Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Sebuah Doa untuk Kesatuan

Bacaan: Yohanes 17:20-26

"Aku berdoa, ... supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku." (Yohanes 17:20-21)

Salah satu hal yang paling indah yang Yesus lakukan untuk umat-Nya adalah berdoa bagi mereka.

Yesus berdoa kepada Allah Bapa atas nama pengikut-Nya. Yesus berdoa bagi kesatuan dalam gereja. Kristus ingin agar pengikut-Nya menjadi satu, untuk mengalami kesatuan yang sama, antara satu dengan yang lain, sebagaimana yang Ia alami bersama Bapa-Nya.

Kesatuan semacam itu akan memperkuat tubuh Kristus dan membuatnya lebih indah. Akan tetapi, Kristus berdoa dengan tujuan yang lebih dari sekadar kesatuan persekutuan manusia. Yesus ingin agar kita ditarik ke dalam persatuan yang erat dengan diri-Nya dan Bapa. Adalah di luar pemahaman kita sebagai manusia untuk membayangkan berada dalam persatuan dengan Kristus. Namun, kuasa dan kasih karunia Yesus membentuk kesatuan semacam itu di antara Allah dan umat-Nya.

Persatuan ini menguntungkan semua orang yang berada di dalamnya, dan merupakan kesaksian kepada dunia. Yesus berdoa agar gereja akan memiliki kesatuan yang lengkap sehingga orang yang belum menjadi pengikut-Nya akan tahu bahwa Allah mengasihi mereka dan bahwa Kristus datang untuk menebus mereka.

Sayangnya, bahkan pengamat umum sekalipun dapat melihat bahwa gereja Kristen sering terpecah dan menjadi rusak. Pengikut Kristus sering kali tidak mampu atau tidak mau hidup dalam persatuan dengan yang lain dan bersama Yesus.

Semoga, kita semua yang menjadi pengikut Yesus melakukan segala sesuatunya dalam kekuatan kita untuk membawa kesatuan kepada gereja yang terpecah oleh dosa.

Doa:

Yesus, kami berdoa agar dalam kekuasaan dan kasih karunia, kami dapat mengalami persatuan lengkap dengan-Mu dan gereja-Mu sehingga semua menjadi tahu bahwa Engkau adalah Juru Selamat dunia. Amin.
(t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Reframe Media
Alamat URL : http://today.reframemedia.com/archives/a-prayer-for-unity-2007-06-11
Judul asli artikel : A Prayer for Unity
Penulis artikel : Jerry Dykstra
Tanggal akses : 10 Oktober 2014

Komentar