Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Kekuatan dalam Doa Bersama-sama

Bersatu dalam doa adalah cara yang kreatif untuk meningkatkan pertumbuhan rohani Anda.

"Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." (Matius 18:20)

Dengan berdoa bersama, kita dapat menaikkan lebih banyak doa secara kolektif.

FacebookTwitterWhatsAppTelegram

Kita semua pernah mendengar cerita tentang sekelompok orang yang datang bersama-sama dalam doa dan menerima hasil yang luar biasa. Kita juga mendengar tentang sebuah gereja yang bertumbuh dengan pesat setelah beberapa anggotanya mulai berkumpul sebelum kebaktian pagi untuk berdoa bagi pertumbuhan jemaat. Dalam kasus yang lain, seorang pria mendapat kesembuhan atas kanker paru-paru stadium akhir yang dideritanya setelah mendapat dukungan doa secara intensif dari jemaat anaknya.

Jika demikian, apakah ada kuasa yang lebih dalam jumlah orang yang berdoa? Apakah Tuhan mendengar dengan lebih baik ketika kita menyatukan suara kita?

Jika, "kuasa" yang kita maksud adalah kuasa untuk memberikan kepada kita hasil apapun yang kita inginkan, maka, tidak -- jelas tidak! Memang ada penderita kanker yang mendapat kesembuhan melalui doa, tetapi ada banyak juga yang tidak mendapatkan kesembuhan sekalipun mereka didoakan oleh ratusan orang. Namun demikian, tindakan untuk berdoa bersama-sama akan membawa kita ke dalam hadirat Allah dalam dimensi yang lebih lengkap daripada ketika kita berdoa sendirian. Ada alasan mengapa Yesus mengumpamakan Kerajaan Sorga dengan sebuah perjamuan makan daripada meja untuk berdua; pengalaman-pengalaman hidup yang penting itu ada untuk dapat dibagikan.

Ketika saya berumur lima tahun, keluarga saya menghabiskan waktu liburan di tepi pantai. Suatu sore, kami menyaksikan pemandangan saat matahari terbenam yang spektakuler. Warna-warni yang berkilauan itu membuat saya terpesona, tetapi sukacita terbesar adalah bahwa orang lain sama juga bersemangatnya dengan saya. Saya dan kakak saya terus melompat-lompat di kursi pantai kami untuk menunjukkan warna-warna baru kepada ibu kami. Kakek-nenek kami, sambil mengingat kenangan mereka yang banyak, mengatakan bahwa itu adalah salah satu momen matahari terbenam terindah yang pernah mereka lihat. Bahkan, ayah kami yang sibuk pun memancarkan kedamaian di wajahnya. Bagi saya, berbagi pengalaman lebih berarti daripada pengalaman itu sendiri. Dengan cara yang sama, ketika kita berbagi api doa, kita tidak hanya merasa lebih dekat dengan Allah, tetapi juga satu sama lain.

Doa di gereja

Baru-baru ini, saya dan suami saya menikmati malam yang menyenangkan di rumah beberapa teman. Sembari mengedarkan piring yang berisi makanan, kami membahas resep, menceritakan lelucon, dan mengikuti berita-berita terbaru. Beberapa waktu kemudian, menikmati kenangan makan malam itu, saya menyadari bahwa doa yang dilakukan bersama-sama itu sangat mirip dengan berbagi makanan. Memang benar bahwa makanan tidak akan berkurang gizinya jika dimakan sendiri-sendiri, tetapi memecahkan roti bersama-sama juga memberi makan roh kita.

Beberapa manfaat dari doa bersama adalah:

  1. Dengan berdoa bersama, kita dapat menaikkan lebih banyak doa secara kolektif. Setiap kita memiliki cara yang unik untuk berdoa, dan berdoa bersama-sama akan membawa suara yang baru akan kebutuhan yang didoakan itu.
  2. Berdoa bersama-sama memberi saya rasa memiliki yang mendalam. Ketika saya menjadi bagian dari sebuah kelompok, saya merasa menjadi bagian yang penting dari sebuah tujuan yang lebih besar.
  3. Berdoa bersama-sama meningkatkan suasana hati saya. Ketika saya pulang dari sebuah persekutuan doa, saya merasa sangat terhibur karena dalam persekutuan itu saya tidak hanya memperhatikan orang lain, tetapi juga merasakan kasih serta kepedulian dari mereka.
  4. Berdoa bersama-sama membuka hati saya terhadap kebutuhan orang-orang di sekitar saya dan mengingatkan saya bahwa kadang-kadang saya bisa menjadi jawaban bagi doa seseorang.

Meskipun saya tahu bahwa Tuhan selalu bersama saya, dan saya sering berdoa secara pribadi serta menikmati manfaat dari waktu doa pribadi saya itu; tetapi, kehadiran Allah terasa sangat kuat ketika saya berdoa dengan orang lain. Saya percaya saling mendukung dalam doa adalah salah satu pengalaman terkaya yang bisa kita nikmati bersama-sama. Dengan doa secara bersama-sama, kita akan dikuatkan dan diberkati. (t/Jing Jing)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Guideposts
Alamat URL situs : https://www.guideposts.org/faith-and-prayer/prayer-stories/pray-effectively/the-power-of-praying-together
Judul asli artikel : The Power of Praying Together
Penulis : Connie Lee
Tanggal akses : 6 Mei 2013

Komentar