Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

RENUNGAN

Kisah Cinta Paling Mengagumkan

Karl Barth, teolog Swiss kontemporer, yang terkenal meskipun kontroversial, merupakan seorang pemikir besar, penulis yang produktif, dan seorang guru besar di beberapa universitas di Eropa.  ... selengkapnya »

Ketika Hidup Terasa Tidak Adil

"Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik." (Mazmur 73:3, TB)

Cinta Pesona atau Cinta Dewasa?

Sepasang insan muda saling mencintai. Cinta mereka seperti orang mabuk kepayang. Di rumah maupun di jalan, pagi maupun petang, si dia terus terbayang.

Sepasang suami istri yang sudah beberapa puluh tahun menikah pun saling mencintai. Namun, apakah suami istri ini mabuk cinta seperti muda-mudi tadi? Jelas tidak.

Cinta dapat dibedakan menjadi dua macam. Pada contoh muda-mudi itu, cinta masih merupakan cinta pesona. Pada taraf ini, cinta terutama bersifat emosional dan naluriah.  ... selengkapnya »

Allah Gunung dan Jalanan

Bacaan: Mazmur 121

Tuhan akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Mazmur 121 adalah kesukaan ayah saya. Orang Skotlandia menyebutnya "Mazmur orang yang bepergian". Ketika seorang anggota keluarga, tamu, atau teman akan menempuh suatu perjalanan, Mazmur ini dibacakan, atau lebih seringnya dinyanyikan pada waktu doa keluarga. Saat ayah saya remaja, ia meninggalkan Eropa sendirian untuk pergi ke Amerika Serikat, dan diantar pergi dengan Mazmur ini.  ... selengkapnya »

Harapan pada Hari Natal

Pada malam kelahiran Yesus, sinar terang sebuah bintang mengumumkan kelahiran-Nya. Itulah pengumuman yang diharapkan dan didoakan banyak orang, meski banyak juga yang tidak memedulikannya.

Mungkin mereka seperti saya -- harapan-harapan mereka lebih mirip impian, dan doa-doa mereka sekadar keinginan. Mungkin mereka sedang mencari sebuah bintang yang akan membenarkan setiap perilaku mereka, bukan sinar yang akan menyingkapkan dosa mereka.  ... selengkapnya »

Apakah Maksud Tujuan Doa?

Bukanlah bagian dari kehidupan manusia duniawi untuk berdoa. Kita mendengar bahwa seseorang akan menderita dalam hidupnya jika dia tidak berdoa. Saya melihat bukan itu soalnya. Yang akan menderita adalah kehidupan Anak Allah di dalam orang itu, yang dipelihara bukan oleh makanan, tetapi dengan doa. Ketika seseorang dilahirkan dari atas, kehidupan Anak Allah lahir dalam dia, lalu dia bisa membiarkannya kelaparan atau memeliharanya.  ... selengkapnya »

Ekstrem

Dunia melihat orang-orang Kristen merayakan kematian pada Jumat Agung, dan mereka tidak dapat mengetahui alasannya. Mereka berkata, "Itu sangat ekstrem! Mengapa, sebelum Allah dapat mengampuni manusia, Dia membutuhkan kematian Anak-Nya? Mengapa Dia tidak begitu saja, dengan murah hati, mengampuni dosa orang? Jika saya melakukan sesuatu yang menentang Anda, Anda hanya perlu memaafkan saya. Mengapa Tuhan tidak dapat melakukan itu?"  ... selengkapnya »

Salib dalam Doa

"Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku".
(Yohanes 16:26)
 ... selengkapnya »

Menghitung Berkat

Ditulis oleh: N. Risanti

Dalam sebuah lagu berbahasa Inggris berjudul "Count Your Blessings", terdapat lirik sebagai berikut: "If I am weary, I can't sleep, I count my blessings instead of sheep ... and I'll fall asleep, counting my blessings." (Jika saya khawatir dan tidak dapat tidur, saya menghitung berkat saya dan bukan menghitung domba, lalu saya akan tertidur ketika menghitung berkat saya - Red.). Yah, lebih sering kita memikirkan hal-hal yang lain: hal-hal yang tidak atau belum dapat kita raih, hal-hal duniawi, berbagai keinginan atau hasrat untuk kepuasan diri, atau hanya terjebak memikirkan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.  ... selengkapnya »

Komentar


Syndicate content