selasa March 24, 2020
Start: 03/24/2020 7:25 am

Semua orang percaya menghadapi batasan tertentu dari pemerintah. Misalnya, mendirikan layanan penyiaran agama dan mengajar tentang agama di sekolah telah dilarang. Penganiayaan yang dihadapi oleh orang-orang percaya di Etiopia sering bergantung pada tempat tinggal mereka.

Start: 03/24/2020 8:18 am

Anak-anak perlu diperkenalkan dengan persekutuan doa sejak usia dini sebagai bekal kehidupan doa dan hidup berdampingan dengan saudara-saudari seiman. Dalam persekutuan doa, anak-anak diajarkan untuk bersekutu, serta belajar memuji dan menyembah Tuhan dalam doa. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya anak-anak aktif mengikuti persekutuan doa anak-anak. Kiranya melalui persekutuan doa ini, anak-anak makin berakar, bertumbuh, dan berbuah dalam Tuhan.

Rabu March 25, 2020
Start: 03/25/2020 7:25 am

Di posisi ke-29 World Watch List (WWL) 2019, ada sekitar 61.700 orang percaya di Tajikistan, yang merupakan 0,7 persen dari total populasi sebanyak 9,1 juta jiwa. Kebanyakan dari mereka memiliki latar belakang Rusia, hanya sedikit orang percaya asli Tajik. Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambahkan jumlah orang percaya di Tajikistan secara ajaib.

Start: 03/25/2020 8:18 am

Sampai dengan bulan ini, kasus demam berdarah dengue (DBD) sudah mencapai 265 kasus di Jakarta Timur, terhitung sejak awal tahun 2020 hingga 10 Maret 2020. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kasus DBD pada tahun ini bisa dikatakan menurun. Meski menurun, kita tetap harus waspada karena di beberapa wilayah di Jakarta, kasus DBD mengalami lonjakan. Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu ada beberapa daerah yang terendam banjir sehingga menimbulkan tempat berkembang biak nyamuk penular DBD.

Kamis March 26, 2020
Start: 03/26/2020 7:25 am

"M" Sunni adalah agama resmi Tajikistan, dan "M" dipandang sebagai bagian dari identitas Tajik. Meninggalkan "M" dipandang sebagai pengkhianatan. Gereja-gereja Protestan dipandang sebagai sekte luar yang bertujuan untuk merusak sistem politik saat ini. Semua kegiatan orang percaya dipantau oleh pemerintah.

Start: 03/26/2020 8:18 am

Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas pemeliharaan-Nya bagi kelangsungan pelayanan Tuhan, baik yang dijalankan melalui yayasan atau organisasi Kristen, melalui donatur-donatur yang Dia kirimkan. Dukungan dari para donatur ini sangat menolong bagian operasional dalam pekerjaan Tuhan sehingga pelayanan dapat tetap dilakukan dengan lancar. Mari berdoa untuk setiap donatur Kristen yang selama ini sudah mempersembahkan sebagian miliknya untuk pekerjaan Tuhan. Kiranya Tuhan Yesus senantiasa menyertai dan mencukupkan setiap kebutuhan mereka.

Jumat March 27, 2020
Start: 03/27/2020 7:25 am

Semua orang percaya, terutama mereka yang berasal dari latar belakang "M", menghadapi pengawasan yang konstan. Menjadi orang Tajik berarti menjadi "M" sehingga menjadi seorang percaya akan membawa rasa malu pada keluarga. Sejumlah kecil orang percaya dari latar belakang "M" sering menyembunyikan iman mereka karena takut akan hukuman. Kelompok-kelompok gereja harus terdaftar dan khotbah harus disetujui. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun dilarang ikut serta dalam kegiatan keagamaan.

Start: 03/27/2020 8:18 am

Program televisi di Indonesia menyajikan berbagai acara, mulai dari berita, pendidikan, film, musik, sampai hiburan. Namun, tidak dimungkiri bahwa acara televisi cenderung lebih banyak menampilkan acara hiburan. Sementara untuk program pendidikan, tidaklah terlalu banyak. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya Ia memberi hikmat kepada orang-orang percaya yang bekerja di pertelevisian untuk memunculkan ide-ide segar terkait acara-acara yang bisa meningkatkan pengetahuan dan pendidikan.

Sabtu March 28, 2020
Start: 03/28/2020 7:25 am

Negara tercinta kita ini menduduki peringkat ke-30 di World Watch List (WWL) 2019 dengan 32,4 juta orang percaya yang membentuk 12,1 persen dari total populasi sebanyak 266,8 juta jiwa. Mayoritas populasi adalah "M". Berdoalah bersama kami agar Tuhan membuka jalan bagi penginjilan serta memberikan kekuatan untuk meneguhkan orang percaya lainnya yang mengalami penganiayaan.

Start: 03/28/2020 8:18 am

Sebagai anak Tuhan, kita memiliki kewajiban untuk menghormati dan menaati orang tua. Kristus sendiri sudah menjadi teladan bagi kita dalam ketaatan-Nya kepada Bapa. Karena itu, marilah kita sebagai anak-anak Tuhan senantiasa menghormati orang tua, apa pun keadaan mereka. Marilah kita bersyukur atas keberadaan orang tua kita yang telah mendidik dan membimbing hidup kita selama ini.

Minggu March 29, 2020
Start: 03/29/2020 7:25 am

Meskipun konstitusi Indonesia mempromosikan kebebasan beragama, kelompok-kelompok ekstremis "M" menjadi lebih berpengaruh dalam mendorong terbentuknya negara berbasis "M". Beberapa daerah di Indonesia sudah beroperasi di bawah hukum "M", yang menimbulkan ancaman bagi orang percaya dan minoritas lainnya.

Start: 03/29/2020 8:18 am

Dengan berkembangnya teknologi, para orang tua atau lansia tidak perlu khawatir lagi dalam mengakses Alkitab. Saat ini, sudah ada Alkitab dalam bentuk audio yang akan sangat menolong mereka untuk memahami firman Tuhan. Yayasan Lembaga SABDA turut ambil bagian dalam menyediakan Alkitab audio ini dengan menyediakannya di situs SABDA audio. Marilah kita bersyukur atas kemajuan teknologi yang sudah Tuhan sediakan sehingga dapat mempermudah banyak orang mengakses firman Tuhan.

Senin March 30, 2020
Start: 03/30/2020 3:01 am

Seiring perkembangan teknologi digital, pertumbuhan rohani anak-anak bisa ditunjang dengan alat-alat belajar Alkitab digital. Salah satunya melalui aplikasi Alkitab bergambar. Alkitab yang disajikan dengan gambar-gambar akan menarik minat anak-anak untuk belajar Alkitab, apalagi jika mereka didampingi oleh orang tua atau guru sekolah minggu dalam melakukan studi Alkitab. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya melalui aplikasi Alkitab ini, banyak anak makin mengenal firman Tuhan.

Start: 03/30/2020 7:25 am

Orang-orang percaya dari latar belakang "M" sering menghadapi penganiayaan dari keluarga dan komunitas mereka dan berada di bawah tekanan untuk melepaskan keyakinan mereka. Gereja sulit dibangun; bahkan, jika sidang berhasil memenuhi semua persyaratan hukum pun, otoritas setempat masih dapat menolak izin mereka. Anak-anak orang percaya sering menghadapi pelecehan verbal -- mereka disebut kafir dan kadang-kadang dibuat untuk duduk di belakang di kelas.

Selasa March 31, 2020
Start: 03/31/2020 3:01 am

Dalam mengatasi wabah virus corona, pemerintah telah menyiapkan dua jenis obat yang diyakini dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Kedua jenis obat tersebut adalah Avigan dan Klorokuin. Salah satu dari obat ini, yaitu Klorokuin, tergolong dalam obat keras dan penggunaannya harus dengan resep dokter. Karena itu, marilah kita berdoa supaya pemerintah bersama dengan pihak-pihak kesehatan dapat mendistribusikannya secara tepat sehingga hanya pasien yang benar-benar membutuhkannya yang dapat memperolehnya.

Start: 03/31/2020 7:25 am

Di peringkat ke-31 World Watch List (WWL) 2019, ada sekitar 130.000 orang Kristen yang tinggal di Yordania, hanya sekitar 1 persen dari total populasi sebanyak 9,9 juta jiwa. Kebanyakan orang percaya di Yordania termasuk dalam denominasi Ortodoks atau Katolik Roma. Sisanya adalah "M". Berdoalah bersama kami agar Tuhan membukakan jalan untuk penginjilan dan menguatkan para orang percaya di negara ini.

Start: 03/31/2020 7:16 pm

Masyarakat Yordania merupakan masyarakat dengan kebudayaan yang sangat "M" dan oleh karena itu, orang-orang percaya dari latar belakang "M" menghadapi penganiayaan terburuk. Meninggalkan "M" dipandang sebagai sumber rasa malu bagi keluarga dan komunitas sehingga bisa dianiaya secara ekonomi atau sosial, bahkan dibunuh.

Rabu April 01, 2020
Start: 04/01/2020 3:01 am

Selama masa pandemi virus corona, pemerintah dan tenaga medis bekerja keras untuk menolong masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang sudah positif terkena virus corona dan yang terduga telah terjangkit ("suspect" corona). Untuk itu, marilah kita berdoa supaya Tuhan melindungi pemerintah dan tenaga medis dalam melakukan tugas-tugas mereka. Berdoa pula bagi masyarakat Indonesia, khususnya orang-orang percaya, supaya giat mendukung pemerintah dan tenaga medis dengan menaati setiap perintah/anjuran dari pemerintah.

Start: 04/01/2020 7:16 pm

Orang-orang percaya dari latar belakang "M" sering kali merahasiakan iman mereka dan mengadakan pertemuan di gereja-gereja bawah tanah. Namun, gereja-gereja ini sering diawasi oleh pemerintah. Jika ditemukan, mereka akan menghadapi tekanan dari keluarga dan komunitas mereka -- mereka mungkin secara fisik diserang, ditangkap, atau kehilangan hak asuh untuk anak-anak mereka. Konversi dari "M" tidak diakui secara resmi. Namun, sejumlah kecil orang percaya dari latar belakang "M" terus bertambah.

Kamis April 02, 2020
Start: 04/02/2020 3:01 am

Adanya wabah virus corona juga berdampak besar bagi kehidupan masyarakat kecil. Adanya imbauan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah juga menjadi salah satu kesulitan yang harus mereka jalani. Banyak orang yang ranah kerjanya berada di luar rumah, seperti berjualan, berpotensi besar merasakan dampak kurang baik bagi pendapatan dan perekonomian mereka. Karena itu, marilah kita berdoa supaya Tuhan Yesus memberikan jalan keluar bagi masyarakat kecil yang saat ini mengalami kesulitan bekerja dan dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Start: 04/02/2020 7:00 pm

Di peringkat ke-32 World Watch List (WWL) 2019, terdapat Nepal yang dipimpin oleh kepala negara perempuan pertama dan presiden terpilih kedua sejak Nepal menyatakan diri sebagai republik pada 2008. Namun, secara umum, perempuan di Nepal memiliki sedikit paparan pendidikan dan masyarakat luas.

Berdoalah agar Tuhan menyatakan kehendak-Nya untuk perempuan Nepal melalui kesempatan yang langka ini sehingga Nepal boleh dijamah dan diubahkan.

Jumat April 03, 2020
Start: 04/03/2020 3:01 am

Pada masa-masa sulit ini, terutama ketika aktivitas kita dibatasi untuk tidak sering-sering keluar rumah, kesempatan kita untuk bersekutu dan melakukan studi Alkitab secara tatap muka pasti berkurang. Karena itu, akan menjadi kesempatan yang sangat baik apabila kita bisa melakukan studi Alkitab secara daring, baik melalui media sosial, situs, maupun aplikasi "chatting". Marilah kita berdoa untuk masyarakat Kristen Indonesia supaya memanfaatkan sarana-sarana studi Alkitab secara daring untuk belajar Alkitab bersama.

Start: 04/03/2020 3:37 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 3 April 2020 | pkl. 16.00
Start: 04/03/2020 7:16 pm

Sebanyak 1,2 juta orang percaya tinggal di Nepal dan membentuk hanya lebih dari 4 persen dari total populasi sebanyak 29,6 juta jiwa. Namun, jumlah mereka tumbuh dengan cepat. Sebagian besar penganiayaan datang dari ekstremis "H" yang ingin agar Nepal menjadi negara "H" lagi. Meninggalkan "H" dianggap tidak dapat diterima dan merupakan pelanggaran atas identitas adat mereka.

Sabtu April 04, 2020
Start: 04/04/2020 3:22 am

Salah satu dampak dari adanya wabah virus corona adalah masyarakat Indonesia harus belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Hal ini dilakukan supaya penyebaran virus corona bisa diperlambat dan tidak semakin meluas. Selain bekerja, banyak orang juga mulai membatasi diri untuk keluar rumah. Marilah kita berdoa untuk masyarakat Kristen Indonesia supaya dapat menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin sehingga dapat mendukung usaha pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus corona.

Start: 04/04/2020 7:16 pm

Orang-orang percaya dari latar belakang "H" dan orang-orang percaya yang secara aktif membagikan iman mereka menghadapi penganiayaan terbesar. Mereka menghadapi tekanan dari keluarga, komunitas, pemerintah setempat, dan pendeta-pendeta "H". Perempuan dan anak-anak perempuan sering mengalami kekerasan fisik oleh keluarga mereka dan dapat menjadi orang buangan sosial.

Minggu April 05, 2020
Start: 04/05/2020 3:22 am

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Iman orang Kristen sering kali diperhadapkan pada tradisi dan budaya, sehingga orang Kristen mau tidak mau juga mengikuti tradisi dan budaya yang sudah ada.

Senin April 06, 2020
Start: 04/06/2020 7:16 am

Di peringkat ke-33 World Watch List (WWL) 2019, terdapat Bhutan dengan 30.000 orang Kristen. Mereka hanya 3,7 persen dari total populasi sebanyak 817.000 jiwa.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan menambahkan jumlah orang percaya dengan cara yang ajaib.

Start: 04/06/2020 8:27 am

Pilkada 2020 yang seharusnya serentak diadakan pada September 2020 akan ditunda pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan kondisi Indonesia masih tidak kondusif karena adanya wabah virus corona. Keputusan penundaan ini disepakati oleh Komisi II DPR bersama pemerintah yang diwakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Mari kita doakan supaya keputusan ini dapat diterima dengan baik oleh semua masyarakat. Kiranya Tuhan Yesus menolong pemerintah Indonesia dalam mengatur segala sesuatunya terkait proses penundaan ini dan rencana untuk pilkada serentak berikutnya.

Selasa April 07, 2020
Start: 04/07/2020 7:16 am

Pemerintah Bhutan menjunjung tinggi agama "B" sebagai agama dan warisan nasionalnya, yang berarti tidak ada ruang bagi unsur-unsur "asing" seperti kekristenan. Kepercayaan kesukuan juga sangat kuat di beberapa wilayah Bhutan sehingga menyulitkan orang yang masuk kepada iman Kristen dengan meninggalkan kepercayaan lama mereka.

Start: 04/07/2020 8:27 am

Masa pandemi COVID-19 ini memang tidak mudah dijalani. Banyak orang mengalami kepanikan, ketakutan, kecemasan, dan kesedihan. Kita, sebagai orang percaya, jangan hilang pengharapan. Kristus sudah mati dan bangkit mengalahkan maut, mengalahkan segala penyakit, dan memberi pengharapan akan hidup yang kekal. Marilah kita berdoa bagi semua orang percaya supaya tetap teguh beriman kepada Kristus dan tidak putus asa pada masa sulit ini. Berdoalah supaya orang percaya makin giat melayani sesama dengan berbagi kasih, pengharapan, dan Injil-Nya.

Rabu April 08, 2020
Start: 04/08/2020 7:16 am

Semua warga negara Bhutan diharapkan untuk mengikut agama "B". Kekristenan dipandang sebagai "elemen asing" dan orang-orang percaya dari latar belakang "B" diawasi dengan ketat. Otoritas setempat sering menyangkal pengajuan sertifikat orang percaya atau mempersulit mereka untuk memperolehnya. Padahal, ini diperlukan untuk mengajukan pinjaman atau melamar pekerjaan, mendaftarkan properti atau memperbarui kartu identitas.

Start: 04/08/2020 8:27 am

Taat pada imbauan pemerintah untuk menjalani #belajardirumah, #bekerjadirumah, dan #ibadahdirumah menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia, khususnya para pekerja. Sebab, tidak semua pekerja bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah. Tentunya hal ini juga berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat. Mari kita doakan supaya pekerja yang sudah mulai bekerja di rumah dapat bekerja dengan baik dan disiplin. Berdoalah bagi pekerja yang tidak bisa bekerja dari rumah, kiranya mereka tidak putus asa, selalu berdoa, berharap, dan berusaha.

Kamis April 09, 2020
Start: 04/09/2020 7:53 am

Menduduki peringkat ke-34 World Watch List (WWL) 2019, sebanyak 4,6 juta orang percaya tinggal di Kazakhstan, membentuk hampir seperempat dari total populasi sebanyak 18,4 juta jiwa. Sebagian besar orang percaya di sana berasal dari latar belakang Rusia, tetapi sebanyak 15.000 "M" asli Kazakhstan telah menjadi orang percaya dalam 30 tahun terakhir.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan terus menambahkan jumlah orang percaya dari hari ke hari.

Start: 04/09/2020 8:27 am

World Health Organization (WHO) berharap seluruh negara di dunia dapat bekerja sama untuk mengatasi pandemi virus corona. Selain hal-hal terkait medis, strategi penanggulangan, sampai ilmu-ilmu untuk merumuskan penanganan terhadap virus ini, diperlukan juga memerlukan kerendahan hati dan kepedulian antarwarga, bahkan antarnegara. Karena itu, marilah kita berdoa bagi negara-negara di dunia supaya dapat bekerja sama dalam menangani wabah ini sehingga dapat berkurang.

Start: 04/09/2020 3:37 pm
Situasi COVID-19 di Indonesia per 8 April 2020 | pkl. 15.40 Sumber: www.covid19.go.id
Jumat April 10, 2020
Start: 04/10/2020 7:53 am

Pemerintah Kazakhstan terus bekerja untuk meningkatkan kontrolnya atas seluruh masyarakat, dan tidak ada kegiatan keagamaan di luar lembaga yang dikendalikan dan dikontrol negara yang diizinkan. Anggota gereja-gereja Protestan menjadi sasaran khusus karena mereka dianggap sebagai pengaruh asing yang bertujuan untuk menghancurkan sistem politik saat ini sehingga perlu dikontrol dengan ketat.

Start: 04/10/2020 8:27 am

Kebutuhan akan terjemahan Alkitab versi bahasa-bahasa suku masih belum selaras dengan ketersediaan para penerjemah yang tidak begitu banyak. Hanya sekadar tahu dan memakai bahasa tertentu tidak menjamin seseorang bisa benar-benar menguasai bahasa tersebut. Dalam hal ini, banyak orang kurang memenuhi syarat untuk bisa menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa mereka. Doakan agar semakin banyak orang dapat benar-benar menguasai bahasa suku/ibu masing-masing sehingga akan semakin terbuka kesempatan untuk Alkitab bisa diterjemahkan ke dalam bahasa mereka.

Sabtu April 11, 2020
Start: 04/11/2020 7:53 am

Gereja dipantau oleh negara. Diperlukan 50 tanda tangan warga negara untuk mendaftarkan sebuah gereja, dan gereja-gereja yang tidak terdaftar dianggap ilegal. Gereja-gereja yang tidak terdaftar sering digerebek dan didenda.

Start: 04/11/2020 8:27 am

Alkitab adalah standar utama bagi orang percaya untuk dapat mengenal Allah. Akitab sangat menolong untuk pertumbuhan iman orang percaya. Marilah kita berdoa agar masyarakat semakin dipermudah untuk mengakses Alkitab secara gratis, baik dalam bahasa suku, bahasa Indonesia, maupun bahasa asing. Berdoalah juga semua orang percaya di Indonesia dapat menikmati Alkitab buku ataupun Alkitab digital dengan maksimal untuk pertumbuhan rohani mereka.

Minggu April 12, 2020
Start: 04/12/2020 7:53 am

Di peringkat ke-35, terdapat 31.400 orang percaya tinggal di Maroko -- minoritas kecil di sebuah negara dengan total populasi sebanyak 36,2 juta jiwa. Umat Kristen hanya 0,1 persen dari populasi.

Hampir semua dari mereka adalah ekspatriat. Kami memperkirakan hanya ada beberapa ribu orang percaya asli di negara itu, tetapi mereka sering merahasiakan iman mereka sehingga sulit untuk mengetahui dengan pasti.

Start: 04/12/2020 8:27 am

Di tengah pandemi virus corona, muncul stigma sosial (asosiasi negatif) terhadap seseorang atau sekelompok orang yang mengalami gejala atau menderita penyakit COVID-19. Fenomena ini dapat memperparah situasi yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Sebab, dengan adanya perlakuan yang berbeda terhadap orang terasosiasi dengan sebuah penyakit, dapat berdampak buruk bagi kehidupan mereka. Marilah kita berdoa supaya masyarakat bisa bijaksana dalam menyikapi kondisi sulit saat ini.

Senin April 13, 2020
Start: 04/13/2020 3:10 am

Minggu kemarin, kita sudah memperingati rangkaian perayaan Paskah di gereja masing-masing. Meskipun kita melakukannya secara online, karena masih dalam pandemi COVID-19, tentu kita berharap semua jemaat Tuhan dapat menangkap esensi dari pengorbanan dan kebangkitan Kristus bagi hidup kita. Marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merefleksikan karya agung Allah ini agar hidup kita semakin hari bisa semakin seturut dengan kehendak-Nya. Kiranya kematian dan kebangkitan Kristus makin membuat kita bersemangat dalam mengikut dan melayani Dia.

Start: 04/13/2020 7:53 am

Orang Maroko diharapkan setia kepada "M", raja, dan negara. Jika seorang "M" memutuskan untuk mengikut Yesus, itu dipandang sebagai sumber rasa malu bagi keluarga dan komunitas mereka. Orang-orang percaya dituduh tidak loyal kepada raja.

Berdoalah bersama kami agar Tuhan membuat transformasi di negara tersebut agar para orang percaya dapat hidup dengan damai.

Selasa April 14, 2020
Start: 04/14/2020 3:19 am

Demi kebaikan bersama, orang-orang yang diduga dan terpapar virus Corona (ODP atau PDP) memang harus menjalani karantina atau isolasi. Hal ini dilakukan supaya mereka tidak menyebarluaskan virus ini kepada orang-orang yang dijumpai. Tentu masa karantina/isolasi ini sangat tidak menyenangkan, tetapi ini dilakukan demi kelangsungan hidup sesama. Marilah kita berdoa supaya Tuhan Yesus memberi kekuatan, penghiburan, dan kesembuhan kepada orang-orang yang terpapar virus Corona. Kiranya makin hari keadaan mereka semakin membaik dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Start: 04/14/2020 7:01 am

Gereja-gereja ekspatriat dipantau untuk memastikan penduduk lokal tidak menghadiri kebaktian. Membagikan Injil kepada orang "M" itu ilegal, dan orang asing bisa dideportasi setelah dituduh melakukan hal ini.

Start: 04/14/2020 7:53 am

ALKITAB SUKU BATAK KARO

Statistik

Populasi: 965.000
Kristen: 70,00%
Islam: 25%
Pamena: 5%

Komentar


Syndicate content