Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Sebuah Doa untuk Tahun Baru

Kita telah tiba di penghujung tahun 2014 (artikel ini ditulis pada tahun 2014 - Red.) dan pada puncak tahun baru. Saya merasa berdoa adalah hal yang paling pantas dilakukan untuk menutup tahun ini - doa ucapan terima kasih kepada Allah untuk setahun ini, dan doa yang memandang dengan sukacita dan pengharapan untuk tahun mendatang. Inilah doa saya:

Bapaku yang baik dan murah hati,

Engkau telah menyertaiku melalui tahun ini. Ini adalah tahun di mana aku melihat dan mengalami banyak kebaikan-Mu. Engkau baik ketika Engkau memberi, dan Engkau juga baik saat Engkau mengambil, Engkau baik ketika matahari bersinar atasku dan Engkau baik ketika malam tiba di sekelilingku. Engkau teramat baik.

Di dalam firman-Mu, Engkau memberikan suatu janji yang pasti bahwa Engkau mengasihiku sejak sebelum dunia ini dijadikan. Kasih-Mu yang selalu ada untukku dan menopangku dengan teguh melalui satu tahun ini. Engkau memimpinku dalam setiap langkah yang kuambil. Engkau memimpinku dari padang gurun ke tempat perhentian yang sejuk dan tenang. Engkau memimpinku melewati lembah kekelaman kepada sukacita yang melimpah. Engkau ada bahkan pada waktu aku ragu dan tersesat. Tidak ada tempat bagiku yang berada di luar kasih-Mu, di luar jangkauan-Mu, di pemeliharaan-Mu dan belas kasih-Mu. Engkau sangat baik dan aku sangat bersyukur untuk itu.

Bapa, aku yakin dan percaya bahwa kasih dan kebaikan-Mu akan menjadi pedomanku di tahun yang akan datang. Aku memercayakan masa depanku kepada Engkau dan aku akan melakukannya dengan sukacita dan keyakinan. Akuy melakukannya dengan harapan yang pasti bahwa Engkau telah mengetahui setiap langkah yang akan kuambil dan bahwa Engkau akan selalu bersamaku untuk memimpin setiap langkahku.

Jika Engkau telah menetapkan pencobaan dan kesengsaraan, aku tahu bahwa Engkau akan menuntun dan menghiburku melewati semuanya itu. Jika aku harus mengalami penganiayaan atau ujian yang berat, aku yakin penuh bahwa Engkau tidak akan pernah meninggalkanku atau mengabaikanku. Jika ini adalah tahun di mana Engkau memanggilku pulang, aku bisa menerimanya dengan sukacita, karena mengetahui bahwa aku akhirnya akan bersukacita di dalam hadirat-Mu. Jika ini adalah tahun di mana Engkau datang - mari, semoga ini menjadi tahun di mana Kristus datang! -, maka aku akan bergabung bersama dengan seluruh ciptaan untuk bersukacita dan memuji nama-Mu.

Akan tetapi, jika Engkau memberiku waktu yang lebih panjang, dan jika Engkau memberiku kesehatan dan keselamatan pada tahun berikutnya, adalah doaku dan kerinduan terbesarku bahwa aku akan menghidupinya untuk melayani dan memuliakan-Mu. Kumohon, berikan aku suatu anugerah yang menuntun, menopang, dan menguduskanku setiap hari dan setiap jam, bahwa di tahun yang baru ini aku tidak akan sedikit pun hidup jauh dari-Mu. Biarkan aku mengandalkan Roh Kudus-Mu untuk memberi perkataan yang harus kuucapkan, untuk mengarahkan setiap langkahku, dan untuk menjadi berhasil dalam semua yang kulakukan, untuk membangun imanku, dan anugerahkan kepadaku ketulusan hati untuk menunjukkan kemuliaan-Mu, untuk memperluas kerajaan-Mu, dan untuk memberitakan Injil-Mu.

Apa pun yang akan terjadi di tahun mendatang, aku berdoa agar Engkau memuliakan diri-Mu melalui diriku. Di saat suka maupun duka, pada waktu dalam perlindungan atau ujian, pada saat damai atau dalam pencobaan, nyatakan diri-Mu dan keagungan-Mu melalui diriku.

Aku berdoa di dalam kuasa nama Yesus. Amin.

Doa ini didasarkan pada dua pokok doa tahun baru dalam The Valley of Vision. (t/n Irene)

Diterjemahkan dari:

Nama Situs : Challies.com
URL : http://www.challies.com/articles/a-prayer-for-a-new-year
Judul asli artikel : A Prayer for New Year
Penulis : Tim Challies
Tanggal akses : 12 Januari 2017

Komentar