Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Perlindungan Rohani untuk Pemimpin

Sudah pada tempatnya dan sudah berjalan, ungkapan seperti ini tidaklah cukup. Saya ingin mengakhiri bab ini dengan apa yang dalam banyak kasus, mungkin menjadi nasihat yang paling penting untuk para pemimpin. Pemimpin-pemimpin Kristen memerlukan perlindungan rohani melalui doa khusus.

Tidak ada yang ditakuti setan selain doa yang efektif. Setan tidak takut pada sederetan doa yang hanya terdiri dari kata-kata yang indah, yang sering dilakukan berbagai gereja dan orang-orang Kristen. Ketika para pemimpin Kristen giat membuat gerakan doa, dengan mengajar dan memberi contoh syarat-syarat doa serta menempatkannya secara intensif dengan pelayanan doa yang sistematis di gereja-gereja mereka dan organisasi lainnya, maka dunia kegelapan menaruh perhatian yang sangat serius. Semua jenis serangan setan yang pada masa-masa sebelumnya kurang kita perhatikan, maka sekarang kita harus berhati-hati dan serius menghadapinya. Kekuatan-kekuatan jahat akan mengumumkan pernyataan perang.

Bagaimana pemimpin-pemimpin Kristen supaya bangkit untuk menghadapi tantangan hebat seperti itu?

Banyak yang berpendapat agar pemimpin berdoa lebih lama, lebih sungguh-sungguh dan lebih penuh kuasa untuk menghindari serangan- serangan setan. Ini adalah gagasan yang baik, bahkan saya juga menyarankan para pemimpin Kristen untuk mengembangkan kehidupan doa pribadi mereka. Pengalaman telah menunjukkan bahwa jika kita meninggalkan doa begitu saja, kesempatan untuk berhasil tidaklah setinggi yang bisa kita harapkan. Sedikit gembala dan pemimpin Kristen lainnya yang bisa secara pribadi memberikan segala doa yang diperlukan oleh mereka, oleh gereja-gereja mereka, oleh pelayanan mereka atau organisasi mereka untuk mempertahankan diri dari serangan-serangan setan yang sungguh-sungguh berbahaya.

Selanjutnya, perlu dimengerti bahwa semua orang Kristen, termasuk pemimpin-pemimpin Kristen, adalah anggota dari tubuh Kristus. Firman Allah mengajarkan bahwa fungsi gereja seperti suatu tubuh manusia; banyak bagian yang berbeda dengan fungsinya masing-masing untuk kepentingan anggota tubuh yang lain. Fungsi dari setiap orang percaya ditentukan oleh karunia-karunia rohani yang diterima dari Roh Kudus. Dari semua karunia rohani (daftar saya meliputi 27 karunia rohani), satu yang paling berharga untuk memberikan perlindungan rohani bagi para pemimpin Kristen yaitu, karunia menjadi pendoa syafaat.

DOA DARI PARA PENDOA SYAFAAT

Pendoa syafaat menurut definisinya, berada di celah antara Allah dan manusia yang sedang mereka doakan. Doa-doa dari para pendoa syafaat tidak pernah menggantikan kehidupan doa pribadi para pemimpin Kristen, tetapi pasti sangat menolong dan dengan kuasa menghasilkan sesuatu yang besar dan sangat mengherankan.

Sebuah contoh Alkitab yang jelas tentang hal ini adalah cerita dalam Kitab Keluaran 17 tentang Yosua yang berperang dan memenangkan pertempuran di Rafidim, ketika mengalahkan tentara Amalek. Sementara Yosua berperang, Musa di bukit memandang ke bawah, ke medan pertempuran, dan menaikkan doa syafaat ke hadapan Tuhan dengan bantuan Harun dan Hur. Bila lengan Musa diangkat, Yosua menang; bila lengannya diturunkan, Yosua kalah. Seluruh poin dalam cerita ini adalah bahwa pertempuran fisik ini benar-benar menang karena doa syafaat di dunia yang tidak kelihatan. Apakah itu karena doa Yosua, yang akhirnya mendapat pujian atas kemenangan itu? Kemungkinan besar, Yosua tidak banyak mendoakan semua itu. Tidak. Itu adalah doa Musa, sang pendoa syafaat yang mendatangkan kuasa Allah ke alam dunia yang kelihatan.

Yosua mengingatkan saya kepada banyak gembala dan pemimpin Kristen lainnya sekarang ini. Mereka di luar garis depan memenuhi tugas-tugas yang mungkin tidak mereka terima dari Allah. Pelayanan mereka di setiap bagian sama berartinya dengan pertempuran Yosua yang harus terjadi, dan mereka menyadari bahwa mereka perlu doa. Kebanyakan pemimpin Kristen yang saya kenal akan mengakui, dengan jujur, bahwa doa pribadi mereka kemungkinan kurang cukup untuk membawa mereka menuju kemenangan. Mereka perlu bantuan, dan bantuan itu telah disediakan oleh Allah.

Sumber Buku
Judul Buku : Leaders On Leadership
Judul Artikel : Perlindungan Rohani Untuk Pemimpin
Pengarang : George Barna
Penerbit : Gandum Mas
Halaman : 373 -- 374

Dipublikasikan di: http://lead.sabda.org/08/jun/2006/kepemimpinan_perlindungan_rohani_untuk_pemimpin

Komentar