Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Tokoh Doa Alkitab

Timotius

TIMOTIUS: KEPEMIMPINAN DAN KEIMAMAN KAUM PRIA

Timotius adalah pemimpin jemaat Efesus yang masih sangat belia. Menurut beberapa penafsir, saat itu Timotius masih remaja. John Stott memperkirakan Timotius berusia 20 tahun ketika ditarik Paulus menjadi hamba Tuhan. Wesley Brill mengatakan bahwa Timotius bertobat pada usia sekitar 15 tahun. Surat 1 Timotius ditulis Paulus setelah hamba Tuhan muda ini melayani selama 11 tahun.  ... selengkapnya »

Yunus

" Aku berseru dari kedalaman dunia orang mati, Engkau mendengar suaraku."  ... selengkapnya »

Hana

Hana adalah seorang perempuan biasa yang hidup dalam waktu yang luar biasa pada sejarah bangsa Israel. Ia menjadi kesatuan bagian dari sejarah tersebut, walaupun pada saat itu ia tidak pernah memiliki pikiran demikian. Masa dimana hakim-hakim memimpin bangsa Israel hampir berakhir, dan jaman Raja-raja akan segera tiba. Hana hidup tepat sebelum masa perpindahan ini tiba, bahkan doanya menolong untuk mengantarkannya pada masa itu. Hana menikah dengan seorang pria bernama Elkana yang sangat mengasihinya, tetapi yang juga memiliki istri yang lain.  ... selengkapnya »

Daud : Doa Pertobatan

Doa-Doa Agung dalam Alkitab: Doa Pertobatan Daud  ... selengkapnya »

Ayub: Pemulihan dari Tuhan

Ayub yang tinggal di tanah Us, dikisahkan sebagai seorang yang sangat kaya, bahkan disebut sebagai yang terkaya dari semua orang di sebelah timur (Ayub 1:1,3). Menurut pandangan tradisional, tanah Us merupakan daerah Haran. Sedangkan pandangan modern menganggapnya sebagai daerah perbatasan Edom.  ... selengkapnya »

Daniel: Dimensi Peperangan Rohani

Daniel adalah orang Israel yang dibawa ke Babel sejak masih belia, dan ia meninggal pada usia yang sangat lanjut. Dengan demikian, Daniel mengalami segenap zaman pembuangan yang 70 tahun lamanya itu. Ia mengalami masa pemerintahan Babel oleh Nebukadnezar (34 tahun), Evil-Merodach atau Amel Marduk (2 tahun), Neriglissar (4 tahun), Labashi Marduk (4 bulan), Nabonidus, Belsyazar, Darius, dan pemerintahan Media-Persia oleh raja Koresy.  ... selengkapnya »

Hizkia: Saat Ajal Menjelang

Hizkia adalah salah seorang raja Yehuda yang terkemuka. Kepemimpinannya dimulai dari menjadi raja bantu bagi raja Ahaz pada tahun 729 SM, dan kemudian menjadi satu-satunya raja pada tahun 716 SM.

Hizkia menjadi raja ketika ia berusia 25 tahun (2 Tawarikh 29:1). Begitu naik takhta, pemimpin muda ini langsung melakukan gerakan reformasi religius yang berdampak nasional, yaitu gerakan pengudusan kembali rumah Tuhan (2 Tawarikh 29:3). Gerakan ini ditanggapi positif dan berlanjut dengan pemulihan perayaan Paskah, yang juga diselenggarakan secara nasional (2 Tawarikh 30:1).  ... selengkapnya »

Yosafat: Meminta Kemenangan

Yosafat adalah anak dan pengganti raja Asa. Karena takut akan Tuhan, maka Tuhan mengokohkan kerajaan yang ada di bawah kekuasaannya (2 Tawarikh 17:5a). Yosafat tumbuh menjadi seorang pemimpin bangsa yang kaya dan sangat terhormat (2 Tawarikh 17:5b; 18:1).  ... selengkapnya »

Elia: Pemimpin Garis Depan

Nama Elia disebut dalam sepuluh buku di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Kepemimpinan Elia dianggap sebanding dengan Musa. Dalam pikiran Hagada Yahudi, Elia dipandang sebagai teman imbangan Musa. Ketika Yesus dimuliakan di gunung, Elia hadir bersama dengan Musa (Markus 9:4).  ... selengkapnya »

Daud: Mazmur Doa

Dalam Perjanjian Baru, nama Daud disebut sebanyak 58 kali, termasuk gelar "Anak Daud" yang berulang-ulang diberikan kepada Yesus. Kebesaran Daud dikaitkan dengan keberadaannya dalam silsilah Yesus Kristus. Menurut rasul Paulus, Yesus adalah yang "menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud" (Roma 1:3). Sedangkan menurut Yohanes, Yesus sendiri yang mengatakan bahwa dirinya keturunan Daud: "Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud." (Wahyu 22:16)  ... selengkapnya »

Komentar