Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Doa

Loading

Doa Orang Lewi (Nehemia 9:6-38)

Orang Lewi mungkin dapat disamakan sebagai diaken dalam Perjanjian Baru. Oleh karena itu, doa ini bukanlah doa pendeta, tetapi doa seorang pekerja awam.

Di sini dicatat salah satu dari doa-doa terbesar dalam Perjanjian Lama. Sebelum berdoa mereka berpuasa, mengaku dosa, membaca Hukum Tuhan, dan tidak dapat diragukan lagi bahwa mereka sungguh-sungguh bertobat. Doa orang Lewi didasarkan atas kebaikan dan kemurahan Allah (ayat 17, 19, 25, 27, 32). Roh Kudus mengajar mereka (ayat 20). Kelihatannya ada beberapa teguran dalam doa ini karena orang-orang Lewi memperingatkan orang Israel akan kebaikan Allah walaupun setelah itu mereka jatuh ke dalam dosa lagi. Perjanjian yang mereka lakukan dengan Allah disahkan oleh para pembesar, orang-orang Lewi dan para imam. Pasal sepuluh berisi tentang perjanjian yang mereka telah sahkan.

Doa ini memperlihatkan kuasa dan efektivitas dari doa-doa, baik doa orang awam maupun doa para imam atau pendeta. Pada masa itu, para pemimpin dan orang Israel ditegur oleh nabi-nabi Hagai, Zakharia dan Maleakhi, tetapi saya sangat bersyukur bahwa Allah mendengar doa-doa mereka, baik doa orang awam maupun doa para imam!

Komentar