Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Perjanjian Lama

Cara yang terbaik untuk belajar berdoa adalah mempelajari doa-doa yang ada dalam Alkitab. Alkitab bukan saja merupakan sumber yang terbaik tentang doa, tetapi juga memberikan petunjuk terbaik tentang bagaimana cara berdoa. Doa-doa yang dicatat dalam Alkitab memperlihatkan bagaimana orang-orang berdoa dalam zaman Alkitab dan memberi bukti bagaimana doa-doa mereka mendapat jawaban jawaban yang luar biasa.

Di luar Kitab Mazmur, sedikitnya ada 650 doa dalam Alkitab, dan ada lebih dari 400 jawaban doa yang dicatat.

Dengan mengetahui sedikit sejarah dan kondisi moral dari orang-orang yang hidup di zaman itu, kita akan dapat mengerti secara lebih baik tentang doa-doa yang terdapat dalam setiap kitab dalam Alkitab.

Doa-doa dalam Alkitab dan jawabannya merupakan sesuatu yang membangkitkan iman. "Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." Dengan mengetahui bagaimana orang-orang berdoa pada jaman Alkitab dan bagaimana doa-doa mereka dijawab akan membuat kita "diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng." Cita-cita terbesar dari orang-orang kudus sejati ialah untuk menjadi seorang laki-laki atau wanita yang dilengkapi dengan kuasa Allah dalam berdoa.

Saya sangat berharap bahwa banyak pelajaran dapat ditemukan dalam doa-doa ini yang dapat memungkinkan kita untuk hidup pada tingkatan rohani yang lebih tinggi.

Hanya pasal dan ayat-ayat yang menyebut tentang doa saja yang dicatat. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membaca doa-doa yang terdapat dalam Alkitab dengan sungguh-sungguh. Juga sangatlah menolong untuk membaca pasal atau ayat-ayat sebelum pasal atau ayat yang menyebutkan tentang doa itu, dengan demikian Anda dapat mengerti isinya dan Anda dapat mengetahui alasannya mengapa doa itu dipanjatkan.

Saya tidak bermaksud untuk membicarakan setiap doa yang terdapat di dalam Alkitab. Hal itu tidak mungkin dilakukan dalam buku ukuran seperti ini. Saya juga tidak bermaksud untuk memberikan suatu penjelasan yang terperinci dari doa yang dibicarakan. Diharapkan bahwa setiap doa akan membangkitkan iman dan melahirkan doa-doa yang sama hebatnya dengan doa-doa yang tertulis dalam Alkitab.

J. Wesley Brill

Santa Ana, California

Komentar