Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Menang Atas Pencobaan

"Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." (Matius 26:41)

Pencobaan! Sebuah masalah yang sangat umum bagi seluruh umat manusia dan yang kita semua pergumulkan di suatu waktu - dan mungkin akan selalu menggumulkannya dalam kehidupan ini. Seperti Firman Allah mengingatkan kita, "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya." (Matius 26:41) Lebih jauh lagi, "Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi,ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut." (Yakobus 1: 13-15)

Jadi pertanyaan yang kita ajukan sekarang adalah, "Bagaimana kita bisa menang atas pencobaan?"

Pertama, di awal setiap hari ucapkanlah doa ini dengan ketulusan: "Ya Tuhan, sekali lagi hari ini saya menyerahkan dan mempercayakan hidup dan jalan saya kepada-Mu, tolong bantu saya untuk menjadi pribadi yang Engkau kehendaki, dan tolong saya hidup hari ini untuk memuliakan-Mu dalam segala sesuatu yang saya lakukan. "

Kedua, hindarilah untuk pergi ke tempat-tempat di mana Anda sangat tahu bahwa Anda kemungkinan besar akan menghadapi pencobaan.

Ketiga, pencobaan dapat menguasai kita dalam pikiran kita. Sadarilah bahwa apa yang ada di pikiran, bertindak di tubuh, jadi jagalah pikiran Anda. Pertahanan paling utama saya untuk mengubah pikiran ketika menghadapi godaan adalah terus mengulangi pernyataan berikut: "Yesus Kristus adalah Tuhan. Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Hidup dan Tuhan dalam hidup saya." Selama saya memusatkan pikiran saya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dalam hidup saya, tak lama kemudian pikiran saya akan berubah dan pencobaan pun menghilang.

Selanjutnya, iblis dan pengikutnya benci mendengar pernyataan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan bahwa Dia adalah Anak Allah yang Hidup.

Seperti Firman Allah menyarankan, "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu." (Filipi 4: 8)

Doa yang disarankan: "Ya Tuhan, saya mengaku bahwa daging saya lemah, jadi tolong bantu saya mengingat ketika saya menghadapi pencobaan, bahwa apa pun pencobaannya, Engkau selalu memberikan jalan keluar sehingga saya tidak akan kalah. Tolong saya mengingat pada waktu tersebut untuk menegaskan dalam pikiran dan kata-kata saya bahwa 'Yesus Kristus adalah Tuhan dan Tuhan atas hidup saya,' dan karenanya, dengan pertolongan-Mu, dapat mengatasi setiap dan semua pencobaan. Terima kasih untuk jalan keluar ini dan karena mendengar dan menjawab doa saya. Dengan bersyukur dalam nama Yesus, Amin."

  1. Matius 26:41.
  2. 1 Korintus 10:13.
  3. Yakobus 1: 13-15.
  4. Filipi 4:8. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : ACTS Good News
Alamat URL : http://www.actsweb.org/articles/article.php?i=1934&d=2&c=1
Judul asli artikel : Winning over Temptation
Penulis artikel : Richard (Dick)
Tanggal akses : 12 Maret 2015

Komentar