Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Cara Berdoa untuk Para Misionaris

Sebagai mitra doa bagi orang-orang yang diutus untuk misi, Anda pun akan memberikan dampak yang dapat menjangkau seluruh dunia.

Berdoa untuk Pintu-Pintu yang Terbuka

"Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan." (Kolose 4:2-3)

Pintu yang terbuka tidak dapat disepelekan begitu saja. Banyak misionaris bekerja di negara-negara yang sulit diakses atau daerah yang menolak Injil. Akan tetapi, "pintu terbuka" mencakup lebih dari sekadar akses ke negara-negara dan suku-suku bangsa. Hati masing-masing individu juga harus terbuka dan mau menerima kebenaran Allah.

  • Berdoalah supaya Allah membuka pintu-pintu pelayanan, kemitraan, dan persahabatan yang memberkati.

  • Berdoalah supaya mereka yang melayani dipimpin oleh Roh Kudus dan menyadari kesempatan-kesempatan akan adanya pintu yang terbuka.

  • Berdoalah supaya Allah memimpin umat-Nya melewati hambatan-hambatan menuju hati yang siap menerima firman-Nya.

Berdoa untuk Keberanian dalam Bersaksi

"Juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil." (Efesus 6:19)

Misionaris adalah orang-orang biasa yang takut akan rasa sakit dan penolakan sama seperti orang lain. Ketika dihadapkan dengan penentang, mereka membutuhkan kekuatan Allah untuk berdiri teguh.

  • Berdoalah supaya misionaris memiliki keberanian untuk mengatasi rasa takut malu atau gagal.

  • Berdoalah supaya Roh memperlengkapi mereka dengan kata-kata sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam budaya dan bahasa yang lain.

  • Berdoalah melawan kekuatan jahat yang berusaha menghalangi penyebaran Injil.

Berdoa supaya Firman Allah Disebarkan

"Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu." (2 Tesalonika 3:1)

Hambatan-hambatan harus disingkirkan sehingga firman Tuhan tersebar dengan cepat dan bebas. Menghilangkan hambatan menyiratkan perlawanan yang teguh dalam peperangan rohani. Sama seperti Harun dan Hur menopang lengan Musa dalam pertempuran melawan orang Amalek (Keluaran 17:12), Anda dapat memperkuat lengan para misionaris melalui doa-doa Anda. Berdoalah untuk kekuatan dan stamina ketika para misionaris menghadapi kekuatan spiritual yang menentang (Efesus 6:10-18).

  • Berdoalah supaya orang-orang menentang rencana Setan untuk menghalangi penyebaran Injil (Yakobus 4:7).

  • Berdoalah supaya firman Tuhan benar-benar menyebar dengan cepat dan dihormati ke mana pun firman tersebut disampaikan.

Berdoa untuk Perlindungan

"Dan supaya kami terlepas dari para pengacau dan orang-orang jahat, sebab bukan semua orang beroleh iman." (2 Tesalonika 3:2)

Di beberapa negara, pintu terbuka dapat membukakan misionaris terhadap kemungkinan bahaya dan bahaya pribadi. Pertentangan terhadap Injil dapat mencakup kebencian dan kekerasan.

  • Berdoalah supaya Allah melindungi para pekerja Kristen dari orang-orang yang berusaha menyakiti mereka.

  • Berdoalah supaya Allah mengubah hati orang-orang yang menolak firman-Nya.

Berdoa untuk Pelayanan Mereka

"... berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan ...." (2 Tesalonika 3:1)

Kerja sama dan kemitraan sangat penting untuk pelayanan dan penting untuk kemajuan pekerjaan.

  • Berdoalah supaya pelayanan dan sikap misionaris layak diterima.

  • Berdoalah supaya rekan-rekan dan sesama orang percaya mau mendukung.

Berdoa untuk Pimpinan Allah

"Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna." (Kolose 1:9)

Banyak misionaris sering melakukan perjalanan, baik nasional maupun internasional. Sarana transportasi mereka bervariasi dari satu negara ke negara lain dan sering kali mencakup situasi yang menimbulkan stres.

  • Berdoalah untuk pimpinan yang jelas dari Allah tentang keputusan melakukan perjalanan.

  • Berdoalah untuk izin yang diperlukan untuk melakukan perjalanan.

  • Berdoalah untuk perlindungan dan persediaan kebutuhan selama perjalanan mereka.

Berdoa untuk Kesempatan Beristirahat/Mendapatkan Kesegaran

"... dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar." (Kolose 1:11)

Misionaris menghadapi banyak tekanan sama seperti yang Anda hadapi dalam kehidupan seperti beban kerja yang sangat banyak, konflik relasi, dan ketidakpastian keuangan. Akan tetapi, misionaris sering kali bergumul dengan masalah ini sendiri, tanpa persekutuan dan dukungan dari orang-orang Kristen lainnya. Hidup dan bekerja secara lintas budaya memperbanyak hal-hal yang menantang vitalitas emosional, spiritual, dan fisik mereka.

  • Berdoalah supaya Allah memberikan kesempatan kepada para misionaris di daerah yang terpencil untuk menggunakan waktu bersama orang percaya yang lain.

  • Berdoalah supaya Allah memberikan waktu tenang dan santai untuk menyegarkan kembali para pekerja-Nya.

  • Berdoalah supaya Allah menguatkan para misionaris dengan pemahaman bahwa orang-orang di negara asal memerhatikan kesejahteraan emosional mereka.

Mitra dalam Doa

Rasul Paulus adalah seorang misionaris dan seorang pendoa. Dia berdoa bagi orang-orang di luar Kristus, bagi orang-orang percaya, dan bagi jemaat baru yang dibangun melalui pelayanannya. Dia juga meminta orang-orang percaya untuk berdoa baginya:

"Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku." (Roma 15:30)

Paulus mengerti doa akan membawa hasil:

"Karena kamu juga turut membantu mendoakan kami, supaya banyak orang mengucap syukur atas karunia yang kami peroleh berkat banyaknya doa mereka untuk kami." (2 Korintus 1:11)

Dalam surat-suratnya, Paulus memberikan permohonan doa khusus yang harus didoakan oleh orang percaya. Sebagai mitra doa bagi orang-orang yang diutus untuk misi, Anda pun memberikan dampak yang dapat menjangkau seluruh dunia. Permohonan doa Paulus dapat berfungsi sebagai alat untuk berdoa dengan keefektifan dan pemahaman. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Wycliffe
Alamat URL : https://www.wycliffe.org/prayer/why-pray-details/how-to-pray-for-missionaries
Judul asli artikel : How to Pray for Missionaries
Penulis artikel : Tim Wycliffe
Tanggal akses : 20 Juli 2015

Komentar