Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Jangan Menghamburkan Uang


"Sia-sia kita menghamburkan banyak pujian, Sia-sia mengambil hati-Nya dengan persembahan; Lebih berarti ibadat yang benar dalam hati, Doa orang miskin Allah lebih menghargai."
-- Heber --

Kemudahan belanja dan kartu kredit membuat banyak pembeli tanpa sadar berbelanja berlebihan, belum lagi berutang dan merasa kecewa sesudahnya.

Buatlah anggaran untuk Natal mendatang sekarang juga. Buatlah rencana untuk membeli hadiah Anda sepanjang tahun untuk mengurangi beban utang. Berjanjilah untuk tidak berbelanja Natal dengan kartu kredit. Semua metode ini akan membantu Anda berbelanja dengan batas yang wajar.

Hadiah di bawah Rp10.000,-, usahakan untuk membeli hadiah yang sederhana tapi bersifat tahan lama. Pertimbangkan banyaknya hadiah indah dan penuh arti yang bisa Anda berikan dengan harga di bawah Rp10.000,-.

  1. Ubah bunga-bunga dari kebun Anda menjadi bunga kering (potpourri) dan berikan dalam kotak plastik bening kepada seorang teman. Sertakan juga sebotol kecil minyak yang wangi.

  2. Besarkan foto favorit berukuran 5 R atau 10 R dan sisipkan di antara dua lembar karton tebal. Bungkus rapat dengan plastik. (Lagipula, kebanyakan orang lebih senang memilih bingkai sendiri!)

  3. Pilih enam lilin indah berwarna merah, hijau, dan putih -- yang beraroma harum kalau ada -- dan masukkan ke dalam kotak.

  4. Jalinlah pita beledu panjang menjadi gelang atau sabuk.

  5. Sulam sendiri saputangan.

  6. Hiasi keranjang kecil dengan pita, dan isi dengan sabun pilihan.

  7. Jauh-jauh hari, mulailah menanam potongan-potongan tanaman yang ada di kebun Anda. Letakkan dalam pot yang indah dan jadikan hadiah.

  8. Berjalan-jalanlah di pasar loak, toko barang antik, bursa buku murah, dan pameran untuk mencari benda-benda yang tidak biasa dengan harga murah.

  9. Cari di rumah Anda sendiri benda-benda yang memunyai sifat antik untuk keponakan, anak seorang teman, atau cucu.

  10. Jahit baju untuk boneka kesayangan seorang anak. Gunakan kain perca sisa proyek lain.

  11. Isi stoples kecil yang bagus dengan permen untuk meja seorang rekan kerja.

Daftar hadiah yang tidak mahal bisa dikatakan tidak ada habisnya. Rencanakan untuk memberi hadiah yang menyatakan Anda telah memberikan waktu, pemikiran, dan kreativitas.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : 52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Judul asli buku : 52 Simple Ways to Make Christmas Special
Penulis : Jan Dargatz
Penerjemah : Esther S. Mandjani
Penerbit : Interaksara, Batam 1999
Halaman : 162 -- 164

Dipublikasikan di: http://wanita.sabda.org/jangan_menghamburkan_uang_0

Komentar