Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Rumania: Orang-Orang Kristen Timisoara

Ketika pujangga Rumania Constantin Ioanid menulis puisinya yang berjudul, "God Exists" (Tuhan Ada), dia tidak tahu betapa pentingnya kata-katanya itu dalam sejarah Rumania.

Pada suatu malam tahun 1989, orang-orang Kristen melakukan protes di kota Timisoara. Seorang uskup yang adalah seorang boneka komunis telah memecat Pendeta Tokes yang hidupnya sudah diperbarui karena kesetiaannya dalam memberitakan Firman Tuhan.

Pada hari ketika Pendeta Tokes harus meninggalkan gereja dan rumahnya, orang-orang Kristen berkumpul mengitari rumahnya untuk mencegah polisi melakukan pengusiran. Dalam sekejap massa telah berkumpul, dan tentara dipanggil untuk menghentikan mereka.

Para tentara mulai menembak, dan banyak orang mati ataupun terluka. Lalu terjadi suatu keajaiban. Seluruh orang banyak itu, bukannya melawan para tentara itu, melainkan mereka berlutut dan berdoa. Para tentara terkejut dan menolak untuk menembak mereka.

Sementara itu, seisi kota telah berkumpul, dan seorang pendeta berbicara kepada orang banyak dari atas balkon gedung opera. Dia membacakan puisi Ioanid, dan semua orang mulai berteriak, "Tuhan Ada! Tuhan Ada!" Selebaran berisi teks puisi Ioanid dibagikan, dan mereka yang tahu bagaimana menyanyikannya mulai menyanyi. Sesaat kemudian ribuan orang menyanyikannya berulang-ulang.

Lagu ini merupakan awal revolusi Rumania yang mengantarkan kejatuhan diktator komunis, Nicolai Ceaucescu.

Revolusi adalah suatu kebangkitan baru dari suatu kepercayaan pada pemikiran lama -- baik itu tentang kebebasan, harga diri, maupun keberadaan Allah. Prinsip-prinsip yang nyata ini tetap tidak beruhah selama siklus penindasan. Meskipun prinsip-prinsip ini "terkubur" selama masa tertentu, keberadaannya tidak dapat dibantah. Revolusi spiritual membangkitkan kepercayan pada keberadaan Allah -- meskipun Allah sendiri tidak pernah mati. Revolusi ini berawal dengan pernyataan Allah tentang kebenaran. Kita semua memerlukan keberanian untuk membangkitkan iman kita pada proposisi yang mengubah hidup, yang penuh kuasa dan yang sangat mendasar, yaitu bahwa Allah ada. Kita adalah bagian dari suatu revolusi saat kita bergabung dengan orang-orang Kristen lainnya, yang mulai hidup seperti yang mereka dulu percayai. Seperti apakah revolusi spiritual dalam hidupmu?

Diambil dari:

Judul buku : Jesus Freaks
Penyusun : Toby McKeehan dan Mark Heimermann
Penerbit : Cipta Olah Pustaka, 1995
Halaman : 81

Komentar